Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Tutup Buku
Tutup Buku Akhir Tahun
Dipos oleh Agus Juanda pada 27 October 2014 02:40 PM

Tiap akhir tahun, setelah dilakukan proses tutup buku bulanan, juga dilakukan proses tutup buku tahunan, namun hanya untuk memindahkan saldo laba tahun berjalan kepada laba ditahan. Sebelum melakukan proses tutup buku tahun, sebaiknya Anda memeriksa seluruh transaksi dalam periode tahun berjalan tersebut. Pastikan tidak ada lagi penginputan transaksi dan koreksi transaksi untuk periode tahun yang akan ditutup.

  1. Pastikan hanya satu pengguna yang sedang membuka data keuangan yang sama.
  2. Backup data keuangan Anda sebelum memproses tutup buku tahunan.
  3. Untuk melakukan proses tutup buku tahun. Klik [Tutup Buku] > [Tutup Buku Akhir Tahun].
  4. Proses tutup buku tahun akan membuat jurnal penyesuaian untuk tutup buku tahun secara otomatis, dengan memindahkan saldo laba tahun berjalan kepada saldo laba ditahan. Jurnal ini akan terbentuk di Daftar Transaksi Jurnal yang terdapat di modul Buku Besar.
  5. Setelah proses tutup buku tahun Anda tidak dapat lagi melakukan pencatatan transaksi keuangan pada tahun yang telah ditutup.

Pada dasarnya pembukuan yang telah tutup buku akhir tahun tidak dapat dibuka lagi karena status sudah terkunci secara database, namun jika ternyata ada transaksi atau saldo awal yang perlu dibetulkan/ dikoreksi, pengguna masih tetap dapat membukanya dengan dua cara sebagai berikut:

  1. Buka/ restore database backup berekstensi .GBK. Ini adalah database backup terakhir sebelum tutup buku akhir tahun dilakukan. Database backup terkahir bermakna bahwa setelah proses backup telah dipastikan tidak ada tindakan lagi seperti input, hapus, sunting, atau segala tindakan perubahan transaksi. Jika setelah backup sudah ada tindakan itu, proses restore sangat tidak disarankan karena tindakan yang telah dilakukan itu tidak terekam dalam data backup dan sudah tentu tindakan itu tidak akan ada di database hasil restore (GDB). Proses buka/ restore database backup dilakukan dari menu utama Zahir Accounting > [Buka File Backup].
  2. Jika langkah buka file backup tidak memungkinkan, hubungi Customer Support untuk mendapatkan prosedur pembukaan tahun.

 

Saksikan video tutorial tutup buku akhir tahun berikut ini:

(3 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (0)
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.