Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Tips & Solusi
Bagaimana Mencairkan Cek Sebelum / Sesudah Tanggal Jatuh Tempo Pada Kas Masuk/Keluar
Dipos oleh Agus Juanda pada 11 August 2017 09:10 AM

Pada program zahir accounting terdapat fasilitas giro mundur yang digunakan untuk mencatat transaksi baik penerimaan bank atau pengeluaran bank yang menggunakan cek atau giro.

Dibawah ini adalah tips dan trik untuk mencairkan cek sebelum atau sesudah tanggal jatuh tempo yang sebelumnya sudah ditentukan.

Contoh : Pada tanggal 5 Januari terdapat pengeluaran untuk biaya promosi dan iklan sebesar Rp. 5,000,000 yang dibayarkan menggunakan cek. Maka penginputannya dapat dilakukan pada modul Kas dan Bank > Kas Keluar > dengan menceklist opsi Giro.

Maka saat transaksi tersebut direkam, akan muncul jendela Informasi Transaksi Giro yang berisi Nomor Giro, Tanggal Jatuh Tempo dan Akun hutang giro yang harus diisi. Contoh pada cek yang dikeluarkan, ditentukan tanggal jatuh tempo adalah 10 Januari 2015.

Untuk hasil penginputan diatas dapat dilihat pada modul Kas dan Bank > Daftar Giro Keluar.

 

Selanjutnya akan muncul tampilan semua transaksi giro keluar yang pernah anda input sebelumnya. Untuk dapat mencairkan giro tersebut namun tidak sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang sebelumnya diinput, maka anda dapat merubah tanggal jatuh tempo atas transaksi tersebut dengan cara klik kanan > perincian pada transaksi giro/cek yang ingin diubah jatuh temponya atau dengan klik tombol perincian dibagian bawah.

Selanjutnya akan tampil jendela Data Transaksi Giro seperti pada gambar dibawah ini. Anda dapat merubah tanggal jatuh temponya sesuai dengan tanggal pencairan cek tersebut kemudian klik ok untuk menyimpan perubahan tersebut. Untuk mencairkan giro/cek nya anda dapat klik tombol giro cair pada list giro keluar diatas

(0 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (0)
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.