Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Modul Kas & Bank
Transaksi Kas Masuk
Dipos oleh Asnan Khusaini pada 27 November 2013 02:19 PM

Transaksi Kas Masuk

Jurnal Kas Masuk digunakan untuk menginput transaksi peneriman kas. Saldo rekening kas/bank akan bertambah akibat transaksi ini, seperti penerimaan setoran modal, pinjaman dari bank, dll. Anda dapat menampilkan form ini melalui Menu Kas dan Bank > Kas Masuk, sehingga akan muncul tampilan seperti berikut:

Gambar 1. Menu Utama kas masuk

Klik tombol Baru untuk menginput transaksi kas masuk.

Berikut langkah mengisi form Kas Masuk

Gambar 3. Daftar isian kas masuk

 Bagian ini wajib diisi        Bagian ini dapat diabaikan.

 

1. Akun Kas

Tentukan akun dimana uang akan disimpan.

 

2. Dari

Klik tombol ini untuk memilih data pelanggan di daftar nama alamat. Jika Anda belum membuatnya, klik Baru untuk membuat baru pelanggan. Anda bisa juga membuat data pelanggan dan data nama alamat lain dari modul Data-data > Data Nama Alamat.

 

3. Nomor Cek

Nomor cek diisi dengan nomor urut transaksi, misalkan nomor cek. Program otomatis akan mengisi nomor ini secara berurutan dari transaksi sebelumnya, namun Anda dapat merubahnya jika perlu. Isian nomor referensi ini dapat diketik secara langsung.

 

4. Tanggal Transaksi

Tentukan tanggal transaksi setiap kali Anda menginput transaksi. Program otomatis mengisi tanggal sesuai dengan tanggal sistem komputer Anda. Anda dapat mengetik tanggal secara langsung atau dengan menampilkan kalender (terdapat tombol kecil di sebelah kanan bergambar kalender).

 

5. Nominal

Klik disini untuk menghitung nilai transaksi (yaitu setelah Anda mengisi item transaksi dengan benar dan sebelum menekan tombol rekam).

 

6. Menu

Ketik keterangan transaksi disini. Isi keterangan dengan jelas sesuai dengan isi transaksi, agar saat Anda menampilkan laporan buku besar dan laporan lainnya, Anda tidak perlu melihat detail transaksi untuk mengetahui maksud transaksi ini.

 

7. Giro

Aktifkan opsi ini jika transaksi kas masuk ini dibayar menggunakan giro.

 

8 Kode dan Nama Akun

Untuk menampilkan daftar rekening yang sudah tersedia, double klik mouse (klik mouse dua kali dengan cepat) atau tekan tombol ENTER pada keyboard (pastikan cursor berada pada kolom kode), selanjutnya akan ditampilkan form daftar rekening.

 

9. Department

Kolom Dept dipilih dari tabel yang tersedia seperti halnya memilih kode rekening, double klik mouse untuk menampilkan daftar departemen.

 

10. Nilai

Untuk Nilai transaksi, isilah nilai pada kolom Nilai.

 

11. Job

Kolom Job dipilih dari tabel yang tersedia seperti halnya memilih kode rekening, double klik mouse untuk menampilkan daftar proyek.

 

12. Hapus Baris

Klik tombol ini untuk menghapus item transaksi yang sedang aktif (pastikan cursor telah berada pada baris item kas masuk yang ingin dihapus).

 

13. Rekam Ulang

Klik tombol Rekam Ulang untuk merekam transaksi ini dalam template sehingga dapat digunakan oleh transaksi yang sama di masa yang akan datang.

 

14. Buka Ulang

Klik tombol Buka Ulang untuk membuka transaksi yang pernah disimpan sebelumnya.

 

15. Cetak Faktur

Beri tanda centang untuk langsung mencetak faktur transaksi. Maka setelah menekan tombol Rekam, program akan langsung menampilkan form cetak faktur.

 

16. Batal

Untuk membatalkan input transaksi, atau membatalkan modifikasi yang Anda lakukan.

 

17. Rekam

Untuk merekam transaksi.

 

Setelah semua form diisi sesuai dengan kebutuhan, klik Rekam, jika langsung mencetak faktur Kas Masuk maka akan muncul pilihan faktur yang tersedia. Pilih faktur yang akan dicetak, klik Preview jika ingin melihat tampilan terlebih dahulu atau klik Cetak jika ingin langsung mencetak.

Gambar 4. Bukti kas masuk

 

Gambar 4. Tampilan bukti kas masuk

Setelah cetak faktur form isian akan kembali kosong sehingga kita bisa menginput transaksi kas masuk yang lain. Jika tidak ingin menginput transaksi kas masuk yang lain, klik Batal untuk menampilkan daftar kas masuk yang telah diinput.

Gambar 6. Daftar Transaksi Kas masuk

 

Jika ingin melihat jurnal kas masuk yang terbentuk dengan cara klik kanan pada daftar kas masuk lalu pilih Jurnal Voucher.

Gambar 7. Journal Voucher Kas masuk 

 

Jika ingin menampilkan semua jurnal yang ada di daftar kas masuk, klik Laporan, Laporan Keuangan, Kas dan Bank, Jurnal – Kas Masuk sehingga akan tampil sebagai berikut:

Gambar 8. Laporan Kas Bank

 

Klik pada Jurnal – Kas Masuk, sehingga akan muncul Filter Data. Tentukan filter tanggal sesuai dengan periode data yang telah diinput lalu tekan OK.

Gambar 9. Filter Data 

Gambar 10. Laporan Jurnal Kas masuk

(11 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (8)
Rini Indah Tri Wahyuni
15 March 2015 05:31 PM
Saya sudah input beberapa transaksi jurnal kas masuk dan kas keluar. Tetapi ketika saya coba menampilkan jurnal voucher seperti Gambar 7 di atas, isinya kosong (tidak ada tampilan). Dan ketika saya ingin melihat daftar jurnal kas masuk ataupun keluar seperti Gambar 10 di atas, isinya juga kosong. Mengapa? Apa yang salah?
syaiful
16 March 2015 09:49 AM
Jika jurnal vocher pada transaksi yang Ibu input kosong, maka besar kemungkinan transaksi tersebut belumlah diposting (rekam), pastikan kembali bahwa pada saat Ibu menginput transaksi dan ingin menyimpan transaksi dengan klik "Rekam".
lea kristina
08 September 2016 02:39 PM
kalo cara ngecek kode job di penerimaan gimana ya ?
Agus Juanda
08 September 2016 03:16 PM
Cara mengecek job pada penerimaan bisa dilihat pada Laporan > Laporan Keuangan > Kas dan Bank > Jurnal – Kas Masuk. Disebelah kanan terdapat no proyek, disitulah kode job atas transaksi tersebut. Sedangkan data master atas job itu sendiri ada pada modul Data - Data > Data Proyek
Veronica Dwi Purwanti
21 April 2017 02:23 PM
transaksi melalui pemakaian -penyesuaian barang sdh input dan rekam , saat dilihat pada laporan kartu stock umum terdapat transaksi tersebut tapi pada laporan jurnal penyesuaian kok tidak ada ya.kenapa ? ( ada transaksi yg sama terlihat di laporan jurnal penyesuaian ada yg tidak terlihat.
Firman
16 June 2017 01:03 PM
Pastikan filter tanggal sudah benar. Apabila sudah benar namun masih belum muncul, coba unpos kemudian posting ulang (backup dahulu data sebelum melakukan tindakan ini). Kami menyarankan juga Ibu untuk memperbaharui Zahir Accounting 6 yang digunakan ke build yang terbaru. Terima kasih. :)
Nico
07 August 2017 11:29 AM
saya mau nanya, kalau mau input bunga bank, pajak bank dan biaya adm bank (RTGS, LLG) bisa ga pada menu kas masuk (untuk bunga bank), dan kas keluar (pajak bank, adm bank)
terima kasih
Firman Ilkha
30 August 2017 10:12 AM
Hai Pak Niko. Tentu bisa. Anda dapat membuat akun-akun tersebut terlebih dahulu di daftar rekening kemudian gunakan akun tersebut di Kas Keluar atau Kas Masuk menurut keperluannya. Selain di modul Kas dan Bank, transaksi yang dimaksud juga bisa dicatat di modul Buku Besar > Jurnal Umum.
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.