Knowledgebase: Tutup Buku
Tutup Buku Akhir Bulan
Dipos oleh Firman Ilkha pada 05 March 2014 11:06 AM

Pada tiap akhir bulan, buku–buku besar perkiraan perusahaan yang bersifat sementara seperti pendapatan (revenue) dan beban (expense) akan ditutup karena hanya menggambarkan aktivitas untuk suatu periode tertentu saja. Perkiraan-perkiraan sementara ini pada periode selanjutnya akan dimulai lagi dan saldo awalnya harus nol. Sedangkan perkiraan Neraca akan terus berlanjut menjadi saldo awal bulan./ periode selanjutnya. Penutupan ini dilakukan dengan cara menutup buku akhir bulan. Di Zahir Accounting 6 proses tutup buku akhir bulan dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Pastikan hanya satu pengguna yang sedang membuka data keuangan yang sama.
  2. Backup data keuangan Anda.
  3. Lakukan tutup buku akhir bulan dari menu Tutup Buku.
  4. Ketika muncul jendela fasilitas otomatis,
    • Tandakan fasilitas hitung dan buat jurnal penyusutan harta tetap agar sistem menghitung dan membuat jurnal penyusutan. Jika Anda belum mengisi data harta tetap di modul Data-data, fasilitas ini tidak dapat berfungsi. Opsi ini akan ada jika Anda memiliki fasilitas Harta Tetap.
    • Tandakan hitung ulang saldo akhir akun agar sistem menghitung ulang saldo akhir semua akun yang terlibat dalam transaksi.
    • Tandakan hitung ulang saldo akhir persediaan agar sistem menghitung ulang seluruh nilai yang terkait dengan persediaan barang. Opsi ini akan ada jika Anda memiliki fasilitas Inventory.
    • Tandakan revaluasi mata uang asing agar sistem menghitung dan membuat jurnal laba/ rugi selisih kurs. Opsi ini akan ada jika Anda memiliki fasilitas multicurrency.
  5. Ketika Anda mengeklik Proses, sistem akan memproses tutup buku akhir bulan.

 

Saksikan video tutorial tutup buku akhir bulan berikut ini:

(9 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.