Knowledgebase: Membackup Data
Membackup Data Keuangan
Dipos oleh Eko Budi Cahyono pada 18 December 2008 10:31 AM

Jika anda sudah selesai menginput data keuangan, lakukan backup data keuangan secara berkala sesuai dengan kebutuhan. Data backup ini akan berguna jika terjadi masalah pada data keuangan, misalnya terhapus, terserang virus, atau terdapat masalah lainnya pada data keuangan anda. Sehingga jika terjadi masalah pada data keuangan anda, maka anda dapat mengembalikan data keuangan yang berasal dari data backup.



Berikut ini proses membackup data keuangan :

1. Tentukan letak tujuan lokasi penyimpanan data backup, klik kotak sebelah kanan untuk menentukan lokasi penyimpanan data backup tersebut.
Contoh misalnya anda ingin menyimpan data backup pada lokasi folder C:\Backup Data Zahir

Info : Jika anda membuka data kerja yang berada diserver atau komputer lain, maka ketika anda melakukan backup data. Data backup tersebut akan disimpan di komputer server / komputer lain, bukan pada komputer anda.

2. Ketikkan nama file yang diinginkan agar mudah dalam melakukan restore file data backup tersebut. Data backup zahir memiliki extension *.GBK untuk memberi nama file anda cukup mengetikan misalnya : Data Backup.GBK

Tips :
Hindari penggunaan tanda baca pada nama file seperti  " - + : * dsb
Untuk memudahkan mengingat waktu membackup data biasakan memberikan kode tanggal pada nama file backup, misalnya : PT. ABC 010108.GBK artinya transaksi yang diinput saat terakhir kali membackup data adalah 1 Januari 2008.

3. Aktifkan opsi dengan menceklist pada kotak untuk tidak menampilkan proses backup data.

4. Klik tombol lanjutkan untuk melanjutkan proses backup data.

(116 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.