Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Proses Revaluasi Mata Uang Asing
Dipos oleh Firman Ilkha pada 19 July 2013 03:17 PM

Proses revaluasi mata uang asing akan menghitung selisih nilai tukar mata uang asing atas transaksi yang terjadi dalam suatu periode dibandingkan dengan nilai tukar pada akhir periode yang bersangkutan. Zahir secara otomatis akan membuat jurnal penyesuaian jika terdapat selisih atas nilai tukar tersebut.

Berikut ini langkah untuk merevaluasi valuta asing:

  1. Gunakan toolbar Tutup Buku lalu pilih menu Revaluasi Valuta Asing atau lakukan tindakan ini bersamaan dengan proses Tutup Buku Akhir Bulan.
  2. Setelah menu tersebut diklik, muncul kotak dialog yang menerangkan gambaran umum proses revaluasi valas dan pengingat bahwa harus hanya satu pengguna yang sedang mengakses database dan pengguna harus membackup database.
  3. Di jendela berikutnya masukkan nilai tukar (kurs) yang berlaku pada akhir bulan bersangkutan untuk setiap mata uang asing.
  4. Jendela berikutnya memberikan fasilitas Tipe Akun yang harus ditetapkan. Abaikan halaman ini (jangan centang pilihan apapun) jika semua klasifikasi akun bermata uang asing ingin direvaluasi.
  5. Jendela selanjutnya memberikan fasilitas filter akun. Fasilitas ini digunakan jika pengguna hanya ingin akun-akun tertentu saja yang bermata uang asing yang akan direvaluasi. Abaikan halaman ini (jangan centang pilihan apapun)) jika semua akun bermata uang asing ingin direvaluasi.
  6. Di jendela selanjutnya, pengguna dipersilakan untuk memilih perlakuan alokasi akun untuk jurnal penyesuaian revaluasi valas ini. Pengguna bisa memilih akun laba/rugi selisih kurs dijadikan satu akun dengan klasifikasi Pendapatan Lain atau akun dibedakan dua menjadi laba selisih kurs berklasifikasi Pendapatan Lain dan rugi selisih kurs berklasifikasi Pengeluaran Lain.
  7. Jendela selanjutnya adalah proses akhir. Beri centang pada pilihan "Hapus transaksi hasil revaluasi yang pernah dibuat pada periode ini" jika yang dilakukan adalah revaluasi valas ulang (tindakan koreksi) atau abaikan opsi tersebut lalu klik Proses.
  8. Jurnal revaluasi valas dibentuk di Daftar Transaksi Jurnal yang ada di modul Buku Besar atau Laporan.

 

Catatan: Jurnal revaluasi valas dapat dilakukan langsung di Daftar Transaksi Jurnal Umum atau memproses ulang langsung revaluasi valas dengan mencentang opsi pada butir ke-7.

(11 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (1)
Muhammad Fikri Nurachman
13 March 2015 05:15 PM
kurs rate yang dipakai untuk transaksi Rp.11.000 ketika tutup bulan untuk revaluasi mata uang asing saya pakai kurs tengah akhir bulan tersebut sebesar Rp.11.634, pertanyaannya adalah kenapa angka yang tertera pada akun laba/rugi selisih kurs itu menjadi minus, padahal kurs tengah bulan itu lebih besar dari kurs standard yang saya pakai ?
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.