Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Tips & Solusi
Bagaimana Memperlakukan Proyek-Proyek Yang Telah Selesai
Dipos oleh Agus Juanda pada 12 October 2016 01:53 PM

Untuk perusahaan yang bidang usahanya berhubungan dengan pengerjaan proyek atau kegiatan tertentu. Fasilitas modul proyek dapat digunakan untuk mengalokasikan setiap transaksi pendapatan dan biaya dari masing masing proyek dengan sangat rinci. Setiap transaksi yang berhubungan dengan proyek tertentu akan dicatat dan dihubungkan ke proyek yang bersangkutan, sehingga hasilnya anda dapat mengetahui informasi laporan laba atau rugi untuk masing masing proyek disamping itu anda bisa membandingkan antara anggaran dari masing masing proyek dengan realisasi transaksi atas proyek tersebut.

Namun pada tips dibawah ini adalah cara memperlakukan proyek yang sudah selesai dan tidak akan digunakan kembali pada transaksi yang akan datang. Hal ini penting mengingat daftar proyek akan semakin bertambah seiring waktu. 

Dibawah ini adalah contoh daftar proyek pada program zahir accounting. Bayangkan jika pada data sebenarnya diperusahaan anda, memiliki puluhan atau bahkan ratusan proyek yang sedang dikerjakan. Maka pada daftar tersebut akan ada banyak proyek yang tampil.

 

Hal tersebut juga akan sejalan dengan tampilan data proyek yang tampil pada saat anda menginput transaksi. Maka pada data tersebut juga akan menampilkan data proyek sebanyak yang ada pada daftar proyek diatas. Walaupun pada saat pemilihan data proyek dapat kita cari menggunakan kolom search, namun banyaknya proyek yang tampil akan cukup menyulitkan anda saat pemilihan proyek. 

 

Oleh karena itu, untuk mengurangi daftar proyek yang ada pada data proyek, maka anda dapat menonaktifkan proyek-proyek yang sudah selesai atau dianggap tidak digunakan kembali pada transaksi mendatang. Berikut ini langkah-langkah menonaktifkan proyek yang sudah selesai :

1. Masuk ke modul Data-Data > pilih Data Proyek > Daftar Proyek

2. Pilih proyek yang dianggap sudah selesai > klik kanan > pilih Edit 

 

 

3. Selanjutnya akan tampil detail Data Proyek yang anda pilih. Ceklist pilihan "Tidak Aktif" untuk menonaktifkan proyek tersebut dari daftar proyek. 
    Kemudian klik tombol Rekam untuk menyimpan perubahan 

 

    Berikut ini adalah tampilan pada saat anda memilih proyek ketika menginput transaksi. 

 

 

Selanjutnya bagaimana cara anda untuk mengetahui daftar proyek yang sudah dinonaktifkan, atau ingin mengaktifkan kembali proyek tersebut untuk dipakai kembali pada transaksi. Caranya cukup mudah, anda dapat masuk ke modul Data - Data > pilih Data Proyek (Daftar Proyek) > klik Filter > kemudian klik tombol Lengkap. Ganti Status menjadi tidak aktif, kemudian klik tombol OK. Maka akan tampil daftar proyek yang telah anda nonaktifkan sebelumnya. 

Untuk mengaktifkan kembali proyek yang dinonaktifkan, pilih salah satu proyek nonaktif tersebut kemudian klik kanan > pilih Edit. Hilangkan tanda centang pada pilihan Tidak Aktif. Maka proyek tersebut akan kembali aktif pada daftar proyek dan dapat anda pilih kembali saat penginputan transaksi.

(0 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (0)
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.