Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Zahir POS 6
Penjelasan Update POS 6 Build 1c
Dipos oleh Ahmad Kholis pada 20 May 2013 10:30 AM

Fitur dan fungsi terbaru yang ada pada Zahir POS 6 build 1c

  1. Pencarian otomatis

Fungsi pencarian otomatis bisa digunakan saat pencarian nama barang pada transaksi penjualan. pencarian saat mencari nama barang, pelanggan dan lainnya secara otomatis. Kasir dalam melakukan pencarian barang bisa dengan mengetik kode barang ataupun nama barang, baik kalimat depan, tengah ataupun belakang.

  1. Kode barang dimunculkan kembali pada tampilan transaksi penjualan.

Kode barang dimunculkan kembali pada form transaksi penjualan. Dengan adanya kode barang akan memudahkan kasir dalam membedakan jika nama barang sama dengan yang lainnya.

  1. Tombol pintas bisa ditampilkan

Tombol pintas bisa diaktifkan pada menu setup>setup program>umum. Aktifkan “ON” Tampilkan tombol pintas (Shortcut). Tombol pintas dapat membantu kasir dalam menginput transaksi penjualan tanpa menggunakan bantuan mouse. Kasir dalam melakukan transaksi cukup dengan menekan tombol fungsi yang ada pada form transaksi penjualan. Seperti : [Enter] untuk memulai transaksi penjualan, [F2] untuk pencarian barang, [F8] untuk transaksi Hold, [F9] untuk transaksi Void, [F10] untuk payment transaksi dll.

  1. Fungsi “Jangan membuat baris baru pada item produk yang sama”.

Fungsi ini adalah fungsi tidak menambah baris baru saat terjadi transaksi atas barang yang sama, jadi yang berubah hanya jumlah kuantiti dan total harganya saja. Untuk mengaktifkannya melalui menu setup>setup program>transaksi penjualan. Aktifkan “ON” Jangan membuat baris baru pada item produk yang sama.

  1. Timbangan Barcode Buah

Fasilitas ini berfungsi untuk pembacaan barcode berdasarkan timbangan. Contohnya : Barcode atas Buah-buahan. fasilitas ini bisa diaktifkan melalui menu setup program>transaksi penjualan. aktifkan “ON” menggunakan timbangan. Di update terbaru ini setup timbangan barcode buah baru tersedia berdasarkan harga.

  1. Print struk perbaris

Fasilitas ini digunakan untuk print perbaris transaksi saat dilakukan scan barang. Jadi printer akan mencetak transaksi barang di saat bersamaan melakukan scan barang. Untuk mengaktifkan fasilitas ini melalui menu setup>setup program>trnsaksi penjualan. Aktifkan “ON” cetak transaksi perbaris. 

  1. Fungsi tombol pintas “[F1]” untuk mengisi kuantiti barang.

Fungsi Tombol pintas [F1] pada form transaksi penjualan ini digunakan untuk menginput jumlah barang sebelum melakukan scan barcode, setelah menekan tombol [F1] dan jumlah barang diisi kemudian dilakukan secan barcode barang, maka secara otomatis harga barang akan mengalikan dari jumlah barang yang sebelumnya diinput pada fungsi [F1]

  1. Fungsi cetak di printer tambahan pada transaksi Hold

Fungsi ini bisa anda gunakan untuk melakukan cetak pada saat melakukan Hold transaksi. Fungsi ini sangat cocok sekali untuk transaksi restoran. Secara teknisnya proses transaksi restoran pertama kali mencatat pesanan/order pelanggan yang kemudian pesanan/order tersebut dicatat pada transaksi penjualan,kemudian lakukan Hold transaksi, saat anda melakukan Hold transaksi secara otomatis akan tercetak pada printer yang sudah ditentukan pada setup hardware printer tambahan (printer dapur). Jika pelanggan melakukan order tambahan, maka kasir tinggal melakukan pemanggilan No transaksi pada Hold transaksi kembali dan menambah item pesanan/order tambahan lainnya, kemudian tekan tombol hold lagi maka akan tercetak lagi tapi yang tercetak hanya menu tambahan saja.

  1. Rekam tanpa cetak

Rekam tanpa cetak berfungsi pada bagian transaksi pembayaran. Setelah kasir sudah menginput nilai pembayaran, maka untuk merekamnya selain menekan tombol cetak, kasir juga bisa menekan tombol [F9] . Tombol ini di gunakan jika transaksi penjualan yang hanya di rekam tanpa cetak.

 

Untuk memperbarui (update) Zahir POS 6 ke build 1c silakan ke menu Downloads kemudian pilih menu Update Versi lalu pilih Zahir POS

(3 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (13)
Guritno Wirawan
20 May 2013 11:20 AM
Bagus, makin makin membantu dalam memudahkan proses transaksi.
Firman
20 May 2013 03:21 PM
Semoga bermanfaat
Tomy
20 May 2013 04:25 PM
semakin mendukung tujuan program POS, dimana POS untuk mempercepat transaksi bukannya bikin ribet kasir, tapi kok hurufnya belum diganti warnanya, minta hitam dong, biar kasir dan pembeli bisa baca dengan jelas.
Andre Dwi
21 May 2013 09:07 PM
Print Hold lewat mobile nya belum bisa ya ?? apa POS mobile untuk android nya akan ada update terbaru ??? kapan ??
Firman
22 May 2013 03:19 PM
Hai pak Tomy. Masukan Anda bisa dipertimbangkan ya. :)
Firman
27 May 2013 12:47 PM
Hai Pak Andre. Instruksi print dari POS Mobile ketika menge-save transaksi. Perlakuan ini bisa seperti mencetak struk di dapur pada restoran. Jadi, save transaksi di POS Mobile, di dapur akan segera tercetak struk pesanan. Saat ini baru bisa diterapkan untuk printer TMU 220.
Andre Dwi
30 May 2013 04:24 PM
@firman , mas firman konfigurasi yang harus dirubah di pos yang berada di komputer ada di menu / bagian apa ? agar print struk lewat mobile bisa dilakukan
Firman
04 June 2013 02:52 PM
Hai Pak Andre. Di Zahir POS 6 Desktop yang harus diatur yaitu printer dan jenis transaksi. Klik Setup > Setup Program > Transaksi Penjualan > klik/ tap ON pada Cetak hold di printer tambahan. Kemudian di Hardware > klik/ tap ON pada menggunakan printer tambahan.
ali mashuri
06 June 2013 08:10 AM
permisi pak, saya pakai zahir pos 6, sbelum sy update ke build 1c bisa diposting dan lihat laporan, tapi setelah sy update jadi tidak bisa diposting juga tidak bisa lihat laporan.., mohon bantuannya
terimakasih
Andre Dwi
07 June 2013 11:08 PM
Untuk POS build 1c kenapa menu laporan tidak dapat dilihat ? ( semua sub laporan juga )
Firman
10 June 2013 01:42 PM
Hai Pak Ali dan Pak Andre. Selama ini belum pernah ada masalah setelah update build Zahir POS 6 ke build 1c. JIka laporan tidak ada dan tidak posting, coba cek lokasi penyimpanan laporan di C:\Program Files\Zahir POS 6\Reports. Anda juga bisa meregistrasikan ulang Zahir POS 6 dengan data registrasi yang sama dengan sebelumnya.
Harsono
18 April 2016 02:09 PM
saya punya zahir pos 6, ada pesan warning !!
Anda menggunakan zahir of sales 6 dengan versi 33, sedangkan data base anda versi 32
data base harus di update agar dapat berfungsi.
kemudian kami ok kan,,, terus user dan password tdk dapat dibuka ?
Terima kasih
pauji
19 April 2016 09:02 AM
hai Pak Harsono, apabila pada data POS user dan passwordnya tidak dapat login, untuk support yang representative silakan Bapak menghubungi customer support kami di nomor 021 7197766, terimakasih.
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.