Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Tips & Solusi
Bagaimana Cara Memperbaiki Total Arus Kas Yang Tidak Sama Dengan Total Kas/Bank Pada Laporan Neraca
Dipos oleh Agus Juanda pada 17 February 2016 01:39 PM

Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan aliran masuk dan keluar uang (kas/bank) perusahaan. Pada program zahir accounting untuk laporan arus kas tersebut sudah tersedia untuk menjadi alat pertanggungjawaban arus kas masuk dan arus kas keluar selama periode tertentu. Laporan tersebut bisa anda lihat pada modul Laporan (Report) > Laporan Keuangan (Financial Statement > Arus Kas (Cash Flow).

Lalu bagaimanakah cara menganalisa apabila total pada laporan arus kas tidak sama dengan total kas/bank di laporan neraca standar pada program
zahir accounting. Seperti pada gambar berikut ini :

Gambar 1. dibawah ini menunjukkan laporan arus kas yang difilter menggunakan periode bulan januari 2015 dengan total akhir Rp. 816,837,500. Dimana nilai tersebut seharusnya sama dengan nilai akumulasi kas dan bank pada laporan neraca bulan Januari.

Gambar 1.

 

Sedangkan pada Gambar 2, menunjukkan laporan Neraca Standar bulan januari. Pada laporan tersebut, nilai akumulasi kas dan bank setelah dihitung adalah Rp. 809,337,500. Padahal seharusnya total pada laporan arus kas sama dengan total kas dan bank di laporan neraca standar.

Gambar 2.

 

Laporan arus kas pada program zahir terbentuk dari semua transaksi yang jurnalnya berkaitan dengan akun kas dan bank. Pada data rekening akun kas atau bank tersebut biasanya memilki tanda checklist disebelah kanan.

Gambar 3.

 

Tanda tersebut muncul untuk akun-akun yang disetting sebagai Kas/Bank pada detail data rekeningnya. Kegunaan settingan tersebut adalah agar akun yang tersetting dapat tampil sebagai pilihan pembayaran pada modul Kas Masuk, Kas Keluar, Pembayaran Hutang dan Pembayaran Piutang. Settingan ini juga sebagai penentu transaksi yang jurnalnya terkait dengan akun tersebut akan masuk kedalam laporan arus kas.

 

Berdasarkan hal diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa salah satu kemungkinan yang menjadi penyebab adanya ketidaksamaan antara total arus kas dengan total akumulasi kas dan bank pada laporan neraca adalah adanya akun-akun yang bukan termasuk kedalam klasifikasi kas atau bank tetapi disetting sebagai kas/bank pada detail akunnya. Oleh karena itu, coba cek pada data rekening/akun anda pada modul Data-data. Apakah ada akun yang bukan klasifikasi Kas atau Bank tetapi terdapat tanda cheklist disebelah kanan akun tersebut.

Contoh ketidaksamaan nilai total dari kasus diatas (Gambar 1 dan Gambar 2) adalah adanya akun pada data rekening yang bukan klasifikasi Kas atau Bank tapi tersetting sebagai Kas/Bank (ada tanda cheklist sebelah kanan akun tersebut) seperti pada gambar dibawah ini. Pada gambar tersebut, akun Sewa Dibayar Dimuka (150000005) termasuk kedalam klasifikasi Biaya Dibayar Dimuka (bukan klasifikasi Kas atau Bank).

 

Solusi atas masalah diatas adalah dengan cara mengedit akun tersebut lalu hilangkan tanda cheklist pada checkbox Kas/Bank, kemudian klik tombol Rekam untuk menyimpan perubahan. 

 

Selanjutnya klik menu File > Alat Bantu > pilih Hitung Ulang Saldo Akhir Akun.

Berikut ini hasil laporan Arus Kas dan Neraca Standar yang sudah sesuai setelah melakukan pengeditan data akun Sewa Dibayar Dimuka tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(2 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (8)
Rizki
01 June 2016 11:09 AM
saya mw tanya kenapa setiap saya mw mencetak total invoice selalu berubah total jumlah nya tidak sama.??

mohon jawaban nya, segera kirim ke-email saya ??
Agus Juanda
02 June 2016 08:30 AM
Apakah invoice yang ibu gunakan merupakan hasil desain diluar standar invoice zahir..? jika ya, kemungkinan hal tersebut karena adanya rumusan yang salah sehingga penghitungan total invoice menjadi salah. Untuk analisa lebih jelas harap menghubungi customer support kami di nomor : 021-7197766
cici haryanti
09 June 2016 11:48 AM
saya ingin menanyakan apabila di laporan arus kas dan neraca berbeda namun hanya 0,1 atau 0,16 bagaimana caranya agar balance? atau dibuat selisih pembulatan atau gimana? terima kasih
pauji
09 June 2016 02:56 PM
Yth. Ibu Cici Haryanti

Untuk perbedaan nilai tersebut harus kami analisa terlebih dahulu, silakan Ibu mengirimkan file database Zahir Ibu ke alamat email data@zahir.info
Shisi
18 December 2016 08:51 AM
Mas maaf mau tanya ,
Saya bikin PT baru di program zahir..
setelah input transaksi saya mau cek laporan keuangannya (Laba rugi,neraca dan arus kas) ,
Tetapi kenapa ya arus kas nya tidak muncul ??
Agus Juanda
21 December 2016 11:50 AM
Pastikan telah ada transaksi yang berkaitan dengan akun Kas atau Bank. Sedangkan pada data rekening pastikan untuk akun kas atau bank sudah terdapat tanda ceklist
tiara
31 May 2017 09:54 AM
data akun zahir saya seperti kas masuk dan kas keluar, data nama alamat, data akun, proyek dan lainnya semua terkunci, kenapa bisa terkunci ya dan cara untuk membukanya gimana? tolong bantuannya, terima kasih
Firman
12 June 2017 10:13 AM
Hal itu disebabkan oleh password. Periksa akun pengguna ketika masuk log ke data. Terkuncinya banyak fitur dasar bisa karena hak akses dibatasi di akun pengguna tersebut. Silakan hubungi administrator di sana untuk membuka hak akses yang diperlukan.
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.