Knowledgebase
Input Data Harta Tetap
Dipos oleh Firman Ilkha pada 01 December 2013 03:02 PM

Data Harta Tetap memungkinkan Anda menginventarisasi peralatan kantor termasuk semua Harta Tetap Berwujud dan Tidak Berwujud serta mengelolanya. Sistem secara otomatis membuat jurnal penyusutan (depresiasi atau amortisasi) setiap kali Anda menutup buku akhir bulan dan memilih opsi buat jurnal depresiasi jika harta tetap yang dimaksud sudah masuk dalam masa untuk disusutkan.

(Perhatikan! Anda harus membuat terlebih dahulu transaksi pembelian harta tetap di moduk Kas & Bank > Kas Keluar jika pembelian ini tunai. Apabila pembelian harta tetap secara tidak tunai/ menimbulkan utang usaha, silakan buat transaksi pembelian di modul Pembelian. Apabila harta tetap yang dimaksud telah dibeli sebelum periode akuntansi yang ditetapkan di Zahir Accounting, silakan akui sebagai saldo awal akun terlebih dahulu.)

Berikut ini tahapan yang harus Anda lalui untuk membuat data harta tetap.

Tahap 1: Buka Data Harta Tetap
Klik menu Data Harta Tetap di modul Data-data kemudian klik tombol Tambah untuk membuat baru atau menambah data.


Gambar 1. Menu Utama klik Menu Data Harta Tetap

 

Tahap 2: Isikan field data Harta Tetap
Isikan field informasi harta tetap yang akan Anda buat. Anda disarankan untuk membuat Kelompok Harta Tetap terlebih dahulu. Kelompok ini dapat dibuat pada saat membuat Data Harta Tetap dengan mengeklik menu Kelompok atau dari modul Data-Data > Data Lainnya > Kelompok Harta Tetap.


Gambar 2. Input Data Harta Tetap

 Bagian ini wajib diisi di awal       Bagian ini dapat diabaikan atau ditangguhkan

 


Gambar 3. Membuat Kelompok Harta Tetap

 Bagian ini wajib diisi di awal       Bagian ini dapat diabaikan atau ditangguhkan

 


Gambar 4. Kelompok Aktiva

 

  1. Nama
    Isikan dengan nama harta tetap yang lebih spesifik misalnya mobil Toyota, laptop Acer, dsb.

  2. No.#
    Isilah dengan nomor urut harta tetap sesuai dengan keperluan Anda. Field ini hanya sekadar catatan dan tidak wajib diisi.

  3. Kelompok
    Di formulir pengisian harta tetap terdapat field kelompok yang harus Anda klik untuk menampilkan daftar kelompok harta tetap. Buat kelompok baru sebagai acuan penyeragaman berbagai jenis harta tetap ke dalam satu kelompok yang sama misalnya komputer masuk ke kelompok Peralatan. Anda dapat juga membuat kelompok ini dari modul Data-data > Data Lainnya > Kelompok Harta Tetap.

    Perhatikan! Karena kelompok ini menjadi acuan bagi informasi yang terdapat pada harta tetap itu sendiri, pastikan informasi metode penyusutan, informasi umur ekonomis, informasi kapan disusutkan, dan informasi akun harus sama antara harta tetap dan kelompoknya. Perbedaan yang terjadi akibat pengguna yang mengubah informasi di kelompoknya akan berdampak pada perbedaan nilai di Laporan Harta Tetap.

    • Kelompok
      Isilah dengan nama kelompok harta tetap Anda misalnya Kendaraan, Peralatan, Gedung, dsb

    • Metode Penyusutan
      Klik tombol ini untuk menguraikan metode yang tersedia secara umum. Pilihlah salah satu metode yang hendak Anda gunakan, misalnya metode penyusutan Garis Lurus. Dengan memilih metode ini, berarti harta tetap yang masuk kelompok ini akan menggunakan penyusutan berdasarkan metode Garus Lurus. 

    • Tabel Penyusutan
      Field ini akan aktif jika Anda memilih metode penyusutan "Dari Tabel Penyusutan". Metode ini berbeda dengan metode penyusutan garis lurus, saldo menurun, dan jumlah angka tahun. Penyusutan dari tabel penyusutan menggunakan rumus MACRS dengan periode tertentu dan setiap tahunnya menggunakan faktor pengali. Untuk melihat tabel penyusutan ini silakan klik modul Data-data > Data Lainnya > Tabel Penyusutan. Sistem sudah membuat tabel secara umum namun Anda tetap dapat mengubahnya jika ada yang perlu ditambah atau dikurangi.

    • Umur Ekonomis
      Umur ekonomis yang diistilahkan juga sebagai masa manfaat adalah taksiran umur suatu harta tetap yang ditinjau dari hasil atau keuntungan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ekonomis. Masukkan angka umur ekonomis dalam hitungan tahun misalnya 5 tahun, 8 tahun, dsb.

    • Tanggal perolehan di atas tanggal 15 akan dibebankan pada bulan berikutnya
      Jika Anda menandakan opsi ini, berarti semua harta tetap yang masuk kelompok ini dan dibeli di atas tanggal 15 akan disusutkan pada bulan selanjutnya.

    • Keterangan
      Ketiklah informasi tambahan yang relevan dengan kelompok ini. Bagian ini tidak harus diisi.

    • Kode Akun
      Klik tombol setiap field untuk menetapkan akun yang tepat yang akan digunakan oleh sistem dalam membuat jurnal penyusutan. Pilih akun-akun yang sesuai dengan kelompoknya. Jika kelompok yang Anda buat adalah Kendaraan, berarti:

      • Asset (Harta) diisi dengan akun Kendaraan (klasifikasi akun harta)
      • Akumulasi Depresiasi diisi dengan akun Akumulasi Penyusutan Kendaraan (klasifikasi akun harta)
      • Depresiasi diisi dengan akun Beban Penyusutan Kendaraan (klasifikasi akun beban)

    • Selanjutnya klik Baru untuk menyimpan data dan menginput lagi kelompok baru atau klik Rekam untuk menyimpan data dan menampilkan daftar kelompok harta tetap. Klik OK untuk kembali ke formulir pengisian data harta tetap.

  4. Tanggal Beli
    Klik kalender untuk memilih tanggal, bulan, dan tahun pembelian harta tetap. Tanggal beli ini mengacu pada tanggal invoice pembelian atau tanggal ketika harta tetap Anda peroleh.

  5. Harga Beli
    Isilah dengan harga pembelian harta tetap sesuai dengan yang tercantum di faktur pembelian dan tidak termasuk nilai lain seperti pajak, diskon final, dan biaya. Nominal yang diisi tanpa pemisah ribuan.

  6. Nilai Residu
    Isilah dengan nilai sisa yang Anda taksir sendiri. Nilai residu ialah taksiran nilai atau potensi arus kas masuk manakala harta tetap yang dimaksud dijual ketika ada kerusakan atau penghentian (retirement) atau disposal. Jika Anda menggunakan metode penyusutan Garis Lurus, Anda tidak perlu mengisi field ini atau isikan dengan angka 0 (nol). 

  7. Umur Ekonomis
    Umur ekonomis yang diistilahkan juga sebagai masa manfaat adalah taksiran umur suatu harta tetap yang ditinjau dari hasil atau keuntungan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ekonomis. Field ini akan terisi secara otomatis mengikuti yang telah ditetapkan di dalam Kelompok Harta Tetap.

  8. Lokasi
    Isilah tempat pembelian harta tetap ini. Anda tidak diharuskan mengisi field ini karena hanya sekadar catatan dan tidak ada pengaruh terhadap penghitungan apapun di sistem.

  9. Departemen
    Klik tombol ini untuk memilih departemen yang bertanggung jawab dalam pengelolaan harta tetap ini. Dengan memilih departemen yang dituju, Anda akan bisa melihat laporan harta tetap berdasarkan departemennya.

  10. Akumulasi Beban
    Field ini akan terisi secara otomatis jika telah terjadi penyusutan. Nilai yang tampil yaitu nilai jumlah beban penyusutan secara akumulatif dari semua bulan yang telah disusutkan. Field ini juga akan terisi otomatis setelah klik Rekam atau klik Hitung jika tanggal beli harta tetap terjadi sebelum periode awal akuntansi di sistem ini.

  11. Beban per Tahun Ini
    Field ini akan terisi otomatis jika telah terjadi penyusutan yang masuk ke periode akuntansi.

  12. Terhitung Tanggal
    Proses penyusutan akan dimulai sejak tanggal beli atau sejak harta tetap digunakan.

  13. Nilai Buku
    Field ini akan terisi secara otomatis yang menampilkan nilai perolehan setelah terjadi penyusutan. Nilai buku disebut juga sebagai biaya perolehan (historical cost) yang dikurangi dengan sejumlah penyusutan yang telah dibebankan yang muncul selama umur penggunaan harta tetap bersangkutan.

  14. Beban per Bulan
    Field ini akan terisi secara otomatis setelah terjadinya penyusutan sejak kali pertamanya dan akan sama setiap bulannya atau sama dalam setahun tergantung dari metode penyusutan yang dipilih.

  15. Lengkap
    Klik tombol ini untuk menetapkan metode penyusutan dan akun-akun terkait. Jika Anda telah membuat kelompok harta tetap, field-field ini akan terisi secara otomatis dan jangan mengubahnya kecuali jika Anda juga akan mengubahnya di kolompok bersangkutan ketika harta tetap yang lain belum mengacu ke kelompok tersebut.

    Di bagian Lengkap ini Anda juga dapat menetapkan Tanggal Pensiun sebagai tanda bahwa harta tetap tidak disusutkan lagi karena telah ada penjualan, disposal, dll.

  16. Hitung
    Tombol ini akan muncul jika tanggal beli harta tetap sebelum periode awal akuntansi di sistem dan telah terdeteksi adanya penyusutan sebelum periode akuntansi. Anda harus mengeklik tombol Hitung ini agar sistem menghitungnya atau langsung klik Rekam.

  17. Revisi
    Tombol ini akan muncul jika Anda akan mengedit harta tetap. Jika dalam suatu hal Anda salah menetapkan tanggal terhitung atau tanggal beli atau lainnya, silakan klik tombol Revisi ini. Tindakan ini boleh dilakukan jika harta tetap yang dimaksud belum sekalipun disusutkan oleh sistem.

 

Tahap 3: Penyelesaian dan Lihat Daftar dan Laporan
Setelah Anda menyelesaikan mengisi segala informasi di data harta tetap ini, Anda dapat mengeklik Baru untuk menyimpan data dan membuat harta tetap lainnya atau klik Rekam untuk menyimpan data dan kembali ke modul Data-data.


Gambar 5. Daftar Harta Tetap

 

Harta tetap yang telah dibuat akan tampil di Daftar Harta Tetap di menu Data Harta Tetap dan juga di modul Laporan > Laporan Lainnya > Harta Tetap.


Gambar 6. Laporan Daftar Harta Tetap

 

(9 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.