Knowledgebase: Impor Data Master
Impor Data dari File Lainnya (Tabel CSV)
Dipos oleh Firman Ilkha pada 01 December 2013 07:24 PM

Fasilitas impor data dari file lainnya memudahkan Anda mengimpor data master yang telah Anda siapkan di media lain. Format yang kompatibel untuk impor ini yaitu Excel CSV dengan kolom berdasarkan contoh tabel CSV yang disiapkan program Zahir Accounting di C:\Program Files\Zahir...\Contoh Tabel CSV. Adapun data master yang dapat Anda impor yaitu Daftar Akun (Chart of Account/ COA), Data Barang, Data Karyawan, Data Pelanggan, dan Data Pemasok.

Berikut ini tahapan untuk mengimpor data master

Tahap 1: Siapkan Tabel CSV yang telah diberikan lokasi
Anda harus menyiapkan data master berdasarkan kolom yang sudah dibakukan untuk program Zahir Accounting. Anda tidak diperkenankan mengubah, menambah, mengurangi bagian kolom yang ada termasuk mengubah istilah-istilah setiap kolom. Anda hanya diperkenankan menghapus isi contoh tabel CSV dan menggantinya dengan isi data master Anda dan juga mengubah nama file CSV menjadi nama file yang dapat Anda ingat.

Untuk mengetahui penjelasan dari setiap contoh tabel CSV, silakan klik di sini.

Tahap 2: Buka Fasilitas Impor
Buka data keuang Zahir lalu klik menu File > Impor > Impor Data dari File Lainnya. Sistem akan memunculkan informasi dasar. Klik Lanjutkan untuk melanjutkan ke jendela berikutnya.


Gambar 1. Buka Fasilitas Impor Data dari File Lainnya

 


Gambar 2. Informasi Awal Sebelum Impor

 

Tahap 3: Pilih Bagian Data Yang Akan Diimpor
Anda hanya dapat mengimpor data master satu per satu bagian sampai dengan berhasil misalnya Daftar Akun terlebih dahulu kemudian Data Pelanggan dst.


Gambar 3. Pilih Salah Satu Bagian Data Yang Akan Diimpor

 Bagian ini wajib diisi di awal

 

Tahap 4: Cari dan pilih CSV Yang Akan Diimpor

Khusus untuk impor data produk tentukan metode harga pokok yang digunakan. Jika Anda memiliki kelompok barang, Anda harus menetapkan akun-akun penting berdasarkan kelompoknya yang akan digunakan dalam transaksi terkait dengan produk itu. Anda juga harus membuat tabel CSV Data Barang setiap kelompoknya masing-masing. Jika ada 2 kelompok barang, berarti Anda harus membuat tabel CSV Data Barang Complete dibagi menjadi 2 file setiap kelompok. Jika Anda mengimpor data barang, pastikan daftar akun sudah ada di program Zahir. Jika Anda hendak mengimpor data akun, pastikan kode akun yang akan diimpor belum ada di daftar rekening Zahir Accounting 6. Berikut ini contoh impor data pelanggan lengkap. Klik tombol  untuk memilih data table CSV yang akan diimpor.


Gambar 4. Pilih File CSV

 


Gambar 5. File CSV yang telah dipilih

 

Tahap 5: Konfirmasi Final
Klik Proses untuk memproses pengimporan


Gambar 6. Konfirmasi Final



Tahap 6: Lihat Daftar
Setelah Anda memproses impor dan berhasil, semua bagian yang Anda impor harus sudah masuk ke program Zahir.


Gambar 7. Daftar Pelanggan Hasil Impor

(5 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.