Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Modul Penjualan
Invoice Penjualan
Dipos oleh Jeffry Luqman pada 03 December 2013 10:33 AM

Invoice penjualan merupakan fitur yang terdapat pada Zahir Accounting versi 6 yang digunakan untuk mencatat penjualan kepada pelanggan. Setelah kita merekam invoice penjualan ini, maka hal tersebut akan membentuk jurnal akuntansi, memperbarui stok persediaan (apabila transaksi yang bersanngkutan merupakan penjualan barang) dan juga membentuk kartu piutang (apabila transaksi yang bersangkutan merupakan transaksi penjualan kredit).

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat menginput penjualan pada Zahir Accounting Versi 6:

 

Tahap I: Masuk Menu Input Invoice Penjualan

Pada Zahir Accounting Versi 6, ada dua cara untuk masuk ke menu input invoice penjualan, yaitu langsung dari tampilan awal menu penjualan atau dari daftar invoice penjualan. Untuk cara pertama, saat kita mengarahkan cursor ke kotak invoice penjualan, maka akan muncul tiga buah tombol, yaitu tombol  untuk membuat invoice penjualan, tombol  untuk melihat daftar invoice penjualan yang sudah dibuat, serta tombol  untuk melihat petunjuk penginputan invoice penjualan. Tekan tombol  untuk masuk ke menu input invoice penjualan.

Gambar 1. Masuk menu input invoice penjualan cara pertama.

 

Untuk cara kedua, pada saat kita sedang berada di tampilan daftar invoice penjualan (yaitu setelah sebelumnya menekan kotak invoice penjualan, atau menekan tombol  dari kotak invoice penjualan) maka kita dapat langsung masuk ke menu input invoice penjualan dengan menekan tombol  dari daftar tersebut tanpa harus kembali ke menu utama penjualan kembali.

Gambar 2. Masuk menu input invoice penjualan cara kedua.

 

Tahap II: Isi Formulir Yang Telah Disediakan Sesuai Kebutuhan

Isi data-data yang diperlukan sesuai dengan petunjuk berikut ini:

Gambar 3. Formulir input invoice penjualan.

 Bagian ini wajib diisi, jika bagian ini tidak diisi maka transaksi tidak dapat di rekam

 Bagian ini dapat diisi ataupun tidak sesuai dengan kebutuhan

Keterangan:

  1. Nama Pelanggan
    Pilih data pelanggan dengan menekan tombolatau meletakan kursor ke kotak isian nama pelanggan dan menekan salah satu tombol pada papan ketik atau dengan mendoble klik kotak isian tersebut.

  2. Nomor Referensi
    Nomor referensi penjualan akan otomatis terisi sesuai dengan nomor urut terakhir, kita bisa menggunakan nomor tersebut sebagai nomor referensi penjualan yang bersangkutan atau apabila kita memiliki nomor referensi transaksi sendiri, kita bisa menggantinya sesuai dengan kebutuhan. Nomor referensi tidak boleh kosong.

  3. Nomor Order Penjualan
    Jika memiliki modul order penjualan (Sales Order), maka apabila sebelumnya kita sudah membuat order penjualan dari pelanggan yang bersangkutan,  kita cukup memilih nomor order penjualan yang bersangkutan sehingga seluruh item penjualan akan terisi secara otomatis sesuai dengan order penjualan yang bersangkutan. 
  4. Tanggal
    Setelan awal tanggal transaksi mengacu ke tanggal hari ini dari sistem operasi yang digunakan, ganti tanggalnya sesuai dengan kebutuhan.

  5. Gudang
    Setelan awal gudang mengacu ke gudang Head Quarter, jika memiliki modul multi warehouse, kita dapat memilih gudang dari transaksi yang bersangkutan dengan menekan tombol sesuai dengan kebutuhan.

  6. Keterangan
    Keterangan akan otomatis terisi penjualan, nama pelanggan yang bersangkutan, kita dapat menggantinya sesuai kebutuhan.

  7. Proyek
    Jika memiliki modul proyek, kita dapat memilih proyek dari transaksi yang bersangkutan dengan menekan tombol sesuai dengan kebutuhan.

  8. Departemen
    Setelan awal departemen mengacu ke departemen Head Quarter, jika memiliki modul departemen, kita dapat memilih departemen dari transaksi yang bersangkutan dengan menekan tombol sesuai dengan kebutuhan.
  9. Mata Uang
    Mata uang akan terisi sesuai dengan mata uang pelanggan yang bersangkutan, jika pelanggan yang bersangkutan menggunakan mata uang asing, maka kita dapat menentukan nilai kurs dari transaksi yang bersangkutan sesuai dengan kebutuhan.

  10. Jasa
    Kotak jasa hanya muncul apabila Zahir yang digunakan memiliki modul barang dan juga modul jasa. Pemberian tanda  pada kotak jasa hanya dilakukan apabila order penjualan yang bersangkutan tidak melibatkan barang persediaan sehingga pada pilihan item transaksi (poin 13) yang muncul adalah kode akun (bukan kode barang).

  11. Tunai
    Beri tanda  pada kotak tunai apabila transaksi yang bersangkutan merupakan penjualan tunai, jika transaksi yang bersangkutan merupakan penjualan kredit, maka jangan beri tanda  pada kotak tunai sebab jika kotak tersebut diberi tanda  maka kartu piutang tidak akan terbentuk.

  12. Tanda  (Beralih)
    Tanda  merupakan tombol untuk mengalihkan kolom terakhir dari item transaksi (poin nomor 19) menjadi departemen atau proyek.

  13. Kode Barang
    Pilih kode barang dengan meletakan kursor ke kotak isian kode barang dan menekan salah satu tombol pada papan ketik atau dengan mendobleklik kotak isian tersebut. Kode barang tidak boleh kosong.

  14. Jumlah
    Isi jumlah barang sesuai dengan kebutuhan. Jumlah barang tidak boleh kosong.

  15. Satuan
    Setelan awal satuan mengacu sesuai dengan satuan dasar barang yang dipilih. Jika memiliki modul multi satuan, kita dapat memilih satuan turunan dari satuan dasar yang bersangkutan.

  16. Harga
    Isi harga sesuai dengan kebutuhan. Harga tidak boleh kosong. Jika harga lebih rendah dari harga pokok, program akan memberi peringatan bahwa harga jual dibawah harga pokok.

  17. Diskon
    Diskon dapat diisi dalam nilai pesentase diskon dari item barang yang bersangkutan sesuai dengan kebutuhan.

  18. Pajak
    Jika item transaksi yang bersangkutan dikenai pajak, pilih pajak dari item transaksi yang bersangkutan dengan meletakan kursor ke kotak isian pajak dan menekan salah satu tombol pada papan ketik atau dengan mendoble klik kotak isian tersebut.

  19. Proyek / Departemen
    Jika proyek / departemen pada kepala transaksi diisi (poin 7 dan 8), maka proyek / departemen pada item transaksi akan terisi secara otomatis mengacu sesuai dengan proyek / departemen yang dipilih pada kepala transaksi. Kita dapat merubahnya sesuai dengan kebutuhan. Tekan tanda  (pada poin 10) untuk beralih dari kolom proyek ke departemen atau sebaliknya.

  20. Biaya-biaya Lain
    Tab biaya-biaya lain hanya dapat dimunculkan apabila Zahir yang digunakan memiliki modul multi biaya kirim. Kita dapat memilih lebih dari satu biaya pada tab multi pajak ini.

  21. Multi Pajak
    Tab multi pajak hanya dapat dimunculkan apabila Zahir yang digunakan memiliki modul multi pajak. Kita dapat memilih lebih dari satu pajak pada tab multi pajak ini.

  22. Multi Diskon
    Tab multi diskon hanya dapat dimunculkan apabila Zahir yang digunakan memiliki modul multi diskon. Kita dapat menerapkan diskon bertingkat dalam transaksi dengan tab multi diskon ini.

  23. Informasi Pengiriman
    Tab status pengiriman hanya dapat dimunculkan apabila Zahir yang digunakan memiliki modul Delivery Notes. Kita dapat menambahkan catatan atas pengiriman barang yang bersangkutan mengenai nomor paket pengiriman, dimensi paket, berat kotor, berat bersih, jumlah dan bentuk paket serta informasi lainnnya menyangkut pengiriman barang yang bersangkutan. Informasi pengiriman ini hanya bersifat administratif saja.

  24. Status Pengiriman
    Tab status pengiriman hanya dapat dimunculkan apabila Zahir yang digunakan memiliki modul Delivery Status. Kita dapat menambahkan catatan mengenai kondisi barang yang dikirim untuk masing-masing item barang yang dikirim pada tab status pengiriman ini. Status pengiriman ini hanya bersifat administratif saja.

  25. Nomor dan Tanggal Dokumen
    Nomor dan tanggal dokumen dapat diisi sesuai kebutuhan. Nomor dan tanggal dokumen ini hanya bersifat administratif saja.

  26. Salesman
    Pilih nama salesman sesuai dengan kebutuhan. Kita dapat mengaturnya agar transaksi tidak dapat di rekam apabila nama salesman tidak diisi dari menu Setting > Setup Program > Transaksi Penjualan > beri tanda  pada pilihan "Beri Peringatan Jika User Tidak Mengisi Nama Salesman" > Rekam.

  27. Hapus baris
    Tombol  hanya ditekan jika kita ingin menghapus salah satu baris dari item transaksi yang bersangkutan. Kita juga bisa menghapus baris dari item yang bersangkutan dengan mengklik kanan > Hapus Item pada baris item yang bersangkutan.

  28. Transaksi Berulang
    Tombol  digunakan untuk merekam transaksi yang bersangkutan agar apabila ada transaksi yang rinciannya sama, kita cukup menekan tombol  untuk memilih transaksi yang sama sehingga seluruh item transaksi akan terisi secara otomatis sesuai dengan transaksi yang direkam ulang.

  29. Stock List
    Tombol  digunakan agar pada saat input transaksi daftar barang terus terbuka sehingga kita dapat langsung memilihnya sesuai kebutuhan.

  30. Nilai Transaksi
    Nilai transaksi akan terisi secara otomatis.

  31. Cetak
    Beri tanda  pada kotak cetak jika kita ingin langsung mencetak bukti transaksi atau faktur penjualan yang bersangkutan ketika transaksi yang bersangkutan di rekam.

  32. Proses
    Tombol  digunakan untuk membatalkan transaksi yang sedang diinput.
    Tombol  digunakan untuk merekam transaksi yang sedang diinput sebagai draft sehingga belum memperbarui stok persediaan (jika transaksi yang bersangkutan merupakan penjualan barang), belum membentuk piutang (jika transaksi yang bersangkutan merupakan penjualan kredit) serta belum terbentuk jurnal akuntansi.
    Tekan tombol  untuk merekam transaksi yang bersangkutan.

 

Tahap III: Cetak Bukti Transaksi

Apabila kita memberi tanda  pada kotak cetak saat input transaksi, maka setelah kita menekan tombol  akan muncul pilihan bukti transaksi yang akan di cetak. Pilih bukti transaksi yang mana yang akan di cetak atau kita juga bisa mendesainnya kembali dengan menekan tombol Desain.

Gambar 4. Pilihan cetak bukti transaksi

 

Gambar 5. Preview cetak bukti transaksi

 

Tahap IV: Daftar Transaksi Penjualan

Kita dapat melakukan berbagai tindakan dari invoice penjualan yang sudah kita buat dari daftar penjualan. Untuk masuk ke daftar penjualan, kita dapat menekan tombol  pada kotak invoice penjualan atau bisa juga dengan menekan kotak invoice penjualan tersebut.

Gambar 6. Masuk daftar invoice penjualan

 

Berikut ini daftar invoice penjualan yang dimaksud:

Gambar 7. Daftar invoice penjualan

Keterangan:

  1. Kepala Judul
    Kita dapat mengurutkan daftar transaksi yang muncul dengan mengklik kepala judul dari kolom yang ingin kita urutkan.

  2. Kotak Pencarian
    Kita dapat melakukan pencarian dengan mengisi sebagian karakter (huruf atau angka) dari nomor referensi atau nama pelanggan yang ingin kita cari pada kotak  sehingga item yang muncul pada daftar hanya transaksi yang mengandung karakter yang kita ketik tersebut.

  3. Opsi data
    Tombol  digunakan untuk merubah tampilan kolom pelanggan menjadi kolom proyek dan sebaliknya.
    Tombol  digunakan untuk menghilangkan tampilan grafik atau memunculkan tampilan grafik.
    Tombol  digunakan untuk melihat nilai dalam mata uang sebenarnya atau dalam mata uang dasar.
    Tombol  digunakan untuk memperbarui daftar penjualan.
    Tombol  digunakan untuk menyaring daftar penjualan mengenai kelompok pelanggan mana yang akan dimunculkan dalam daftar atau transaksi penjualan dari tanggal berapa sampai tanggal berapa yang akan dimunculkan dalam daftar.

  4. Tanda  (Centang)
    Tanda  menandakan bahwa transaksi penjualan yang bersangkutan telah diposting atau telah dibukukan (tidak direkam sebagai draft) sehingga telah terbentuk jurnal akuntansi, telah memperbarui stok persediaan (jika transaksi yang bersangkutan merupakan penjualan barang), dan telah membentuk kartu piutang (jika transaksi yang bersangkutan merupakan penjualan kredit).
  5. Opsi Grafik
    Tombol  digunakan untuk menampilkan grafik termasuk penjualan yang belum diposting atau hanya menampilkan penjualan yang sudah diposting saja.
    Tombol  digunakan untuk menampilkan grafik penjualan berdasarkan tanggal atau berdasarkan pelanggan atau berdasarkan salesman.
    Tombol  digunakan untuk memperbesar tampilan grafik ke ukuran maksimal atau mengembalikannya ke ukuran semula.

  6. Tindakan
    Tombol  digunakan untuk masuk kembali ke menu input penjualan, sama seperti tombol  pada tampilan awal menu penjualan.
    Tombol  digunakan untuk menghapus penjualan yang kita pilih, sama seperti dengan mengklik kanan > Hapus pada baris penjualan yang bersangkutan.
    Tombol  digunakan untuk membatalkan posting transaksi penjualan yang kita pilih, sama seperti dengan mengklik kanan > Unpost pada baris penjualan yang bersangkutan.

  7. Review
    Tombol  digunakan untuk melihat kembali perincian penginputan penjualan yang kita pilih, sama seperti dengan mengklik kanan > Perincian pada baris penjualan yang bersangkutan.
    Tombol  digunakan untuk mencetak penjualan yang kita pilih, sama seperti dengan mengklik kanan > Cetak pada baris penjualan yang bersangkutan.
    Tombol  digunakan untuk menutup tampilan daftar penjualan.

 

Tahap V: Laporan Yang Terbarui

Berikut ini laporan penjualan yang terbarui dari transaksi penjualan yang bersangkutan.

Gambar 8. Laporan Penjualan - Rangkuman

  Bagian ini merupakan transaksi penjualan yang bersangkutan

 

Berikut ini jurnal yang terbentuk dari transaksi penjualan yang bersangkutan yang akan memperbarui nilai masing-masing akun pada laporan keuangan.

Gambar 9. Jurnal yang terbentuk atas penjualan barang secara kredit

  Bagian ini merupakan transaksi penjualan yang bersangkutan

 

Berikut ini laporan kartu piutang yang terbarui dari transaksi penjualan yang bersangkutan.

Gambar 10. Laporan Kartu Piutang - Mata Uang Dasar

  Bagian ini merupakan transaksi penjualan yang bersangkutan

 

Berikut ini laporan kartu piutang yang terbarui dari transaksi penjualan yang bersangkutan.

Gambar 10. Laporan Kartu Piutang - Mata Uang Dasar

  Bagian ini merupakan transaksi penjualan yang bersangkutan

 

Demikian panduan dasar penginputan penjualan pada Zahir Accounting Versi 6 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

(8 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (34)
irma juwita safitri
19 April 2016 09:40 AM
saya ingin bertanya ,.apabila sudah di input penjualan,tpi pas laporan mutasi nya tidak ada ,.padalah sudah ceklis dan terposting,.itu kenapa ya ?? mohon penjelasany ,.trim's
pauji
19 April 2016 10:57 AM
Yth. Ibu Irma Juwita Safitri

1. silakan Ibu periksa jurnal transaksinya (klik kanan pilih jurnal voucher) pada transaksi tersebut
2. Apabila transaksi tersebut adalah penjualan barang, periksa pada laporan barang > kartu stock umum > pilih barang dan tanggal transaksinya sesuai dengan transaksi tersebut

demikian, terimakasih.
Amelia Sholeha
10 May 2016 09:56 AM
Assalamu'alaikum
Saya ingin bertanya, bagaimana cara input invoice dengan 2 pajak yaitu ada PPN dan PPh nya?Misal nilai upahnya 100.000 fee nya 10% 10.000. jadi PPNnya 11.000 dan PPh 23 2% dari fee yaitu 200.
Jadi jurnalnya :
Piutang Usaha 120.800
PPh 23 200
Pendapatan 110.000
PPN 11.000
bagaimana cara mennginput invoice tsb?
Terima kasih
pauji
10 May 2016 01:36 PM
Wa'alaikum salam Ibu Amelia Sholeha

Transaksi tersebut dapat diinput apabila program Zahir Accounting Ibu memiliki modul multi pajak, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Setting > Setup Program > Setelan Transaksi > Penjualan dan Pembelian > Ceklist pada pilihan "Menggunakan Multi Pajak"
2. Buat data pajak baru pada Menu Data-data > Data Pajak > buat data pajak baru "PPH 23" isi persentasenya = 2 dan ceklist "Mengurangi HPP" kemudian rekam
3. Pada saat membuat invoice:

- pada baris pertama pilih kode akun "pendapatan" isi Harganya = 100.000 kemudian pilih pajak PPN nya/VAT
- pada baris kedua pilih kode akun "pendapatan" isi Harganya = 10.000 kemudian pilih pajak PPN nya/VAT dan pajak PPH 23 nya

demikian, terimakasih.
mas andi muhammad reformasi
16 June 2016 03:20 AM
Asalamualaikum
Mau tanya.....???
1.Bagaimana caranya membuat faktur pajak untuk uang muka penjualan
2, bagaimana seting tampilan faktur penjualan seperti yang di kehendaki perusahaan.
Terimah kasih...
Salam
Firman
17 June 2016 09:46 AM
Waalaikumussalam,

1. Saat ini fasilitas uang muka penjualan di Zahir Accounting 6 belum dapat dikenakan pajak.
2. Untuk desain faktur penjualan, bisa gunakan fasilitas FastReport di Zahir Accounting 6 dengan cara pergi ke daftar transaksi penjualan, klik tombol cetak, klik tombol desain. Bapak juga bisa menggunakan layanan desain faktur ke bagian CS dengan dikenakan biaya tertentu.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai desain faktur, silakan hubung kami melalui email: design@zahir.info

Terima kasih.
Dio Angga Novandi
01 August 2016 04:13 PM
Mau tanya cara untuk mengubah font faktur penjualan agar support ke printer dot matrix epson LX 310 bagaimana ya? karena font yg dicari tidak ada di dalam zahir accounting 6.
pauji
02 August 2016 08:59 AM
Yth, Bapak Dio Angga Novandi

Pada daftar data invoice penjualan pilih salah satu transaksi penjualan kemudian pilih cetak, pilih format faktur yang ingin didesain kemudian pilih desain, klik pada kotak variable yang ingin diubah jenis hurufnya, misalkan klik pada "Nomor Inv" kemudian pilih jenis huruf yang diinginkan pada bagian pojok kiri atas. Untuk font yang tidak tersedia mohon menginformasikan nama fontnya, terima kasih.
Dio Angga Novandi
02 August 2016 01:51 PM
Terimakasih jawabannya, font yang tidak tersedia Roman & San Serif, tks
pauji
03 August 2016 11:20 AM
Yth, Bapak Dio Angga Novandi

untuk pilihan jenis huruf pada saat desain di program Zahir Accounting mengikuti jenis huruf yang ada di windows, periksa font yang dimaksud pada windows di Control Panel > fonts, apabila jenis huruf yang dimaksud belum tersedia bisa ditambahkan terlebih dahulu. Terima kasih.
agus
04 August 2016 08:37 AM
selamat pagi
saya mau tanya,
1. saya sudah input di invoice penjualan dan sudah diposting ada tanda centang, dirincian piutang usaha juga sudah nol, namun di mutasi piutang masih ada nilai yang muncul
2. untuk saldo akun harta dan akumulasi penyusutan apakah langsung diinput di saldo awal atau kita input di harta
terimakasih
pauji
05 August 2016 07:59 AM
Yth. Bapak Agus

1. Untuk hal tersebut harus kami analisis terlebih dahulu, untuk bantuan lebih lanjut silakan menghubungi customer support kami di 021-7197766
2. Untuk aktiva yang dibeli sebelum periode saldo awal akun, isi nilai aktiva dan akumulasi di saldo awal akunnya (setting > saldo awal > saldo awal akun), serta input juga rincian data harta tetapnya pada menu data-data > daftar harta tetap
Muhammad Ali Imron
05 August 2016 08:44 PM
Selamat Malam
Maaf saya ingin bertanya,Saya adalah pengguna baru Zahir jadi saya masih sedikit bingung bagaimana cara menggunakannya.

Saya sedang mengerjakan perusahaan jasa dan ingin menginput pada Invoice Penjualan. Namun dalam tampilan Invoice Penjualan tersebut tidak terdapat kotak opsi JASA yang dapat di ceklis/dipilih dan hanya terdapat opsi DO dan TUNAI, Bagaimanakah cara merubah opsi tersebut menjadi JASA agar saya dapat mengerjakan perusahaan jasa?

Terima Kasih
Agus Juanda
08 August 2016 08:19 AM
Untuk ceklist jasa yang ada pada transaksi penjualan maupun penjualan hanya ada pada paket program zahir yang memiliki modul jasa. Bapak dapat mengecek apakah modul jasa tersebut termasuk pada paket zahir bapak atau tidak melalui menu Petunjuk > Lihat Daftar Fasilitas yang Tersedia > kemudian cek pada fasilitas standar (A.1) apakah sudah terceklist atau belum. Jika pada modul jasa tersebut tidak/belum tersceklist maka bapak dapat menambahkan modul tersebut dengan menghubungi marketing kami.
dina anggraeni
29 December 2016 03:06 PM
selamat siang,
saya mengalami masalah yg sama dengan Bpk M. Ali Imron, sudah saya cek di petunjuk dan A.1 sudah terceklis, tetapi pada invoice belum berubah... mash tetap DO dan TUNAI tidak ada opsi JASA. mohon bantuannya.
terimakasih
Agus Juanda
03 January 2017 08:17 AM
Kemungkinan pada paket zahir yang ibu dina miliki belum terdapat fasilitas Inventory. Karena opsi jasa pada tampilan invoice hanya ada jika ibu memiliki fasilitas Inventory dan Jasa, sehingga saat penginputan ibu dapat memilih apakah transaksi jasa atau bukan jasa (inventory). Jika ibu dina hanya memiliki transaksi Jasa, maka opsi Jasa pada penginputan invoice kami tiadakan, karena transaksi tersebut sudah otomatis transaksi jasa.
dina anggraeni
03 January 2017 02:49 PM
jika memang sudah transaksi jasa, kenapa jika ingin buat dan cetak invoice itu ada Pcs, item barang dll yg berhubungan dgn penjualan barang, ??????
terimakasih.
Agus Juanda
04 January 2017 09:08 AM
Karena pada zahir terdapat settingan untuk transaksi jasa dapat menggunakan satuan. Mengenai hasil cetak terdapat item barang, memang benar pada zahir default template hasil cetak nya mengacu pada transaksi yang berkaitan dengan inventory. Namun untuk hal tersebut dapat ibu desain untuk template item barang menjadi deskripsi pesanan
dina anggraeni
04 January 2017 02:53 PM
jadi saya harus merubah di settingan ya pak agar pada pembuatan invoice tdk ada kata "pesanan barang" dan "jumlah pesanan"?? caranya merubahnya gimana pak?? dan bagaimana caranya agar opsi jasa minta dimunculkan??terimakasih
Hendra
16 August 2016 04:44 PM
Apa bedanya menu "Pengiriman Barang" dan menu "Invoice Penjualan"? Bukankah di Zahir 5.1 cuma ada satu menu?
pauji
16 August 2016 05:54 PM
Yth. Bapak Hendra

pada Zahir Accounting 6 terdapat fitur baru yaitu delivery order dimana barang yang masih dalam perjalan dapat diinput di pengiriman barang (DO) dan untuk invoicingnya diinput pada invoicing penjualan dengan menarik DO yang telah dibuat sebelumnya pada menu pengiriman barang.
Tiara
25 July 2017 08:57 PM
bisakah saat ada penjualan tidak melalui "pengiriman barang" dulu tapi langsung ke"invoice penjualan",,,??
Firman
26 July 2017 01:37 PM
Hai Ibu Tiara. Tentu bisa. Apabila Ibu sudah memasukkan transaksi Pesanan Penjualan, Ibu bisa langsung menariknya ke Invois Penjualan. :)
tia
16 September 2016 10:24 AM
Selamat Siang,
saya mau tanya saat saya menginput pembayaran piutang itu tidak berhasil terus dan selalu muncul tampilan bahwa tidak bisa input itu bagaimana ya ? saat membuat transfer barang dan diklik rekam muncul transaksi barang tidak balance dengan selisih itu cara mengatasi nya bagaimana ya? karena sebelum nya itu bisa.. mohon untuk dapat di jelaskan ya. terima kasih
Agus Juanda
16 September 2016 01:40 PM
mohon maaf ibu tia, bisa informasikan pesan lengkap yang muncul saat pembayaran piutang tersebut...?
Ria
18 November 2016 02:41 PM
Sel, Siang, mau tnya. Saya mau input pph 23, sudah ngikutin petunjuk di atas, tetapi di aplikasi setting pembelian dan penjualannya tidak ada pilihan "menggunakan Multi pajak".
Mohon penjelasannya
Agus Juanda
21 November 2016 09:19 AM
Jika pada modul penjualan maupun pembelian tidak terdapat tab multi pajak, bisa terjadi karena 2 kemungkinan.
1. Tidak memiliki modul multi pajak. Coba cek pada menu petunjuk > pilih Lihat Daftar Fasilitas yang Tersedia > Jika fasilitas Multi Tax tidak terceklist, maka berarti pada program zahir yang digunakan memang belum memiliki modul tersebut.
2. Sudah memiliki modul Multi Tax namun belum disetting. Jika anda sudah memiliki modul multi pajak, setting program zahir ibu pada menu Setting > Setup Program > Penjualan dan Pembelian > pastikan pada pilihan Menggunakan Multi Pajak sudah ibu ceklist.
ANTONY
24 December 2016 06:39 AM
selamat pagi, admin.

saya pakai zahir 6 std edition + berbagai modul tambahan yg saya beli di pameran indocomtech 2016.

kenapa saya tidak bisa cetak faktur penjualan dan surat jalan 1/2 halaman continous form ?

saya sudah ubah page setting ke ukuran kertas yg sesuai, tetapi tampilan nya malah amburadul tidak berarturan dan ada tulisan2 yg hilang. tolong solusi nya. thanks.
Agus Juanda
03 January 2017 08:25 AM
Pada program zahir accounting 5 maupun 6 memang belum terdapat default invoice setengah halaman. Namun bapak dapat menghubungi customer support kami untuk dibantu mendapatkan settingan invoice setengah halaman tersebut.
andre
13 February 2017 05:16 PM
selamat sore saya pakai accouting 6...saya mau menanyakan menu/ tombol untuk memasukan PO dari customer dimana yah? saya masih bingung..dan melihat laporan komisi sales ..? terima kasih
Ainun Herdanta
24 February 2017 06:46 PM
selamat sore, saya mau bertanya saya input invoice penjualan pada perusahaan jasa, tapi kenapa di mutasinya yang ada hanya kredit tapi debit nya tidak ada, padahal saya sudah input itu kenapa ya, mohon bantuannya? terimakasih
Agus Juanda
13 March 2017 08:16 AM
Untuk mengecek jurnal yang terbentuk, coba ibu ainun masuk ke daftar transaksi penjualan kemudian pilih transaksi yang ibu maksud. Selanjutnya klik kanan transaksi tersebut kemudian pilih jurnal voucher. Pastikan jurnal yang terbentuk pada tampilan tersebut sudah terbentuk untuk debit dan kreditnya
DEWI WULANDARI
27 February 2017 11:19 AM
siang,saya mau tanya kenapa setiap mau bikin faktur penjualan no invoice tidak urut(harus ketik manual),mohon bantuan nya.bagaimana cara nya biar no urut invoice otomatis.terima kasih
Agus Juanda
28 February 2017 04:45 PM
Untuk solusi atas masalah tersebut silahkan kunjungi link berikut ini : http://zahir.info/index.php?/Knowledgebase/Article/View/367/0/bagaimana-memunculkan-nomor-referensi-yang-tidak-muncul-secara-otomatis
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.