Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Tips & Solusi
Kode Akun Tidak Otomatis Saat Membuat Akun Baru
Dipos oleh Agus Juanda pada 13 May 2016 10:08 AM

Pada program zahir accounting terdapat fasilitas untuk menambah, mengedit dan menghapus (dengan ketentauan belum terpakai pada transaksi) data rekening yang sudah ada. Bahkan program zahir juga sudah membuatkan data rekening default standar yang dapat anda gunakan, dimana data rekening default tersebut dapat anda tambahkan, edit dan hapus sesuai kebutuhan. Pada saat menambah akun baru, zahir akan membuatkan kode akun secara otomatis sesuai dengan klasifikasi akun yang diplih.

Lalu bagaimana jika pada saat menambah/membuat akun baru tetapi program zahir tidak membuatkan kode akun secara otomatis sesuai dengan klasifikasi yang dipilih seperti pada contoh gambar dibawah ini.

 

Jangan khawatir, karena hal diatas hanya terjadi untuk klasifikasi yang sama sekali belum ada atau belum pernah dibuat data rekeningnya. Sehingga anda harus mengetik manual kode akun sesuai klasifikasinya. Pada contoh diatas, kode akun tidak terbentuk secara otomatis saat memilih klasifikasi Hutang Lain. Untuk menentukan kode akun untuk klasifikasi tersebut terlebih dahulu anda harus mengetahui kode atas klasifikasi akun tersebut dengan cara klik menu Setting > Klasifikasi Akun > Lanjutkan hingga tampilan Klasfikasi Akun Hirarki Terendah (Level 3)

 

Kemudian masuk kembali ke modul Data - Data > Data Rekening. klik tombol tambah (+) untuk membuat data baru lalu pilih klasifikasinya. Ketik kode akun awal sesuai dengan kode klasifikasi kemudian dilanjutkan dengan nomor akunnya. Lalu klik Rekam untuk menyimpan data akun baru tersebut.

 

Selanjutnya ketika anda akan membuat data akun baru dengan klasifikasi yang sama, maka zahir akan secara otomatis melanjutkan kode akun berurutan sesuai dengan klasifikasinya

 

 

(1 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (0)
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.