Memperbaiki Kesalahan Penginputan Transaksi
Dipos oleh Eko Budi Cahyono pada 19 December 2008 08:55 AM
Jika terjadi kesalahan dalam menginput transaksi, Anda dapat mengedit transaksi dengan menampilkan daftar transaksi kemudian klik tombol edit.

Tips : Zahir Accounting 5.1 memberikan kemungkinan edit dan hapus transaksi yang telah diinput, sesuai dengan hak akses penggunanya, artinya hanya user tertentu saja yang boleh mengedit atau menghapus transaksi.

Pada transaksi tertentu, untuk menjaga kekonsistensian data, transaksi tidak dapat diedit, sehingga Anda harus membuat jurnal koreksi (reversing).

Misalkan transaksi pembelian, dimana barang yang dibeli pada transaksi tersebut telah terjual, maka transaksi pembelian tersebut tidak dapat diedit. Hal ini disebabkan ada transaksi penjualan yang telah menggunakan harga pokok yang berasal dari transaksi pembelian tersebut.

Solusi untuk transaksi yang tidak dapat diedit karena terkait ke transaksi lain ada dua alternatif, yaitu :

1. Unposting dahulu transaksi - transaksi penjualan atau transaksi pemakaian barang yang menggunakan barang2 yang berasal dari transaksi pembelian tersebut. Serta hapus dulu transaksi pembayaran uang mukanya.

2. Atau buat transaksi adjustment, untuk mengoreksi transaksi yang salah tersebut, dengan mengisi jumlah barang negatif (pastikan total penjumlahan transaksi yang salah dengan transaksi koreksi ini menjadi benar) serta isilah variabel kredit/debit memo agar merujuk kepada nomor transaksi pembelian yang salah tadi.
(242 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.