Knowledgebase: Zahir POS 5
Bagaimana Sinkronisasi Data POS Zahir
Dipos oleh Firman Hadi Aprian pada 18 December 2008 06:14 PM
Meskipun Aplikasi POS dibuat terpisah, seluruh data tetap terintegrasi dengan Zahir Accounting, seluruh input transaksi penjualan akan dikirim ke Zahir Accounting baik secara langsung atau online menggunakan internet. Terdapat tiga model interaksi antara Zahir POS dengan Zahir Accounting :
  • Terkoneksi LAN dengan satu database yang sama dimana seluruh transaksi POS akan masuk ke back office. Sesuai untuk volume penjualan tidak terlalu tinggi, serta diinginkan penjualan per pelanggan tercatat secara detail di back office.
  • Terkoneksi LAN dengan dua database Zahir POS memiliki data terpisah dengan backoffice, dipagi hari ; master data diimport dari backoffice, disore hari ; total penjualan diexport ke backoffice (Seluruh proses import dan export hanya dengan satu klik mouse saja). Dengan sistem ini data backoffice hanya menampung total penjualan per pembayaran per kasir per hari. Sistem ini sesuai untuk penjualan riteil dengan aktifitas yang sangat tinggi seperti super/mini market. Keuntungan sistem dua database yang terpisah adalah bila terdapat gangguan pada jaringan atau komputer server maka kasir tidak akan terganggu dan tetap dapat menginput penjualan, serta database kasir dan backoffice masing-masing dapat dipertahankan untuk selalu kecil dan cepat.
  • Terkoneksi Internet dengan dua database. Serupa dengan sistem dua database diatas, namun proses impor dan expor data dilakukan melalui jalur internet, dimana hanya data terkini saja yang di impor dan di export. Sistem ini berguna bila lokasi toko tidak sama dengan backoffice, seperti outlet atau cabang. Proses sinkronisasi datanya mengunakan FTP (File Transfer Protokol).
(229 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.