Knowledgebase: Tips & Solusi
Setelah Update Build Ke Zahir Accounting 6 Build 9, Pengeditan Transaksi Menjadi Hang
Dipos oleh Agus Juanda pada 19 January 2018 08:43 AM

Pada program zahir accounting build 9, firebird yang digunakan adalah firebird versi 2.5. Sehingga untuk pengguna yang melakukan update program zahir accountingnya dari build dibawah 9 yang masih menggunakan firebird 2.0 atau 2.1, harus melakukan install ulang firebird menjadi 2.5. Lalu bagaimana jika setelah update program zahir accounting menjadi build 9 namun sering mengalami program hang saat akan posting atau edit transaksi. Anda tidak perlu khawatir, karena hal tersebut dapat disebabkan oleh database yang belum terupdate untuk firebirdnya. Untuk solusi atas masalah tersebut adalah sebagai berikut :

1. Jika program zahir diakses oleh beberapa user dikomputer yang berbeda (client server), maka pastikan semua komputer baik server maupun client
    telah mengupdate programnya ke build 9c serta menginstall ulang firebirdnya menjadi 2.5.
2. Tutup program zahir pada semua komputer client, dan pastikan tidak ada yang mengakses database zahir.
3. Lakukan backup data terupdate anda pada komputer server, kemudian lakukan restore atas file backup yang tadi anda buat.
4. Pada saat buka file backup (restore backup), pastikan anda menggunakan nama file database GDB yang berbeda dengan file GDB yang sebelumnya
    digunakan atau diakses oleh komputer server maupun client.
5. Lakukan maping database ulang pada komputer client dengan mengacu ke nama file GDB yang baru hasil dari restore backup di server tadi.
6. Pastikan semua komputer client menggunakan / mengakses data yang baru dari hasil restore tadi, dan tidak lagi mengakses database lama.

(0 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (0)
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.