Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Import Data Dari Data Zahir Yang Pernah Dibuat Sebelumnya
Dipos oleh Eko Budi Cahyono pada 18 December 2008 10:58 AM

Fasilitas ini berguna jika Anda ingin membuat data keuangan baru dengan menggunakan master data yang pernah dibuat di data keuangan lainnya (harus sama-sama versi 5.x). Data-data yang bisa diimport adalah data rekening, barang, nama dan alamat, departemen, proyek, catatan transaksi, saldo rekening, saldo barang, saldo piutang/hutang usaha, dan transaksi penjualan/pembelian (yang akan diimport dalam keadaan belum terposting).

Tips : Jika anda ingin melakukan cut-off dengan membuat data keuangan baru untuk periode akuntansi yang baru, maka gunakan fasilitas import data ini, sehingga seluruh master data dan saldo awal dari data keuangan baru ini dapat otomatis dibuat, tanpa perlu menginput ulang.

Berikut ini langkah-langkah melakukan import data dari data zahir yang pernah dibuat sebelumnya :



1. Klik File > Import > Import Data Dari Zahir Ver 5.0

2. Pilih Database Lokal untuk membuka data keuangan yang tersimpan di komputer Anda (di komputer lokal, bukan server). Kemudian tentukan nama file beserta foldernya.

Pilih Database Berada di Server untuk membuka data keuangan yang tersimpan di server. Kemudian tentukan, nama komputer server atau ip address-nya beserta nama file dan foldernya.

3. Isi nama server atau IP address-nya. Untuk data keuangan local cukup mengisinya dengan localhost. Berkonsultasilah dengan departemen IT di perusahaan Anda, jika Anda tidak mengetahui nama komputer atau IP address dari komputer yang menjadi server.

4. Protokol yang digunakan untuk berkomunikasi dengan server. Secara default parameter ini sudah terisi TCP/IP, saat ini TCP/IP sudah sangat umum digunakan sehingga parameter ini tidak perlu dirubah. Bertanyalah kepada departemen IT protokol apa yang digunakan diperusahaan Anda jika ternyata Anda tidak berhasil membuka data dengan menggunakan protokol TCP/IP.

5. Isi dengan nama file data keuangan beserta struktur foldernya. Format file yang benar adalah *.GDB, *.FDB atau *.IB. Cukup Klik tombol pilih file, jika data keuangan berada dalam satu komputer yang sama dengan Zahir.

Info : Jika data kerja berada pada komputer server atau di komputer lain, maka anda cukup mengetik lokasi dan nama file sesuai dengan lokasi data kerja pada komputer server / komputer lain.

6. Pilih Opsi data yang akan diimport. Beberapa opsi yang dipilih mengharuskan mengakifkan opsi yang lainnya, contoh, Jika anda akan mengimport data produk maka anda harus mengimport juga data kode akun, nama dan alamat serta departemen.

7. Aktifkan opsi lanjutkan proses import meskipun ada kesalahan jika anda ingin tetap melanjutkan proses import meskipun terdapat kesalahan saat mengimport data.

8. Klik tombol proses untuk melanjutkan proses import data.



(108 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (0)
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.