Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Membuka File Backup
Dipos oleh Firman Ilkha pada 21 November 2013 10:19 AM

Pembukaan file backup menjadi solusi bagi kasus seperti:

  1. Ingin memantau saldo akun di laporan keuangan sebelum suatu tindakan transaksi pada masa tertentu dicatat.

  2. Diharuskan membuka lagi pembukuan yang baru saja telanjur tutup buku akhir tahun sebelum ada tindakan baru setelahnya.

  3. Telah terjadi kerusakan data keuangan GDB atau terhapusnya file GDB dan tidak memungkinkan untuk diperbaiki (repaired)


Jika sebelumnya Anda telah membackup data keuangan berekstensi .GDB menjadi berekstensi .GBK, kini Anda bisa mengembalikan/ memulihkan (restore) file GBK yang dimaksud ke GDB lagi sesuai dengan masa terakhir bilamana Anda membackup.

 

Tahap I: Pilih Menu Membuka File Backup
Menu ini terdapat di tampilan awal Zahir Accounting 6. Anda dapat juga membuka file backup dengan memilih menu membuka file backup dari toolbar File jika data GDB sedang dibuka.

Gambar 1. Menu Utama klik Membuka File Backup

 

Tahap II: Temukan Lokasi Backup dan Buat GDB

Di jendela ini Anda harus mencari file backup yang akan direstore menjadi GDB. Adapun penjelasan atas kotak teks yang ada seperti berikut ini.

Gambar 2. Mengambil data yang akan direstore

 Bagian ini wajib diisi 

 

Gambar 3. Pilih data GBK yang akan direstore

 

  1. Nama File Arsip di File Backup Yang Akan Direstore
    Ini adalah bagian di mana Anda harus mencari nama file backup yang Anda inginkan untuk direstore. File backup berekstensi GBK. Klik tombol ini  untuk membuka jendela Pilih Arsip Keuangan. Pilih drive dan foldernya lalu klik nama file yang Anda inginkan hingga nama file yang Anda pilih muncul di kotak teks File Name. Abaikan Files of Type kemudian klik Open.

  2. Lokasi Baru (Directory)
    Lokasi baru di sini adalah lokasi untuk menyimpan file hasil restore yang berekstensi GDB. Klik tombol ini untuk membuka jendela Save As. Pilihlah direktori yang Anda kehendaki misalnya di C:/Data Zahir. Kemudian ketiklah nama file hasil restore yang dikehendaki dengan menghilangkan tanda bintang misalnya PT XYZ.GDB di kotak teks File Name. Abaikan Save As Type kemudian klik Save.

  3. Nama File Arsip Baru
    Kotak teks ini akan terisi secara otomatis manakala Anda telah menetapkan nama file GDB sebelumnya (seperti cara pada butir 2). Jika belum, Anda harus mengetik nama file yang dimaksud diiringi dengan ekstensi .GDB di kotak teks ini.

  4. Database Lokal atau Database Berada di Server
    Jika Anda menandakan Database Lokal, berarti data backup .GBK harus berada di satu komputer yang sama saat Anda akan membuka file backup dan file GDB hasil restore juga harus berada di komputer yang sama dengan penyimpanan file GBK.

    Jika Anda menandakan Database Berada di Server, perlakuan database lokal bisa diterapkan atau berarti juga Anda dimungkinkan untuk merestore file backup GBK yang berada di komputer lain (server) menjadi GDB di komputer lain (server) di mana file GBK itu disimpan.

    Contoh Database Berada di Server:
    File backup 21112013 0900.GBK berada di komputer A.
    Anda merestore file tersebut di komputer B.
    Anda harus mengetik direktori nama file arsip yang akan direstore sama persis dengan yang terdapat di komputer A kemudian simpan lokasi hasil restore sama persis dengan yang terdapat di komputer A lalu ketik nama file GDBnya.
    File GDB yang merupakan hasil restore akan terbentuk di komputer A.

  5. Server Name
    Terkait dengan restore file backup yang berada di server, Anda harus memasukkan IP Address atau nama komputer di kotak teks ini di mana file GBK itu disimpan. Pilih Protokol TCP/ IP (lazim digunakan).
    Jika database lokal, abaikan kotak teks ini.


Klik tombol  untuk memproses restore backup ini atau klik  untuk membatalkan tindakan restore file backup.

File data GDB yang terbentuk adalah data keuangan yang dibackup sesuai dengan data backup GDB yang direstore.

 

 

 

(13 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (10)
putri nurhela
18 August 2016 01:53 PM
laptop saya sempat di install dan zahirnya pun hilang, setelah berhasil install ulang zahirnya, ketika saya mau buka file backup ternyata database saya sudah kadaluarsa karna sekarang databasenya versi 6.04 sedangkan punya saya 6.03 dan pas mau diupgrade malah muncul tulisan tblSistem: Field 'IT76' not found. bagaimana mengatasinya?
Agus Juanda
19 August 2016 08:12 AM
Solusi atas hal tersebut adalah copy file gdb anda menjadi dua salinan dengan beda lokasi penyimpanan. Kemudian bukalah salah satu file yang akan dupdate. Selanjutnya jika ada konfirmasi untuk membackup file, pilih Tidak. Karena telah ada backup file yang sudah kita copy jadi 2 salinan tadi.
Untuk informasi lebih lengkap silahkan Ibu Putri mengunjungi link berikut ini : http://zahir.info/index.php?/Knowledgebase/Article/View/812/0/muncul-pesan-tblsistem-field-it76-not-found
Santi
31 January 2017 08:15 AM
Bedanya file di backup dalam format GBK dan GDB apa ya?? dan lebih baik saat backup lsg diketik manual nama filenya dlm bentuk gdb masalah tidak?
Terimakasih.
Agus Juanda
31 January 2017 11:05 AM
File GBK adalah ekstensi khusus untuk file backup zahir, sedangkan file GDB adalah format file untuk data utama yang digunakan untuk data kerja pada data zahir.
Saat membackup sebaiknya diketik manual untuk nama filenya diikuti dengan ekstensi .gbk
dessy
07 February 2017 09:49 AM
saya mau tanya , di bulan january zahir saya belum saya imput karena pas saya mau closing bulan desember malah bulan january yang terclosing alhasil bulan january saya tidak ada data pengimputan , , , cara untuk menginput data untuk january gimana yah , , tolong di jawab ?
Agus Juanda
13 February 2017 10:04 AM
Untuk dapat kembali ke bulan januari, silahkan ibu dessy klik menu FIle > Setup informasi perusahaan > Lanjutkan > Pilih Januari > Lanjutkan > Proses. Selanjutnya silahkan ibu input transaksi-transaksi januari yang belum terinput
Risha
08 August 2017 12:53 PM
Aku biasa buka zahir mau masuk ke aplikasi langsung klik daftar data sebelumnya nahh trus salah pencet jadi clear list cuma ada data contoh aja, itu mau munculin lg gmn ya mas?
Firman Ilkha
11 August 2017 09:58 AM
Hai Ibu Risha. Jangan bimbang. Untuk memunculkannya lagi, Ibu harus klik Buka Data kemudian cari atau ketik sama persis lokasi dan nama file GDB yang hendak dibuka. Jika data berada di server, tetapkan nama server atau IP address komputer server terlebih dahulu di menu Buka Data tersebut. Jika sudah berhasil terbuka, ketika Ibu kembali lagi ke menu utama, di daftar buka data sebelumnya akan muncul lagi nama data yang dimaksud. Sekian dan terima kasih. :)
resky
09 August 2017 10:55 AM
Sy accounting baru di perusahaan dan sangat awam menggunakan program Zahir, gsy mohon bantuannya gimana cara membuka file laporan keuangan periode sebelumnya untuk sy jadikan acuan pembuatan laporan keuangan periode berjalan ?
Firman Ilkha
11 August 2017 03:41 PM
Hai Pak Resky. Adakah laporan keuangan periode sebelum dan berjalan satu data Zahir juga? Jika ya, Bapak bisa kembali ke periode sebelumnya dari File > Setup Informasi Perusahaan > Lanjutkan > ubah bulan dan tahunnya > Lanjutkan. Jika tahun sebelumnya sudah pernah tutup buku akhir tahun, Bapak harus menghubungi Support di support@zahir.info.

Apabila data periode sebelumnya berbeda dengan data periode berjalan (cut off data Zahir), Bapak bisa impor data master dengan merujuk pada tautan ini http://zahir.info/index.php?/Knowledgebase/Article/View/744/0/panduan-cut-off-database-zahir
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.