Knowledgebase
Input Aktiva Yang Sudah Habis Masa Susutnya
Dipos oleh Firman Ilkha pada 09 October 2012 10:08 AM

Di sini kita akan membahas cara input (mendaftarkan aktiva tetap) yang sudah habis masa susutnya ke dalam program Zahir Accounting.

Program Zahir Accounting telah dilengkapi dengan modul “Aktiva Tetap”. Di modul itu kita bisa menginput data aktiva tetap dan melakukan jurnal penyusutan aktiva secara otomatis. Bagaimana jika data aktiva tetap yang ingin diinput adalah data aktiva yang telah habis masa susutnya? Berikut ini cara menginput data aktiva tetap yang telah habis masa susutnya:

Langkah pertama yaitu pilih modul Data-data > Data Harta Tetap.

GBR1

Selanjutnya akan terlihat tampilan seperti di bawah ini.

GBR2

Form di atas adalah form yang digunakan pada program Zahir Accounting untuk menginput database dari aktiva tetap yang kita punya. Untuk menginput data aktiva tetap yang telah habis masa susutnya, isikan kolom “Nama, Kelompok, Tanggal Beli, harga beli, Nilai Residu (jika ada), Umur Ekonomis serta metode yang digunakan, setelah semua itu terisi, lalu isikan kolom “Akumulasi beban dan Beban Per Tahun Ini dengan nilai perolehan (ini manual), pastikan Antara “Harga Beli, Akumulasi Beban dan Beban Per Tahun Ini, terisi dengan nilai yang sama, ini dimaksudkan agar program membaca bahwa aktiva tersebut memang sudah habis masa susutnya, terlihat dari nilai akumulasi beban sama dengan nilai harga belinya. Jika sudah terisi semua, klik rekam.

 

Sumber: Blog Software Bisnis Zahir

(1 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.