Knowledgebase
Invalid Data Pump Ketika Posting Data POS ke Back Office
Dipos oleh Firman Hadi Aprian pada 04 January 2016 10:46 AM
Kemunculan pesan "Invalid data pump" ini terjadi karena versi/ build Zahir Accounting (back office) lebih tinggi dari versi Zahir POS atau build Zahir Accounting dan Zahir POS tidak sesuai (ada salah satu yang masih belum update), misalnya Zahir Accounting 6 build 4b namun Zahir POS 6 masih di build 1i. Ini juga berlaku untuk Zahir Accounting dan Zahir POS yang masih di versi 5.1 dengan mengupdatenya ke build paling baru. Untuk mengatasi hal ini, update build program Zahir yang masih rendah. Mekanismenya sebagai berikut:
  1. Backup terlebih dahulu kedua-dua database dan pastikan tidak ada orang lain yang sedang membuka database.
  2. Apabila Zahir Accounting 6 sudah di build 4b, pastikan Zahir POS 6 juga sudah berada di build 1k. Atau kedua-duanya harus sudah ada di build yang paling baru (terupdate).
  3. Pancing dengan membuka database secara silang, misalnya database Zahir POS di buka di Zahir Accounting atau database di buka di program yang memiliki build paling tinggi. Jika sudah dilakukan, tutup data kemudian buka lagi seperti biasa di program yang sebenarnya.
  4. Jika sudah dijalankan langkah 1 - 3, posting data POS ke back office sudah bisa dilakukan dengan lancar.

 

Catatan: Apabila build sudah sama-sama paling baru, namun masalah tersebut tetap muncul, jalankan skrip SQL dari SQL Script Executive di menu File > Alat Bantu > klik Load From File > arahkan ke direktori C:\Program Files\Zahir...\ SQL Update > Buka satu per satu dan eksekusi satu per satu file SQL 5100x hingga ke file 5100x terbaru (misalnya dalam hal ini versi 5.1). Eksekusi ini sangat disarankan dilakukan oleh pihak IT perusahaan Anda atau dapat juga meminta panduan dari IT Support Zahir.

 

(68 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.