Knowledgebase: Tips & Solusi
Cara Membuat Transaksi Penjualan Barang Dan Jasa Dalam Satu Transaksi Pada Zahir Online Versi 2
Dipos oleh Agus Juanda pada 02 September 2019 08:38 AM

Pada program zahir online versi 2, anda dapat menginput transaksi penjualan jasa sekaligus produk dalam satu transaksi. Misalnya saja kita dapat menjual suatu produk sekaligus dengan jasa pasang atau installasi.

Untuk hal tersebut silahkan input pada modul Sales atau Penjualan > Pilih menu Sales Invoice atau Invoice Penjualan > kemudian klik tombol Add atau Tambah. Selanjutnya lengkapi form pada header transaksi seperti nama perusahaan, tanggal transaksi dan lain-lain. 

Pada contoh dibawah ini untuk item transaksi baris pertama adalah penjualan produk berupa laptop. Kemudian untuk baris kedua akan diisi dengan penjualan jasa installasinya dengan mengklik tombol Switch To Account atau Ubah Ke Akun dengan logo tanda panah bolak-balik di sebelah kiri.

Jika tombol Switch To Account atau Ubah Ke Akun sudah diklik, maka tampilan pada kolom item akan berubah menjadi service desc dan terdapat kolom untuk pemilihan akun.

Ketik deskripsi penjualan jasa yang ingin diinput kemudian pilih akun penjualan jasa tersebut.

Jika transaksi sudah di save atau simpan, maka akan terbentuk jurnal terkait penjualan produk dan juga penjualan jasa yang sebelumnya dipilih pada saat transaksi.

(0 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.