Knowledgebase: Modul Penjualan
Daftar Piutang Usaha
Dipos oleh Jeffry Luqman pada 03 December 2013 10:32 AM

Daftar piutang usaha merupakan fitur yang terdapat pada Zahir Accounting versi 6 yang digunakan untuk melihat rincian saldo piutang per masing-masing pelanggan, selain itu kita juga bisa langsung melakukan penghapusan (write off) piutang dari menu ini (kita dapat membatasi pengguna mana saja yang dapat melakukan hal tersebut dari pengaturan password).

Berikut ini petunjuk mengenai daftar piutang usaha pada Zahir Accounting Versi 6:

 

Tahap I: Masuk Daftar Piutang Usaha

Pada saat kita mengarahkan cursor ke kotak piutang usaha, maka akan muncul dua buah tombol, yaitu tombol  untuk melihat daftar piutang, serta tombol  untuk melihat petunjuk penginputan pengiriman barang. Tekan tombol  untuk melihat daftar piutang (dapat juga dengan langsung menekan kotak piutang usaha).

Gambar 1. Masuk daftar piutang usaha.

 

Tahap II: Pembacaan Daftar Piutang Usaha

Setelah masuk ke daftar piutang usaha, maka akan muncul tampilan berikut ini:

Gambar 2. Daftar Piutang Usaha.

Keterangan:

  1. Kepala Judul
    Kita dapat mengurutkan daftar transaksi yang muncul dengan mengklik kepala judul dari kolom yang ingin kita urutkan.

  2. Kotak Pencarian
    Kita dapat melakukan pencarian dengan mengisi sebagian karakter (huruf atau angka) dari nama pelanggan yang ingin kita cari pada kotak  sehingga item yang muncul pada daftar hanya piutang yang mengandung karakter yang kita ketik tersebut.

  3. Opsi Data
    Tombol  digunakan untuk menghilangkan tampilan grafik atau memunculkan tampilan grafik.
    Tombol  digunakan untuk melihat nilai dalam mata uang sebenarnya atau dalam mata uang dasar.
    Tombol  digunakan untuk memperbarui daftar piutang.
    Tombol  digunakan untuk menyaring daftar piutang mengenai kelompok pelanggan mana yang akan dimunculkan dalam daftar atau piutang dari tanggal berapa sampai tanggal berapa yang akan dimunculkan dalam daftar.

  4. Saldo Piutang
    Menampilkan saldo piutang per masing-masing pelanggan yang mana nilainya mengacu kepada semua transaksi yang melibatkan data piutang dari pelanggan yang bersangkutan.
  5. Opsi Grafik
    Tombol  digunakan untuk menampilkan grafik piutang dalam bentuk grafik batang atau grafik lingkaran.
    Tombol  digunakan untuk memperbesar tampilan grafik ke ukuran maksimal atau mengembalikannya ke ukuran semula.

  6. Termasuk Yang Bersaldo Nol
    Beri tanda  untuk menampilan seluruh pelanggan yang melibatkan data piutang, termasuk yang piutangnya sudah terbayar seluruhnya.
  7. Review
    Tombol  digunakan untuk melihat perincian piutang dari pelanggan yang kita pilih, sama seperti dengan mengklik kanan > Perincian pada baris piutang pelanggan yang bersangkutan.
    Tombol  digunakan untuk menutup tampilan daftar piutang.

 

Tahap III: Perincian Piutang Usaha

Setelah menekan tombol  pada daftar piutang usaha, maka kita akan masuk ke perincian piutang usaha. Perincian piutang usaha digunakan untuk mengetahui perincian piutang dan pembayaran dari masing-masing transaksi yang dilakukan oleh pelanggan yang bersangkutan, hal ini diperlukan apabila kita ingin mengedit transaksi penjualan yang bersangkutan. Selain itu, kita juga bisa melakukan penghapusan (write off) piutang dari menu ini, berikut penjelasannya:

Gambar 3. Perincian Piutang Usaha.

 

Keterangan:

Pada bagian atas merupakan kepala piutang sedangkan pada bagian bawah merupakan perincian piutang dari invoice yang dipilih pada bagian atas.

  1. Kepala Judul
    Kita dapat mengurutkan daftar transaksi yang muncul dengan mengklik kepala judul dari kolom yang ingin kita urutkan.

  2. Kotak Pencarian
    Kita dapat melakukan pencarian dengan mengisi sebagian karakter (huruf atau angka) dari piutang yang ingin kita cari pada kotak  sehingga item yang muncul pada daftar hanya piutang yang mengandung karakter yang kita ketik tersebut.

  3. Opsi Data
    Tombol  digunakan untuk melihat nilai dalam mata uang sebenarnya atau dalam mata uang dasar.
    Tombol  digunakan untuk memperbarui daftar piutang.
    Tombol  digunakan untuk menyaring daftar piutang mengenai kelompok pelanggan mana yang akan dimunculkan dalam daftar atau piutang dari tanggal berapa sampai tanggal berapa yang akan dimunculkan dalam daftar.

  4. Termasuk Yang Bersaldo Nol
    Beri tanda  untuk menampilan seluruh invoice yang melibatkan data piutang, termasuk yang piutangnya sudah terbayar seluruhnya.

  5. Write Off
    Digunakan untuk melakukan penghapusan (write off) piutang yang kita pilih.
  6. Review
    Tombol  digunakan untuk melihat perincian transaksi dari transaksi yang kita pilih, sama seperti dengan mengklik kanan > Perincian pada baris transaksi yang bersangkutan.
    Tombol  digunakan untuk menutup tampilan perincian piutang.

  

Tahap IV: Write Off

Write off digunakan untuk menghapus data piutang dan mengalihkannya ke akun lain, berikut ini penjelasan dari penginputan transaksi write off:

Gambar 4. Pilihan cetak bukti transaksi

 Keterangan:

  1. Nomor Referensi
    Nomor referensi pengiriman barang akan otomatis terisi sesuai dengan nomor urut terakhir, kita bisa menggunakan nomor tersebut sebagai nomor referensi penghapusan piutang yang bersangkutan atau apabila kita memiliki nomor referensi transaksi sendiri, kita bisa menggantinya sesuai dengan kebutuhan. Nomor referensi tidak boleh kosong.

  2. Tanggal
    Setelan awal tanggal transaksi mengacu ke tanggal hari ini dari sistem operasi yang digunakan, ganti tanggalnya sesuai dengan kebutuhan.

  3. Nilai
    Isi nilai piutang yang akan dilakukan penghapusan.

  4. Akun Piutang
    Akun piutang tidak boleh diganti, sebab apabila dalam melakukan penghapusan piutang akun piutangnya di ganti ke akun lain, maka dapat menyebabkan selisih antara di laporan piutang dengan di neraca, sebab nilai piutang di laporan piutang berkurang, sedangkan nilai piutang di neraca tidak berkurang.

  5. Akun Penghapusan Piutang
    Pilih akun penghapusan piutang sesuai dengan alokasi rekening yang diinginkan, akun penghapusan piutang tidak boleh sama dengan akun piutang sebab dapat menyebabkan selisih antara di laporan piutang dengan di neraca dimana nilai piutang di laporan piutang berkurang, sedangkan nilai piutang di neraca tidak berkurang karena jurnal yang terbentuk adalah piutang pada piutang.

  6. Rekam
    Tekan tombol  untuk merekam transaksi yang bersangkutan.

 

Berikut ini daftar piutang yang terbarui setelah melakukan penghapusan piutang yang dimaksud:

Gambar 5. Data piutang yang terbarui setelah melakukan penghapusan piutang.

 

Berikut ini jurnal yang terbentuk dari transaksi penghapusan piutang yang dimaksud:

Gambar 6. Jurnal yang terbentuk dari transaksi penghapusan piutang

* Untuk melihat daftar transaksi penghapusan piutang seperti pada tampilan diatas, buka menu Buku Besar > Daftar Transaksi Jurnal Umum. Kita bisa menghapus transaksi penghapusan piutang yang bersangkutan dari menu tersebut.

Demikian panduan dasar penginputan pengiriman barang pada Zahir Accounting Versi 6 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

(8 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.