Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Data Harta Tetap
Input Data Harta Tetap
Dipos oleh Firman Ilkha pada 01 December 2013 03:02 PM

Data Harta Tetap memungkinkan Anda menginventarisasi peralatan kantor termasuk semua Harta Tetap Berwujud dan Tidak Berwujud serta mengelolanya. Sistem secara otomatis membuat jurnal penyusutan (depresiasi atau amortisasi) setiap kali Anda menutup buku akhir bulan dan memilih opsi buat jurnal depresiasi jika harta tetap yang dimaksud sudah masuk dalam masa untuk disusutkan.

(Perhatikan! Anda harus membuat terlebih dahulu transaksi pembelian harta tetap di moduk Kas & Bank > Kas Keluar jika pembelian ini tunai. Apabila pembelian harta tetap secara tidak tunai/ menimbulkan utang usaha, silakan buat transaksi pembelian di modul Pembelian. Apabila harta tetap yang dimaksud telah dibeli sebelum periode akuntansi yang ditetapkan di Zahir Accounting, silakan akui sebagai saldo awal akun terlebih dahulu.)

Berikut ini tahapan yang harus Anda lalui untuk membuat data harta tetap.

Tahap 1: Buka Data Harta Tetap
Klik menu Data Harta Tetap di modul Data-data kemudian klik tombol Tambah untuk membuat baru atau menambah data.


Gambar 1. Menu Utama klik Menu Data Harta Tetap

 

Tahap 2: Isikan field data Harta Tetap
Isikan field informasi harta tetap yang akan Anda buat. Anda disarankan untuk membuat Kelompok Harta Tetap terlebih dahulu. Kelompok ini dapat dibuat pada saat membuat Data Harta Tetap dengan mengeklik menu Kelompok atau dari modul Data-Data > Data Lainnya > Kelompok Harta Tetap.


Gambar 2. Input Data Harta Tetap

 Bagian ini wajib diisi di awal       Bagian ini dapat diabaikan atau ditangguhkan

 


Gambar 3. Membuat Kelompok Harta Tetap

 Bagian ini wajib diisi di awal       Bagian ini dapat diabaikan atau ditangguhkan

 


Gambar 4. Kelompok Aktiva

 

  1. Nama
    Isikan dengan nama harta tetap yang lebih spesifik misalnya mobil Toyota, laptop Acer, dsb.

  2. No.#
    Isilah dengan nomor urut harta tetap sesuai dengan keperluan Anda. Field ini hanya sekadar catatan dan tidak wajib diisi.

  3. Kelompok
    Di formulir pengisian harta tetap terdapat field kelompok yang harus Anda klik untuk menampilkan daftar kelompok harta tetap. Buat kelompok baru sebagai acuan penyeragaman berbagai jenis harta tetap ke dalam satu kelompok yang sama misalnya komputer masuk ke kelompok Peralatan. Anda dapat juga membuat kelompok ini dari modul Data-data > Data Lainnya > Kelompok Harta Tetap.

    Perhatikan! Karena kelompok ini menjadi acuan bagi informasi yang terdapat pada harta tetap itu sendiri, pastikan informasi metode penyusutan, informasi umur ekonomis, informasi kapan disusutkan, dan informasi akun harus sama antara harta tetap dan kelompoknya. Perbedaan yang terjadi akibat pengguna yang mengubah informasi di kelompoknya akan berdampak pada perbedaan nilai di Laporan Harta Tetap.

    • Kelompok
      Isilah dengan nama kelompok harta tetap Anda misalnya Kendaraan, Peralatan, Gedung, dsb

    • Metode Penyusutan
      Klik tombol ini untuk menguraikan metode yang tersedia secara umum. Pilihlah salah satu metode yang hendak Anda gunakan, misalnya metode penyusutan Garis Lurus. Dengan memilih metode ini, berarti harta tetap yang masuk kelompok ini akan menggunakan penyusutan berdasarkan metode Garus Lurus. 

    • Tabel Penyusutan
      Field ini akan aktif jika Anda memilih metode penyusutan "Dari Tabel Penyusutan". Metode ini berbeda dengan metode penyusutan garis lurus, saldo menurun, dan jumlah angka tahun. Penyusutan dari tabel penyusutan menggunakan rumus MACRS dengan periode tertentu dan setiap tahunnya menggunakan faktor pengali. Untuk melihat tabel penyusutan ini silakan klik modul Data-data > Data Lainnya > Tabel Penyusutan. Sistem sudah membuat tabel secara umum namun Anda tetap dapat mengubahnya jika ada yang perlu ditambah atau dikurangi.

    • Umur Ekonomis
      Umur ekonomis yang diistilahkan juga sebagai masa manfaat adalah taksiran umur suatu harta tetap yang ditinjau dari hasil atau keuntungan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ekonomis. Masukkan angka umur ekonomis dalam hitungan tahun misalnya 5 tahun, 8 tahun, dsb.

    • Tanggal perolehan di atas tanggal 15 akan dibebankan pada bulan berikutnya
      Jika Anda menandakan opsi ini, berarti semua harta tetap yang masuk kelompok ini dan dibeli di atas tanggal 15 akan disusutkan pada bulan selanjutnya.

    • Keterangan
      Ketiklah informasi tambahan yang relevan dengan kelompok ini. Bagian ini tidak harus diisi.

    • Kode Akun
      Klik tombol setiap field untuk menetapkan akun yang tepat yang akan digunakan oleh sistem dalam membuat jurnal penyusutan. Pilih akun-akun yang sesuai dengan kelompoknya. Jika kelompok yang Anda buat adalah Kendaraan, berarti:

      • Asset (Harta) diisi dengan akun Kendaraan (klasifikasi akun harta)
      • Akumulasi Depresiasi diisi dengan akun Akumulasi Penyusutan Kendaraan (klasifikasi akun harta)
      • Depresiasi diisi dengan akun Beban Penyusutan Kendaraan (klasifikasi akun beban)

    • Selanjutnya klik Baru untuk menyimpan data dan menginput lagi kelompok baru atau klik Rekam untuk menyimpan data dan menampilkan daftar kelompok harta tetap. Klik OK untuk kembali ke formulir pengisian data harta tetap.

  4. Tanggal Beli
    Klik kalender untuk memilih tanggal, bulan, dan tahun pembelian harta tetap. Tanggal beli ini mengacu pada tanggal invoice pembelian atau tanggal ketika harta tetap Anda peroleh.

  5. Harga Beli
    Isilah dengan harga pembelian harta tetap sesuai dengan yang tercantum di faktur pembelian dan tidak termasuk nilai lain seperti pajak, diskon final, dan biaya. Nominal yang diisi tanpa pemisah ribuan.

  6. Nilai Residu
    Isilah dengan nilai sisa yang Anda taksir sendiri. Nilai residu ialah taksiran nilai atau potensi arus kas masuk manakala harta tetap yang dimaksud dijual ketika ada kerusakan atau penghentian (retirement) atau disposal. Jika Anda menggunakan metode penyusutan Garis Lurus, Anda tidak perlu mengisi field ini atau isikan dengan angka 0 (nol). 

  7. Umur Ekonomis
    Umur ekonomis yang diistilahkan juga sebagai masa manfaat adalah taksiran umur suatu harta tetap yang ditinjau dari hasil atau keuntungan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ekonomis. Field ini akan terisi secara otomatis mengikuti yang telah ditetapkan di dalam Kelompok Harta Tetap.

  8. Lokasi
    Isilah tempat pembelian harta tetap ini. Anda tidak diharuskan mengisi field ini karena hanya sekadar catatan dan tidak ada pengaruh terhadap penghitungan apapun di sistem.

  9. Departemen
    Klik tombol ini untuk memilih departemen yang bertanggung jawab dalam pengelolaan harta tetap ini. Dengan memilih departemen yang dituju, Anda akan bisa melihat laporan harta tetap berdasarkan departemennya.

  10. Akumulasi Beban
    Field ini akan terisi secara otomatis jika telah terjadi penyusutan. Nilai yang tampil yaitu nilai jumlah beban penyusutan secara akumulatif dari semua bulan yang telah disusutkan. Field ini juga akan terisi otomatis setelah klik Rekam atau klik Hitung jika tanggal beli harta tetap terjadi sebelum periode awal akuntansi di sistem ini.

  11. Beban per Tahun Ini
    Field ini akan terisi otomatis jika telah terjadi penyusutan yang masuk ke periode akuntansi.

  12. Terhitung Tanggal
    Proses penyusutan akan dimulai sejak tanggal beli atau sejak harta tetap digunakan.

  13. Nilai Buku
    Field ini akan terisi secara otomatis yang menampilkan nilai perolehan setelah terjadi penyusutan. Nilai buku disebut juga sebagai biaya perolehan (historical cost) yang dikurangi dengan sejumlah penyusutan yang telah dibebankan yang muncul selama umur penggunaan harta tetap bersangkutan.

  14. Beban per Bulan
    Field ini akan terisi secara otomatis setelah terjadinya penyusutan sejak kali pertamanya dan akan sama setiap bulannya atau sama dalam setahun tergantung dari metode penyusutan yang dipilih.

  15. Lengkap
    Klik tombol ini untuk menetapkan metode penyusutan dan akun-akun terkait. Jika Anda telah membuat kelompok harta tetap, field-field ini akan terisi secara otomatis dan jangan mengubahnya kecuali jika Anda juga akan mengubahnya di kolompok bersangkutan ketika harta tetap yang lain belum mengacu ke kelompok tersebut.

    Di bagian Lengkap ini Anda juga dapat menetapkan Tanggal Pensiun sebagai tanda bahwa harta tetap tidak disusutkan lagi karena telah ada penjualan, disposal, dll.

  16. Hitung
    Tombol ini akan muncul jika tanggal beli harta tetap sebelum periode awal akuntansi di sistem dan telah terdeteksi adanya penyusutan sebelum periode akuntansi. Anda harus mengeklik tombol Hitung ini agar sistem menghitungnya atau langsung klik Rekam.

  17. Revisi
    Tombol ini akan muncul jika Anda akan mengedit harta tetap. Jika dalam suatu hal Anda salah menetapkan tanggal terhitung atau tanggal beli atau lainnya, silakan klik tombol Revisi ini. Tindakan ini boleh dilakukan jika harta tetap yang dimaksud belum sekalipun disusutkan oleh sistem.

 

Tahap 3: Penyelesaian dan Lihat Daftar dan Laporan
Setelah Anda menyelesaikan mengisi segala informasi di data harta tetap ini, Anda dapat mengeklik Baru untuk menyimpan data dan membuat harta tetap lainnya atau klik Rekam untuk menyimpan data dan kembali ke modul Data-data.


Gambar 5. Daftar Harta Tetap

 

Harta tetap yang telah dibuat akan tampil di Daftar Harta Tetap di menu Data Harta Tetap dan juga di modul Laporan > Laporan Lainnya > Harta Tetap.


Gambar 6. Laporan Daftar Harta Tetap

 

(8 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (32)
ahmadjohn
15 May 2014 05:27 AM
minta project nya bsa gak ..mas????
syaiful
20 May 2014 09:13 AM
Terima kasih bapak Ahmad atas coomentnya, mohon maaf, yang dimaksud "minta projectnya" bisa di perjelas ?
Bramantio Cahyadi
17 May 2015 05:16 PM
Apakah setelah posting data harta tetap maka akan otomatis terbentuk jurnal pada aktiva tetap (seperti peralatan) dan otomatis mengurangi jumlah kas pada akun kas buku besar?
syaiful
18 May 2015 02:35 PM
Jika, Bapak sudah melakukan tutup buku bulanan dan menceklist opsi "membuat jurnal penyusutan asset", maka jurnal otomatis untuk aktiva sudah otomatis terbentuk yang bisa Bapak lihat pada daftar transaksi jurnal umum pada tanggal akhir tiap bulannya.
Lita Sukmawati
07 September 2015 04:01 PM
apakah setelah posting harta tetap di data data, harus jurnal juga di buku besar ?
Agus Juanda
07 September 2015 04:06 PM
Benar ibu, Jurnal pembelian harta tetap bisa ibu input pada modul Kas Keluar, Pembelian atau Jurnal Umum. Kemudian rincian data harta tetapnya diinput juga pada modul Data-Data > Data Harta Tetap
abdul rahman
27 October 2016 11:37 AM
tolong bagi tutorialnya dong utk aktiva tetap:
a. perolehan aktiva baru (beli tunai/kredit)
b. penghapusan aktiva (jual/buang/tukar)

karna di modul tutorial hanya dijelaskan saldo awal saja, tapi belum dijelaskan jika ada transaksi terhadap aktiva tetap
pauji
28 October 2016 02:09 PM
a. Untuk penginputan perolehan aktiva baru:

- Input jurnal pembelian aktiva pada transaksi jurnal umum
- Input data aktiva tetap yang dibeli pada Data-data > Data Harta Tetap > Baru > Input data harta tetap > Rekam

b. untuk penghapusan aktiva (jual/hilang)

- input jurnal penyesuaian aktiva yang dijual/hilang melalui transaksi jurnal umum
- untuk aktiva yang dijual/hilang, silakan membuka tutorial dalam link berikut ini:

http://www.zahir.info/index.php?/Knowledgebase/Article/View/718/0/menghentikan-penyusutan-dan-mengontrol-aktiva-tetap-yang-terjualhabis
fredi
22 September 2015 03:12 PM
maaf mau tanya,untuk input harta tetap tanah agar nilai buku sama dengan nilai perolehan bagaimana??soalnya tanah tidak punya nilai penyusutan
Agus Juanda
22 September 2015 04:01 PM
Untuk harta tetap berupa tanah, buatkan kelompok harta tetap untuk tanah dengan settingan metode penyusutannya adalah Tanpa Penyusutan. Sehingga semua asset berupa tanah tidak akan menyusut
dini
26 January 2016 03:11 PM
Kalau salah satu peralatan, kendaraan ataupun perlengkapan itu hilang/dijual/rusak apa masih tetap di daftar aktiva tetap atau di hapus ? mohon informasinya terimakasih .
Agus Juanda
27 January 2016 08:42 AM
Untuk harta tetap yang rusak atau dijual bisa ibu hapus atau dibiarkan ada di list harta tetap sebagai history. Kami menyarankan harta tetap tersebut tetap ada di list asset dengan kelompok asset terjual atau rusak. Untuk cara atau langkah-langkahnya bisa dilihat pada link berikut ini : http://www.zahir.info/index.php?/Knowledgebase/Article/View/718/237/menghentikan-penyusutan-dan-mengontrol-aktiva-tetap-yang-terjualhabis
Evi Fauziah Sari
07 February 2016 07:39 PM
Pak,
Ada kemungkinan tidak kalau menghitung penyusutan di zahir ada yg salah...

Karena kalau saya cocokan ada 2 item harta tetap yg hasil hitungannya berbeda dengan hitungan manual...

Mohon penjelasannya...
Agus Juanda
09 February 2016 10:28 AM
Ada kemungkinan ibu evi. Untuk analisa lebih lanjut silahkan mengirimkan database ibu serta rincian masalah harta tetap yang di anggap terjadi salah perhitungan ke email : datazahir@gmail.com
gilang Citra Kurniawan
08 March 2016 03:37 PM
Mohon bantuan rekan rekan, saya newbie untuk system zahir ini,

mau menanyakan masalah penyusutan aktiva tetap. ko di system saya g bisa di input y di kolom beban perbulannya.?
ada saran.
terima kasih
Agus Juanda
10 March 2016 08:13 AM
Hal tersebut karena program zahir akan menghitung dan menampilkan secara otomatis beban perbulan asset yang anda input sesuai dengan harga beli dan umur ekonomis yang anda tentukan
Awat Widuri
19 May 2016 08:24 AM
Bagaimana mengubah tanggal terhitung agar sesuai dengan tanggal yang diinginkan, karena ketika saya masukin tanggal terhitungnya tapi tidak berubah semua menjadi tanggal 1/1/1970 semua.
Mohon Bantuannya........Terima Kasih
pauji
19 May 2016 02:37 PM
Kepada Yth. Bapak/Ibu Awat Widuri

"Terhitung Tanggal" pada data aktiva akan tampil secara otomatis apabila telah terdapat penyusutan terhadap aktiva tersebut, sebagai contoh apabila periode akuntansi pada program zahir Accounting berada pada bulan Januari 2016 dan ada penginputan Aktiva yang dibeli pada tanggal 1 Januari 2016, maka setelah melakukan tutup buku akhir bulan Januari 2016 dan memilih pilihan "Hitung dan Buat Jurnal Penyusutan Asset" Untuk terhitung tanggalnya akan tampil secara otomatis 31/01/2016.
Pada contoh yang lain apabila data aktiva yang diinput "tanggal Pembeliannya" sebelum periode akuntansi (sebelum januari 2016) contoh apabila tanggal pembeliannya 1 November 2015, maka pada saat merekam data aktiva tersebut akan tampil pesan konfirmasi "Lakukan perhitungan akumulasi beban secara otomatis" dan memilih "Ya", maka secara otomatis untuk nilai beban perbulan, akumulasi penyusutan, nilai buku dan terhitung tanggalnya akan tampil secara otomatis. Terimakasih
RIDHAYANTI SALEH
28 July 2016 10:11 AM
mau nanya..
tahun 2014 data aktiva tanpa penyusutan dan di laporan aktiva tetap sdh betul tidak terhitung.
tahun 2015-2016 di kolom data-data di data harta tetap dilakukan tanpa penyusutan dan d kolom laporan untuk laporan harta tetap sistem melakukan penyusutan.
solusi di kolom Data-Data Harta Tetap dilakukan edit pada kolom Akumulasi Beban sesuai Harga Beli. tapi pada kolom Beban Per Bulan masih ada nilainya dan akan berpengaruh pd Laporan Akitva Per Bulan.
Gimana cara beban per bulan ini di nol kan ?
pauji
29 July 2016 09:19 AM
Yth. Ibu RIDHAYANTI SALEH

Untuk beban perbulan tidak dapat diisi secara manual, solusinya hapus aktiva yang dimaksud dari data-data > data harta tetap, kemudian buat baru aktiva yang sama dengan yang dihapus tersebut dengan memilih metode tanpa penyusutan.
fida
02 December 2016 10:00 AM
mau nanya..
Aktiva kendaraan terinput pada bln juni tetapi kenapa penyusutanya muncul mulai bln mei.
apakah kemungkinan terjadi error sistem / dongle pada zahir kami?
Agus Juanda
02 December 2016 01:30 PM
Dongle yang ibu miliki tidak akan mempengaruhi penyusutan aktiva. Jika ibu berkenan, silahkan kirimkan database tersebut pada email IT database kami di : data@zahir.info untuk analisa lebih lanjut
Windy Erlia
16 February 2017 02:41 PM
mohon bantuannya, saya sudah input data aktiva tetap kemudian kalau mau buat jurnal penyusutan perbulannya secara manual itu apakah di jurnal umum? kemudian untuk memunculkan hasil penyusutan tersebut di laporan analisa penyusutan harta tetap itu bagaimana? karena sudah saya input jurnal manual penyusutan di jurnal umum dan begitu di cek di laporan analisa penyusutan aktiva tetap saldo nilai bukunya masih per 31 des16. apa mesti tutup buku dulu?
Agus Juanda
22 February 2017 08:36 AM
Jika ibu windy telah memiliki modul Harta Tetap dan sudah menginput data harta tetap tersebut, maka untuk jurnal penyusutannya tidak perlu ibu input di jurnal umum, karena progra akan membuatkan jurnal penyusutannya secara otomatis ketika ibu tutup buku bulan.
sulastri
10 April 2017 03:26 PM
mohon bantuannya..
nilai penyusustan dineraca dengan daftar harta tetap tidak balance..
sedangkan nilai perolehan sudah balance
Uje
08 May 2017 10:27 AM
@Sulastri, periksa saldo awal akun, jika aktiva dibeli sebelum periode saldo awal akun dapat disebabkan karena nilai akumulasi pada daftar aktiva dengan disaldo awal akun berbeda per periode saldo awal akunnya. Terima kasih : )
andre
08 May 2017 03:09 PM
saya sudah melakukan tutup buku akhir bulan, tapi jurnal penyusutannya tidak muncul di buku besar ?
Firman
19 May 2017 03:03 PM
Tentukan akun harta tetap, beban penyusutan, atau akumulasi penyusutan yang hendak dilihat buku besarnya kemudian filter tanggal di mana transaksi penyusutan tersebut terbentuk. Periksa juga di jurnal umum dengan memfilter terlebih dahulu tanggalnya. :)
sulastri
06 June 2017 11:09 AM
saya menjual harta tetap tetapi rugi
jurnalnya
akum peny xxx
kas xxx
biaya lain xxx
kendaraan xxx

apakah otomatis menghapus penyusutannya?
apa perlu dihapus dulu aktiva tetapnya?
terimaksih
Firman
12 June 2017 09:58 AM
Hai. Untuk menghentikan harta tetap yang sudah pernah disusutkan di Zahir, buat kelompok harta tetap baru (misalnya harta tetap yang sudah dijual). Selengkapnya dapat disimak di tautan ini ya http://zahir.info/index.php?/zahirpaket/Knowledgebase/Article/View/718/0/menghentikan-penyusutan-dan-mengontrol-aktiva-tetap-yang-terjualhabis
Fran
19 June 2017 08:24 PM
Mohon bantuan infonya, jika ada perbaikan aset secara besar yang juga menambah masa manfaat atau umur ekonomisnya, bagaimana langkah jurnalnya dan apakah harta tetapnya harus juga diedit ulang ?
Firman
04 July 2017 10:33 AM
Jika ada perubahan aset misalnya adanya penambahan harga perolehan, masa manfaat, dan juga umur ekonomisnya, buat data aset baru senilai penambahannya. Sebelumnya input terlebih dahulu tambahan atas aset tersebut di penginputan transaksi. Agar lebih efektif, kami menyarankan Anda untuk konsultasi lebih perinci di support@zahir.info. Terima kasih. :)
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.