Knowledgebase: Tips & Solusi
Transaksi Penjualan Jika Pakai Final Discount Antara Nilai Pada Jurnal Dengan Daftar Transaksi Berbeda
Dipos oleh Agus Juanda pada 01 April 2019 09:20 AM

Kenapa pada saat melihat nilai piutang yang ada pada daftar transaksi penjualan berbeda dengan jurnal voucher yang terbentuk atas transaksi tersebut apabila pada transaksi penjualannya terdapat diskon final. 

Dibawah ini adalah contoh transaksi penjualan dengan diskon final. Jika dilihat pada total saldo terhutang dibagian bawah terdapat nilai Rp. 17,028,000.00.

Saat dilihat pada daftar transaksi penjualan atas transaksi diatas pun nilainya menunjukkan angka yang sama. Namun jika transaksi tersebut dibuka jurnal vouchernya maka akan menunjukkan angka yang berbeda yaitu Rp. 18,748,000 dimana nilai tersebut merupakan nilai sebelum dikurangi diskon final.

Pada program zahir accounting memang untuk diskon final memiliki jurnal terpisah dari jurnal penjualannya. Jika dilihat pada modul Laporan > Buku Besar > Daftar Jurnal - Semua Transaksi maka akan terlihat terdapat jurnal potongan penjualan untuk diskon final diatas dengan nomor referensi yang sama dengan transaksi penjualannya namun jurnal terpisah dari jurnal penjualannya.

(0 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.