Knowledgebase: Zahir POS 6
Penjelasan Update POS 6 Build 1c
Dipos oleh Ahmad Kholis pada 20 May 2013 10:30 AM

Fitur dan fungsi terbaru yang ada pada Zahir POS 6 build 1c

  1. Pencarian otomatis

Fungsi pencarian otomatis bisa digunakan saat pencarian nama barang pada transaksi penjualan. pencarian saat mencari nama barang, pelanggan dan lainnya secara otomatis. Kasir dalam melakukan pencarian barang bisa dengan mengetik kode barang ataupun nama barang, baik kalimat depan, tengah ataupun belakang.

  1. Kode barang dimunculkan kembali pada tampilan transaksi penjualan.

Kode barang dimunculkan kembali pada form transaksi penjualan. Dengan adanya kode barang akan memudahkan kasir dalam membedakan jika nama barang sama dengan yang lainnya.

  1. Tombol pintas bisa ditampilkan

Tombol pintas bisa diaktifkan pada menu setup>setup program>umum. Aktifkan “ON” Tampilkan tombol pintas (Shortcut). Tombol pintas dapat membantu kasir dalam menginput transaksi penjualan tanpa menggunakan bantuan mouse. Kasir dalam melakukan transaksi cukup dengan menekan tombol fungsi yang ada pada form transaksi penjualan. Seperti : [Enter] untuk memulai transaksi penjualan, [F2] untuk pencarian barang, [F8] untuk transaksi Hold, [F9] untuk transaksi Void, [F10] untuk payment transaksi dll.

  1. Fungsi “Jangan membuat baris baru pada item produk yang sama”.

Fungsi ini adalah fungsi tidak menambah baris baru saat terjadi transaksi atas barang yang sama, jadi yang berubah hanya jumlah kuantiti dan total harganya saja. Untuk mengaktifkannya melalui menu setup>setup program>transaksi penjualan. Aktifkan “ON” Jangan membuat baris baru pada item produk yang sama.

  1. Timbangan Barcode Buah

Fasilitas ini berfungsi untuk pembacaan barcode berdasarkan timbangan. Contohnya : Barcode atas Buah-buahan. fasilitas ini bisa diaktifkan melalui menu setup program>transaksi penjualan. aktifkan “ON” menggunakan timbangan. Di update terbaru ini setup timbangan barcode buah baru tersedia berdasarkan harga.

  1. Print struk perbaris

Fasilitas ini digunakan untuk print perbaris transaksi saat dilakukan scan barang. Jadi printer akan mencetak transaksi barang di saat bersamaan melakukan scan barang. Untuk mengaktifkan fasilitas ini melalui menu setup>setup program>trnsaksi penjualan. Aktifkan “ON” cetak transaksi perbaris. 

  1. Fungsi tombol pintas “[F1]” untuk mengisi kuantiti barang.

Fungsi Tombol pintas [F1] pada form transaksi penjualan ini digunakan untuk menginput jumlah barang sebelum melakukan scan barcode, setelah menekan tombol [F1] dan jumlah barang diisi kemudian dilakukan secan barcode barang, maka secara otomatis harga barang akan mengalikan dari jumlah barang yang sebelumnya diinput pada fungsi [F1]

  1. Fungsi cetak di printer tambahan pada transaksi Hold

Fungsi ini bisa anda gunakan untuk melakukan cetak pada saat melakukan Hold transaksi. Fungsi ini sangat cocok sekali untuk transaksi restoran. Secara teknisnya proses transaksi restoran pertama kali mencatat pesanan/order pelanggan yang kemudian pesanan/order tersebut dicatat pada transaksi penjualan,kemudian lakukan Hold transaksi, saat anda melakukan Hold transaksi secara otomatis akan tercetak pada printer yang sudah ditentukan pada setup hardware printer tambahan (printer dapur). Jika pelanggan melakukan order tambahan, maka kasir tinggal melakukan pemanggilan No transaksi pada Hold transaksi kembali dan menambah item pesanan/order tambahan lainnya, kemudian tekan tombol hold lagi maka akan tercetak lagi tapi yang tercetak hanya menu tambahan saja.

  1. Rekam tanpa cetak

Rekam tanpa cetak berfungsi pada bagian transaksi pembayaran. Setelah kasir sudah menginput nilai pembayaran, maka untuk merekamnya selain menekan tombol cetak, kasir juga bisa menekan tombol [F9] . Tombol ini di gunakan jika transaksi penjualan yang hanya di rekam tanpa cetak.

 

Untuk memperbarui (update) Zahir POS 6 ke build 1c silakan ke menu Downloads kemudian pilih menu Update Versi lalu pilih Zahir POS

(3 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.