Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Impor Data Master
Penjelasan Kolom-kolom Tabel CSV Data Master
Dipos oleh Firman Ilkha pada 06 December 2013 03:09 PM

Tabel CSV Impor Data Master telah disediakan di program Zahir Accounting 6 untuk memudahkan Anda mengimpor data master. Tabel CSV itu sendiri adalah format Excel tabel berupa .CSV. Anda disarankan menggunakan Ms Office atau dapat juga dari vendor lain seperti Open Office. File tabel CSV ini secara baku disimpan sesuai dengan lokasi penginstalan yang biasanya terdapat di C:\Program Files\Zahir Accounting 6\Contoh Tabel CSV. Tabel CSV untuk mengimpor data master dibagi menjadi 9 yakni COA Complete, COA Simple, Data Barang Complete, Data Barang Simple, Data Karyawan Simple, Data Pelanggan Complete, Data Pelanggan Simple, Data Pemasok Simple, dan Data Rekan Simple.

Jumlah kolom dan istilah judul kepala (header) setiap kolom dibuat secara baku dan permanen sehingga Anda tidak diperkenankan mengubah apapun dari tabel CSV ini kecuali mengubah nama file tabel CSV masing-masing dan/ atau mengubah isi dari baris dan kolom menjadi isi informasi setiap data master yang ada di perusahaan Anda. Berikut ini penjelasan tabel CSV yang dimaksud.


Tabel CSV COA Complete

Tabel ini digunakan untuk mengimpor daftar akun dengan informasi lengkap ke program Zahir Accounting 6. Tabel ini memiliki jumlah kolom sebanyak 5 dan tidak diperkenankan bagi Anda untuk mengurangi, menambahkan, dan/atau memindahkan posisinya termasuk mengubah istilah dan besar/kecilnya huruf yang digunakan di judul kolom. Jika Anda menggunakan tabel ini, semua kolom wajib Anda isi. Jika Anda tidak memerlukan kolom checking dan currency (tidak memiliki fasilitas multicurrency), gunakanlah tabel CSV COA Simple. Bagian kolom yang terdapat di tabel ini meliputi:

Gambar 1. Contoh Tabel CSV COA Complete

 

  1. Account
    Isilah dengan kode akun sesuai dengan jumlah digit yang ditetapkan di Zahir Accounting. Isikan dengan angka saja tanpa huruf dan tanda baca.

  2. Account Name
    Isilah dengan nama akun masing-masing.

  3. Sub Classification
    Isilah dengan subklasifikasi bagi setiap akun yang dimaksud. Pelajari lebih lanjut bagaimana mengatur subklasifikasi akun di sini.

  4. Checking
    Isilah dengan huruf T kapital jika akun ini masuk ke klasifikasi kas/ bank atau isilah dengan huruf F kapital jika akun ini tidak masuk ke klasifikasi kas/ bank.

  5. Currency
    Isilah dengan kode mata uang yang telah dibuat atau telah tersedia di Zahir Accounting 6. Mata uang yang harus diisi di tabel CSV ini adalah mata uang dasar atau asing di program Zahir Accounting 6. Isikan dengan karakter yang sama dengan yang tercantum di program Zahir Accounting 6.

Tabel CSV COA Simple

Tabel ini digunakan untuk mengimpor daftar akun dengan informasi sederhana ke program Zahir Accounting 6 di mana Anda tidak memiliki fasilitas multicurrency. Tabel ini memiliki jumlah kolom sebanyak 3 dan tidak diperkenankan bagi Anda untuk mengurangi, menambahkan, dan/atau memindahkan posisinya termasuk mengubah istilah dan besar/kecilnya huruf yang digunakan di judul kolom. Anda wajib mengisi semua kolom di tabel ini. Bagian kolom yang terdapat di tabel ini meliputi:

Gambar 2. Contoh Tabel CSV COA Simple

 

  1. Account
    Isilah dengan kode akun sesuai dengan jumlah digit yang ditetapkan di Zahir Accounting. Isikan dengan angka saja tanpa huruf dan tanda baca.

  2. Account Name
    Isilah dengan nama akun masing-masing.

  3. Sub Classification
    Isilah dengan subklasifikasi bagi setiap akun yang dimaksud. Pelajari lebih lanjut bagaimana mengatur subklasifikasi akun di sini.

Tabel CSV Data Barang Complete

Tabel ini digunakan untuk mengimpor data barang dengan informasi yang lengkap ke program Zahir Accounting 6. Dengan mengimpor data barang ini, bukan berarti saldo awal persediaan ikut terisi juga. Tabel ini memiliki jumlah kolom sebanyak 14 dan tidak diperkenankan bagi Anda untuk mengurangi, menambahkan, dan/atau memindahkan posisinya termasuk mengubah istilah dan besar/kecilnya huruf yang digunakan di judul kolom. Bagian kolom yang terdapat di tabel ini terdiri dari:

Gambar 3. Contoh Tabel CSV Data Barang Complete

 

  1. CODE
    Isilah dengan kode barang berupa angka saja, huruf saja, atau gabungan angka dan huruf beserta tanda baca.

  2. CLASSIFICATION
    Isilah dengan nama klasifikasi barang berupa huruf saja, angka saja, atau gabungan huruf dan angka beserta tanda baca. Anda harus sudah membuat klasifikasi barang ini di program Zahir Accounting 6.

  3. DESCRIPTION
    Isilah dengan nama deskripsi barang berupa huruf saja, angka saja, atau gabungan huruf dan angka beserta tanda baca.

  4. PRICE
    Isilah dengan harga jual satuan. Isilah dengan angka saja tanpa pemisah ribuan. Jika nilai ini mengandung desimal, pastikan format mengikuti setelan regional di Zahir Accounting 6 dan Windows. Anda diperkenankan mengosongkan isi kolom ini jika Anda tidak ingin menetapkan harga jual.

  5. UNIT
    Isilah dengan kode satuan pengukuran barang. Anda harus membuat terlebih dahulu data satuan pengukuran di Zahir Accounting 6 modul Data-data > Satuan Pengukuran. Karakter kode satuan yang Anda isi di tabel CSV ini harus sama dengan yang Anda buat di Zahir Accounting 6. Perbedaan karakter akan mengakibatkan kegagalan impor.

  6. DEPARTMENT
    Isilah kolom ini dengan kode departemen yang sama karakternya dengan yang telah Anda buat di Zahir Accounting 6 jika Anda berkehendak barang ini berkaitan dengan departemen yang Anda pilih. Anda bisa mengabaikan kolom ini dengan tetap terisi kode departemen Head Quarter yang sudah ada secara baku di Zahir Accounting 6 (lihat menu Departemen di modul Data-data) jika Anda tidak memiliki modul Departemen atau Anda tidak ingin menggunakannya.

  7. GROUP 1
    Isilah dengan deskripsi yang Anda kehendaki di kolom grup 1. Isi kolom ini dengan No Group jika Anda tidak memiliki fasilitas grup barang atau Anda tidak ingin menggunakannya. Jika Anda telah membuat data grup barang di Zahir Accounting 6 sebelum mengimpor tabel ini, isikanlah kolom ini dengan deskripsi grup yang sama persis dengan yang tertera di bidang Group 1.

  8. GROUP 2
    Isilah dengan deskripsi yang Anda kehendaki di kolom grup 2. Isi kolom ini dengan No Group jika Anda tidak memiliki fasilitas grup barang atau Anda tidak ingin menggunakannya. Jika Anda telah membuat data grup barang di Zahir Accounting 6 sebelum mengimpor tabel ini, isikanlah kolom ini dengan deskripsi grup yang sama persis dengan yang tertera di bidang Group 2.

  9. GROUP 3
    Isilah dengan deskripsi yang Anda kehendaki di kolom grup 3. Isi kolom ini dengan No Group jika Anda tidak memiliki fasilitas grup barang atau Anda tidak ingin menggunakannya. Jika Anda telah membuat data grup barang di Zahir Accounting 6 sebelum mengimpor tabel ini, isikanlah kolom ini dengan deskripsi grup yang sama persis dengan yang tertera di bidang Group 3.

  10. GROUP 4
    Isilah dengan deskripsi yang Anda kehendaki di kolom grup 4. Isi kolom ini dengan No Group jika Anda tidak memiliki fasilitas grup barang atau Anda tidak ingin menggunakannya. Jika Anda telah membuat data grup barang di Zahir Accounting 6 sebelum mengimpor tabel ini, isikanlah kolom ini dengan deskripsi grup yang sama persis dengan yang tertera di bidang Group 4.

  11. KODESUPPLIERUTAMA
    Isilah dengan nama supplier yang telah Anda buat di modul Data-data > Data Nama Alamat di Zahir Accounting 6. Pastikan Anda mengisi dengan karakter yang sama persis dengan yang terdapat di program Zahir Accounting 6. Anda diperkenankan mengosongkan isi kolom ini jika produk ini tidak memiliki supplier utama.

  12. ISKONSINYASI
    Isilah dengan huruf T kapital jika jenis barang ini konsinyasi atau huruf F kapital jika jenis barang ini bukan konsinyasi. Anda diperkenankan mengosongkan isi kolom ini jika Anda tidak memiliki modul Konsinyasi.

  13. ISUSESERIALNO
    Isilah dengan huruf T kapital jika jenis barang ini menggunakan nomor serial atau huruf F kapital jika jenis barang ini tidak menggunakan nomor serial. Anda diperkenankan mengosongkan isi kolom ini dan kolom yang terkait jika Anda tidak memiliki fasilitas serial number.

  14. ISUSELOT
    Isilah dengan huruf T kapital jika jenis barang ini menggunakan nomor lot atau huruf F kapital jika jenis barang ini tidak menggunakan nomor lot. Anda diperkenankan mengosongkan isi kolom ini dan kolom yang terkait jika Anda tidak memiliki fasilitas lot number.

Tabel CSV Data Barang Simple

Tabel ini digunakan untuk mengimpor data barang dengan informasi yang sederhana ke program Zahir Accounting 6. Dengan mengimpor data barang ini, bukan berarti saldo awal persediaan ikut terisi juga. Tabel ini memiliki jumlah kolom sebanyak 6 dan tidak diperkenankan bagi Anda untuk mengurangi, menambahkan, dan/atau memindahkan posisinya termasuk mengubah istilah dan besar/kecilnya huruf yang digunakan di judul kolom. Bagian kolom yang terdapat di tabel ini terdiri dari:

Gambar 4. Contoh Tabel CSV Data Barang Simple

 

  1. CODE
    Isilah dengan kode barang berupa angka saja, huruf saja, atau gabungan angka dan huruf beserta tanda baca.

  2. CLASSIFICATION
    Isilah dengan nama klasifikasi barang berupa huruf saja, angka saja, atau gabungan huruf dan angka beserta tanda baca. Anda harus sudah membuat klasifikasi barang ini di program Zahir Accounting 6.

  3. DESCRIPTION
    Isilah dengan nama deskripsi barang berupa huruf saja, angka saja, atau gabungan huruf dan angka beserta tanda baca.

  4. PRICE
    Isilah dengan harga jual satuan. Isilah dengan angka saja tanpa pemisah ribuan. Jika nilai ini mengandung desimal, pastikan format mengikuti setelan regional di Zahir Accounting 6 dan Windows.

  5. UNIT
    Isilah dengan kode satuan pengukuran barang. Anda harus membuat terlebih dahulu data satuan pengukuran di Zahir Accounting 6 modul Data-data > Satuan Pengukuran. Karakter kode satuan yang Anda isi di tabel CSV ini harus sama dengan yang Anda buat di Zahir Accounting 6. Perbedaan karakter akan mengakibatkan kegagalan impor.

  6. KODESUPPLIERUTAMA
    Isilah dengan nama supplier yang telah Anda buat di modul Data-data > Data Nama Alamat di Zahir Accounting 6. Pastikan Anda mengisi dengan karakter yang sama persis dengan yang terdapat di program Zahir Accounting 6. Anda diperkenankan mengosongkan isi kolom ini jika produk ini tidak memiliki supplier utama.

 

Tabel CSV Data Karyawan Simple

Tabel ini digunakan untuk mengimpor data karyawan dengan informasi yang sederhana ke program Zahir Accounting 6. Tabel ini memiliki jumlah kolom sebanyak 2 dan tidak diperkenankan bagi Anda untuk mengurangi, menambahkan, dan/atau memindahkan posisinya termasuk mengubah istilah dan besar/kecilnya huruf yang digunakan di judul kolom. Bagian kolom yang terdapat di tabel ini meliputi:

Gambar 5. Contoh Tabel CSV Data Karyawan Simple

 

  1. Name
    Isilah dengan nama karyawan

  2. Phone
    Isilah dengan nomor telepon karyawan. Anda diperkenankan mengosongkan isi kolom ini.

 

Tabel CSV Data Pelanggan Complete

Tabel ini digunakan untuk mengimpor data pelanggan dengan informasi yang lengkap ke program Zahir Accounting 6. Tabel ini memiliki jumlah kolom sebanyak 17 dan tidak diperkenankan bagi Anda untuk mengurangi, menambahkan, dan/atau memindahkan posisinya termasuk mengubah istilah dan besar/kecilnya huruf yang digunakan di judul kolom. Bagian kolom yang terdapat di tabel ini meliputi:

Gambar 6. Contoh Tabel CSV Data Pelanggan Complete

 

  1. Name
    Isilah dengan nama perusahaan (pelanggan) berupa huruf saja atau gabungan angka dan tanda baca.

  2. ID
    Isilah dengan kode pelanggan berupa angka saja atau gabungan huruf dan tanda baca.

  3. Contact
    Isilah dengan nama penanggung jawab atau kontak persona perusahaan pelanggan ini. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  4. Phone 1
    Isilah dengan nomor telepon kesatu. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  5. Phone 2
    Isilah dengan nomor telepon kedua. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  6. Fax
    Isilah dengan nomor faksimile. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  7. Currency
    Isilah dengan kode mata uang yang terkait dengan pelanggan ini. Kode mata uang harus sudah dibuat sebelumnya di Zahir Accounting 6. Kode mata uang diisi maksimum 3 huruf sesuai dengan yang berlaku secara antarbangsa.

  8. Classification
    Isilah dengan nama klasifikasi yang telah Anda buat sebelumnya di Zahir Accounting 6. Dengan mengisi kolom ini dengan klasifikasi, informasi termin pembayaran yang Anda isi di klasifikasi tersebut akan memengaruhi pelanggan ini. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  9. Group
    Isilah dengan data golongan pelanggan yang telah dibuat sebelumnya di Zahir Accounting 6. Dengan mengisi kolom ini dengan golongan pelanggan, informasi multidiskon yang Anda isi di golongan tersebut akan memengaruhi pelanggan ini. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  10. Email
    Isilah dengan alamat email pelanggan ini. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  11. Web
    Isilah dengan alamat web pelanggan ini. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  12. Job Title
    Isilah dengan nama jabatan kontak persona. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  13. Address 1
    Isilah dengan alamat lokasi perusahaan ini. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  14. Address 2
    Jika pada baris Address 1 alamat tidak mencukupi, dapat dilanjutkan ke kolom ini. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  15. City
    Isilah dengan kota lokasi pelanggan ini. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  16. Country
    Isilah dengan negara lokasi pelanggan ini. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  17. Zip Code
    Isilah dengan kode pos lokasi pelanggan ini. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

 

Tabel CSV Data Pelanggan Simple

Tabel ini digunakan untuk mengimpor data pelanggan dengan informasi yang sederhana ke program Zahir Accounting 6. Tabel ini memiliki jumlah kolom sebanyak 5 dan tidak diperkenankan bagi Anda untuk mengurangi, menambahkan, dan/atau memindahkan posisinya termasuk mengubah istilah dan besar/kecilnya huruf yang digunakan di judul kolom. Bagian kolom yang terdapat di tabel ini meliputi:

Gambar 7. Contoh Tabel CSV Data Pelanggan Simple

 

  1. ID
    Isilah dengan kode pelanggan berupa angka saja atau gabungan huruf dan tanda baca.

  2. Name
    Isilah dengan nama perusahaan (pelanggan) berupa huruf saja atau gabungan angka dan tanda baca.

  3. Contact
    Isilah dengan nama penanggung jawab atau kontak persona perusahaan pelanggan ini. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  4. Phone 1
    Isilah dengan nomor telepon kesatu. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  5. Currency
    Isilah dengan kode mata uang yang terkait dengan pelanggan ini. Kode mata uang harus sudah dibuat sebelumnya di Zahir Accounting 6. Kode mata uang diisi maksimum 3 huruf sesuai dengan yang berlaku secara antarbangsa.

 

Tabel CSV Data Pemasok Simple

Tabel ini digunakan untuk mengimpor data pemasok dengan informasi yang sederhana ke program Zahir Accounting 6. Tabel ini memiliki jumlah kolom sebanyak 4 dan tidak diperkenankan bagi Anda untuk mengurangi, menambahkan, dan/atau memindahkan posisinya termasuk mengubah istilah dan besar/kecilnya huruf yang digunakan di judul kolom. Bagian kolom yang terdapat di tabel ini meliputi:

Gambar 8. Contoh Tabel CSV Data Pemasok Simple

 

  1. Name
    Isilah dengan nama perusahaan (pemasok) berupa huruf saja atau gabungan angka dan tanda baca.

  2. ID
    Isilah dengan kode pemasok berupa angka saja atau gabungan huruf dan tanda baca.

  3. Contact
    Isilah dengan nama penanggung jawab atau kontak persona perusahaan pelanggan ini. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  4. Phone
    Isilah dengan nomor telepon. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

 

Tabel CSV Data Rekan Simple

Tabel ini digunakan untuk mengimpor data rekan (other) dengan informasi yang sederhana ke program Zahir Accounting 6. Tabel ini memiliki jumlah kolom sebanyak 5 dan tidak diperkenankan bagi Anda untuk mengurangi, menambahkan, dan/atau memindahkan posisinya termasuk mengubah istilah dan besar/kecilnya huruf yang digunakan di judul kolom. Bagian kolom yang terdapat di tabel ini meliputi:

Gambar 9. Contoh Tabel CSV Rekan Simple

 

  1. Name
    Isilah dengan nama perusahaan (rekan) berupa huruf saja atau gabungan angka dan tanda baca.

  2. ID
    Isilah dengan kode rekan berupa angka saja atau gabungan huruf dan tanda baca.

  3. Contact
    Isilah dengan nama penanggung jawab atau kontak persona perusahaan pelanggan ini. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  4. Phone
    Isilah dengan nomor telepon. Anda diperkenankan untuk mengosongkan isi kolom ini.

  5. Currency
    Isilah dengan kode mata uang yang terkait dengan rekan ini. Kode mata uang harus sudah dibuat sebelumnya di Zahir Accounting 6. Kode mata uang diisi maksimum 3 huruf sesuai dengan yang berlaku secara antarbangsa.
(5 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (0)
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.