Knowledgebase: Tips & Solusi
Tips Memulai Pembukuan Dengan Software Akuntansi
Dipos oleh Firman Ilkha pada 22 August 2013 01:19 PM

Anda pengguna software akuntansi yang baru mau input transaksi di tengah perjalanan? Bingung mau memulai dari mana? Berikut ini terdapat saran untuk membuat pembukuan yang tertinggal supaya pekerjaan menjadi lebih cepat.
 

  • Coba abaikan sejenak transaksi baru atau transaksi yang sedang berlangsung. Jika memang ada pengguna lain yang mengakses data yang sama secara bersama-sama, pengguna lain dapat juga menginput transaksi yang baru dan yang sedang berlangsung. Jika transaksi yang baru dan yang berlangsung berkaitan dengan persediaan, tangguhkan pemostingannya.
  • Pilih dan pilah nota transaksi sesuai dengan urutan tanggal.
  • Pastikan saldo awal akun, saldo awal piutang usaha, saldo awal utang usaha, dan saldo awal persediaan diinput jika ada.
  • Masukkan nota transaksi ke fasilitas terkait di database misalnya transaksi pembelian. Perlu diingat bahwa transaksi yang menggunakan persediaan barang dagang harus diinput sesuai dengan urutan tanggal dan posting (sesuai dengan kronologi mulai pembelian hingga penjualan).
  • Jika transaksi sudah mencapai tanggal yang baru, Anda sudah bisa menginput transaksi baru dan transksi yang sedang berlangsung.

Catatan: Transaksi yang tertinggal ini bermakna bahwa pembukuan dimulai di pertengahan jalan perusahaan. Transaksi yang sudah berlalu dapat diinput atau untuk efisiensi waktu dapat juga dijadikan saldo awal saja.

 

www.zahiraccounting.com

(6 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (0)
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.