Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Stock Opname
Cara Melakukan Stock Opname pada Program Zahir Accounting
Dipos oleh Firman Ilkha pada 03 July 2012 03:18 PM

Setiap perusahaan atau pelaku bisnis yang bergerang dalam bidang perdagangan barang, tentunya disaat-saat tertentu, bisa mingguan atau mungkin bulanan, akan melakukan proses stok opname, dimana proses stock opname ini adalah sebuah proses pencocokan antara pencatatan data produk yang Kita catat khususnya dalam program Zahir Accounting dengan jumlah fisiknya, karena tidak menutup kemungkinan jumlah yang tercatat dalam program berbeda dengan jumlah secara fisiknya, perbedaan ini bisa disebabkan karena ada pengeluaran yang tidak tercatat, ada barang yang sudah tidak layak jual, atau mungkin terdapat selisih karena barang hilang, untuk itulah di waktu-waktu tertentu Kita melakukan proses stok opname untuk menyamakan jumlah antara pencatatan secara programdengan pencatatan secara fisiknya.

Didalam program Zahir Accounting khususnya yang memiliki modul “Inventory”, pasti ada atau telah dilengkapi dengan menu stock opname, lalu bagaimana cara pengoprasiannya atau penggunaan menu stock opname tersebut, berikut adalah informasi cara penggunaanya :

1. Pilih menu persediaan > stock opname, jika program Zahir Anda memiliki modul multi gudang, ketika Anda pilih menu stoock opname, yang akan muncul selanjutnya adalah data nama gudang, anda diharuskan memilih, gudang mana yang akan Anda lakukan proses stock opname, jika anda tidak memiliki modul multi gudang, akan langsung tampil form stock opname.

 

2. Pada form stock opname tersebut, Anda akan melihat kolom “tersedia buku” dan “tersedia fisik” , untuk melakukan proses stock opname, silahkan Anda isikan pada kolom tersedia fisik jumlah real barang yang tersedia, jika ada selisih dengan data yang tersedia pada buku, nilai dari selisihnya akan otomatis tertera pada kolom selisih.

 

3. jika sudah terisi semua pada kolom tersedia fisik, klik proses > isikan akun yang digunakan untuk menjurnal proses stock opname tersebut, jika sudah terisi, klik lanjutkan.

 

4. Anda akan melihat form pemakaian/penyesuaian barang, cek mulai dari tanggal, nomor referensi hingga keterangan, jika sudah, klik rekam.

 

Dengan begitu, selesai sudah proses stock opname pada program Zahir Accounting

 

Sumber: Blog Software Bisnis Zahir

www.zahiraccounting.com/id

(10 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (5)
firmansyah
16 January 2013 02:37 PM
artikel ini sangat bagus dan bermanfaat
sofian hanafi
10 August 2016 02:45 PM
Terus setelah melakukan stok opname apa langkah selanjutnya? Bagaimana cara mengetaui nilai minus (harga pokok x selisih barang)?
Agus Juanda
10 August 2016 03:55 PM
Untuk memudahkan bapak melihat harga pada barang barang yang terdapat selisih stok, sebelum melakukan penginputan stock opname, terlebih dahulu aktifkan settingan Transaksi Pemakaian Penyesuaian Persediaan Menampilkan Harga Pokok pada menu Setting > Setup Program > Transaksi Persediaan > kemudian ceklist pilihan jurnal Penyesuaian Persediaan Menampilkan Harga Pokok
daniel
21 January 2017 09:49 AM
Bagaimana cara nya melakukan stock opname dengan menggunakan tabel csv, karna sudah dicoba beberapakali tidak berhasil, mohon info tahapan yg harus dilakukan.
Agus Juanda
06 February 2017 08:35 AM
Pastikan penginputan tabel CSV sudah sesuai format maupun contoh pada tabel CSV zahir. Jika terjadi kegagalan mohon informasikan lebih detail mengenai hal tersebut.
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.