Knowledgebase: Tips & Solusi
Adakah Jurnal Yang Terbentuk Pada Transaksi Penerimaan Barang Konsinyasi
Dipos oleh Agus Juanda pada 07 May 2019 10:44 AM

Fasilitas konsinyasi dalam program zahir digunakan untuk mencatat penerimaan barang konsinyasi dan retur barang konsinyasi, karena perlakuan penerimaan barang konsinyasi berbeda dengan perlakuan barang dagangan pada umumnya. Maka untuk penerimaan dan retur barang konsinyasi diperlukan fasilitas konsinyasi.

Lalu adakah jurnal yang terbentuk pada saat menginput transaksi penerimaan barang konsinyasi pada program zahir accounting..? Berikut ini informasinya.

Penerimaan barang konsinyasi dilakukan pada modul Persediaan > Penerimaan Barang Konsinyasi.

Selanjutnya dibawah ini adalah contoh transaksi penerimaan barang konsinyasi dengan menggunakan tiga item barang konsinyasi.

Jika dilihat pada laporan daftar transaksi jurnal atau buku besar, maka tidak akan ada jurnal yang terbentuk atas transaksi tersebut. Namun jika dilihat pada laporan barang baik kartu stok atau mutasi barang, maka akan terbentuk laporan barang atas transaksi penerimaan barang konsinyasi tersebut.

 

Oleh karena itu, untuk membedakan laporan barang untuk barang-barang konsinyasi maka anda dapat memfilter pada opsi Tipe.

(0 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.