Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Tips & Solusi
Kode Akun Tidak Tampil Pada Pengisian Saldo Awal Akun
Dipos oleh Agus Juanda pada 12 May 2016 08:42 AM

Pada saat akan mengisi saldo awal akun pada menu Setting > Saldo Awal > Saldo Awal Akun, tidak terdapat akun untuk mengisi nilai saldo awal.

 

Sedangkan apabila dilihat pada modul Data - data > Data Rekening, semua akun tersebut muncul.

 

Hal diatas biasanya terjadi untuk data yang diimpor dari database zahir sebelumnya, dengan kondisi data sebelumnya dibuat menggunakan program zahir yang lebih lengkap. Contoh, data awal dibuat menggunakan program zahir Enterprise sedangkan data baru dibuat menggunakan program zahir flexy trade. Pengaruh dari penggunaan dua program berbeda diatas adalah dari default digit akun yang terbentuk untuk masing-masing program. Pada program zahir Enterprise jumlah digit akun defaultnya adalah 9 digit dengan format (0000-00-000). Sedangkan pada program zahir Flexy Trade jumlah digit akun defaultnya adalah 5 digit dengan format (000-00). Sehingga pada saat mengimpor data rekening dari database lama ken database baru terdapat default akun yang terbentuk pada database baru dengan default akun yang diimpor pada database lama.

Untuk solusi atas masalah tersebut cukup mudah. Anda hanya perlu menyesuaikan default akun pada database baru agar sesuai dengan default dan jumlah akun pada database lama.

1. Cek pada default akun atau rekening pada database baru anda dengan cara klik menu Setting > Setup Program > Data Rekening
    Perhatikan default akun yang terbentuk pada data tersebut.

 

2. Cek data akun atau rekening yang masuk dari hasil import sebelumnya, pada modul Data - Data > Data Rekening
    Pada contoh dibawah ini, data rekening yang terbentuk adalah 9 digit. Sedangkan pada settingan data rekening diatas, jumlah digit akun adalah
    5 digit. 

 

3. Cek pada hirarki akun level 3 yang terbentuk pada database baru tersebut. Perhatikan ada berapa digit akun untuk level 3 yang terbentu
    Pada contoh dibawah ini, level tiga yang terbentuk adalah 4 digit. 

 

Dari ketiga pengecekan diatas, maka anda dapat membuat penyesuaian pada settingan akun dengan mengklik menu Setting > pilih Setup Program > Data Rekening. Ubah jumlah digit level tiga menjadi 4 dan jumlah digit akun menjadi 9. Sedangkan untuk format rekening menjadi (0000-00-000), kemudian klik Rekam 

 

Selanjutnya klik tombol Yes pada tampilan jendela konfirmasi "Anda telah merubah jumlah digit level 3 dari klasifikasi Kode Akun, ingin melakukan penyesuaian klasifikasi Kode Akun yang telah ada secara otomatis..?"

 

Kemudian klik tombol Yes pada tampilan jendela konfirmasi "Anda ingin melakukan penyesuaian Kode Akun yang telah ada secara otomatis..?"

 

Selanjutnya cek kembali pada menu Setting > Saldo Awal > Saldo Awal Akun. Maka pada tampilan tersebut, data rekening akan tampil sesuai seperti yang sudah anda setting diatas.

(1 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (0)
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.