Knowledgebase: Data Rekening
Input Data Rekening
Dipos oleh Firman Ilkha pada 28 November 2013 11:31 AM

Rekening atau akun menjadi unsur sistematis yang digunakan untuk membuat suatu jurnal hingga menghasilkan laporan keuangan. Rekening harus berisikan nominal angka.

Tahap 1: Buka Data Rekening
Klik tombol  untuk menambah data rekening baru

Gambar 1. Menu Utama klik Data Rekening

 

Tahap 2: Isikan field dalam data rekening

Gambar 2. Tambah Akun Baru

  Bagian ini wajib diisi

 

  1. Klasifikasi
    Field ini telah berisi subklasifikasi akun standar yang harus Anda pilih. Jika Anda memerlukan penambahan subklasifikasi, silakan buat baru dari menu [Setting] > [Klasifikasi Akun].

  2. Alias
    Tombol ini memungkinkan Anda untuk menampilkan nama alias akun dalam bahasa lain yaitu bahasa Inggris jika Anda memiliki fasilitas Akun Alias Name. Akun yang dimaksud yakni akun standar Zahir. Jika Anda telah membuat akun baru misalnya dalam bahasa Indonesia dan ingin menampilkan nama aliasnya, Anda harus menambah nama alias untuk akun yang dimaksud di daftar rekening > klik tombol alias > akun yang baru Anda buat akan menampilkan nama akun pertama (belum berubah) > kemudian klik edit akun terkait > ubah nama pertama menjadi nama alias yang diinginkan > klik rekam.

  3. Kode
    Field ini akan terisi otomatis selepas Anda memilih klasifikasi namun Anda tetap dapat mengubah kode ini berdasarkan urutan akun yang diinginkan. Di field ini Anda hanya diperkenankan mengubah digit akun yang mengidentifikasi urutan akun. Adapun fungsi kode ini dibagi ke dalam 3 bagian sebagai berikut:

    Contoh: 1100-00-001 Kas

    Keterangan:
    1. 1 (angka/ digit pertama dari kiri) adalah digit permanen level 1 yang mengidentifikasi klasifikasi akun Harta. Anda tidak dapat mengubah kode ini. 
    2. 1100 adalah jumlah digit level 3. Jangan mengubah kode ini di field kode karena ini kode baku yang mengidentifikasi klasifikasi dan subklasifikasi akun. Anda dapat mengubah digit level 3 sesuai dengan klasifikasi dan subklasifikasi yang benar dari menu Setting > Klasifikasi Akun > Lanjutkan > Lanjutkan > pilih Level 1 lalu ubah kode di Level 3 tanpa mengubah angka pertama.
    3. 00 adalah jumlah digit departemen
    4. 001 adalah jumlah digit urutan akun. Di field kode, Anda dapat menghubah digit ini sesuai dengan urutan akun yang diinginkan

  4. Nama
    Isi dengan nama akun. Pembuatan nama baru akun adalah nama utama atau nama standar akun Anda. Jika Anda memiliki fasilitas Akun Alias Name, Anda dapat membuat nama alias akun yang dimaksud seperti alur yang dijelaskan pada butir ke-2 di atas.

  5. Kas/ Bank
    Beri centang opsi ini jika akun berklasifikasi Kas/ Bank (Akun dengan kode kepala 1). Jika Anda mencentang opsi ini, Anda akan menemukan icon centang merah pada daftar rekening yang menandakan bahwa 
    • Akun yang dicentang ini akan muncul di daftar akun pada transaksi modul Kas & Bank yaitu Transfer Kas, Kas Masuk, Kas Keluar, dan Rekonsiliasi Bank.
    • Akun yang dicentang ini digunakan sebagai akun utama yang terlibat dalam Laporan Arus Kas.


  6. Tidak Aktif
    Jika opsi ini dicentang karena akun tidak akan digunakan lagi, akun yang dimaksud akan disembunyikan oleh sistem dari daftar rekening. Anda tetap dapat memunculkan dan menggunakan lagi akun itu dengan cara mengedit akun yang terdekat dengannya lalu gunakan tombol navigasi yang terdapat di sudut kiri bawah untuk mencari akun yang disembunyikan. Jika sudah ditemukan, hilangkan centang di opsi ini lalu rekam. 

  7. Mata Uang
    Anda harus menentukan mata uang yang digunakan untuk akun ini agar setiap transaksi, buku besar, dan laporan mengacu pada mata uang yang dimaksud. Jika Anda tidak memiliki fasilitas Multicurrency, pilihan field Mata Uang tidak tampil.

  8. Departemen
    Klik tombol ini untuk memilih kode departemen yang telah dibuat di data departemen agar sistem dapat menggolongkan akun berdasarkan departemennya saat Anda memilih kode departemen di laporan keuangan. Field ini akan tampil jika Anda memiliki fasilitas Departemen.

 

Tahap 3: Proses Rekam
Klik tombol  untuk menyimpan data akun yang baru saja Anda buat dengan tetap menampilkan jendela pembuatan data akun baru. Klik  untuk membatalkan pembuatan akun baru. Klik  untuk menyimpan data akun yang baru saja Anda buat kemudian sistem akan menutup jendela ini.

 

Tahap 4: Lihat Daftar Rekening di Laporan
Akun-akun standar atau akun-akun yang telah Anda buat/edit akan tampil di modul Laporan > Laporan Keuangan > Buku Besar > Daftar Rekening. Di Daftar ini tampak adanya kolom Nama Alias Rekening. Jika Anda memiliki modul Alias Name, istilah akun dalam bahasa Inggris ini muncul secara otomatis. Pastikan jika Anda menambah baru akun atau mengeditnya, Anda harus mengubah istilah aliasnya.

Gambar 3. Tampilan Daftar Rekening

(13 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.