Knowledgebase
POS Zahir Menggunakan LX-300 (Build 1P)
Dipos oleh Firman Ilkha pada 08 May 2013 10:33 AM

Sesuai dengan fungsinya sebagai software kasir Zahir POS secara baku menggunakan pencetak khusus struk yaitu EPSON Tmu220 atau printer yang biasa digunakan untuk kasir pada umumnya. Apabila pengguna ingin menggunakan printer diluar dari yang baku, hal ini dimungkinkan dengan menggunakan Printer EPSON LX-300. Berikut ini cara pengaturan yang dapat kami uraikan:

  • Ubah/ rename desain.dll1 menjadi desain.dll di C:\Program Files\Zahir POS New Ver. 5.1
  • Buat pengujian transaksi penjualan di POS yang kemudian akan tampil pesan “Desain Report ??"  > klik Yes

GBR1

  • Jika sudah masuk desain struk, klik pratayang (preview) dahulu dan tes print. Pastinya tampilan akan menjadi besar. Solusi untuk hal ini dengan mengubah font di printer yang digunakan dengan cara tekan tombol paling kanan di printer bersangkutan (tombol pause) dan tahan/hold (kurang lebih 3 detik)  sampai terdengar bunyi. Setelah bunyi terdengar, klik font kemudian pilih font dengan menekan tombol atas dan bawah. Setelah pilih font “draft condensed“ lihat indikator di printer Anda.
  • Periksa lagi desain struk POS tadi dengan tes print struk. Sudah tentu font berubah namun font bagian bawah struk belum berubah.

GBR2

  • Solusi untuk mengubah font di bagian bawah ada pada desain report, pada report summary, hilangkan centang pada parent font menjadi false, kemudian preview dan tes print struk. Jika sudah selesai tes print, klik close kemudian save hasil desain Anda.

Sekarang Zahir POS Anda bisa menggunakan printer LX300.

 

Sumber: Blog Zahir POS

(1 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.