Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Perakitan
Penggunaan Modul Auto-Build
Dipos oleh Firman Ilkha pada 27 June 2012 03:18 PM

Pada program Zahir Accounting telah dilengkapi modul Auto Build yang berfungsi untuk membuat rumusan proses pembentukan bahan baku menjadi barang jadi, syarat yang harus dipenuhi agar kita bisa melakukan Auto Build harus memiliki modul pemindahan barang dan modul assembly, kedua modul ini adalah satu kesatuan dan tidak bisa dipisahkan, berikut adalah cara kerja dari modul Auto Build  :

1. Buat kelompok barang bahan baku dengan sifat persediaan di beli dan simpan dan kelompok barang barang jadi dengan sifat persediaan dijual.

GBR1

 

2. Daftarkan nama-nama bahan baku dan barang jadi pada data barang.

GBR2

 

3. Pilih nama barang jadinya misalnya “Roti Coklat”  klik kanan pilih edit >pilih opsi auto build pada sisi bawah data produk barang jadi tersebut, akan muncul dialog box tempat Kita akan membuat rumusan pembentuk barang jadi tersebut isi kolom jumlah (sisi kanan atas) dengan angka satu “1″, lalu isikan bahan-bahan pembentuk barang jadi tersebut, jika sudah terisi, klik selesai.

GBR3

 

GBR4

 

4. Jika rumusan auto build tersebut sudah dibuat langkah selanjutnya adalah proses pembentukannya caranya yaitu pilih menu persediaan > perakitan (Assembly), jika Anda memiliki modul multi gudang, setelah klik menu perakitan akan muncul dialog box data gudang, silahkan Anda pilih dari gudang mana akan akan melkukan proses perakitan, jika tidak ada modul multi gudang akan muncul dialog box untuk proses perakitan pada dialog box tersebut lalu isi kolom jumlah dibuat saja, setelah itu klik lanjutkan, akan muncul form pemindahan barang silahkan di cek untuk tanggal, nomor referensi serta keterangan  jika sudah benar semua klik posting dan rekam.

GBR5

 

GBR6

 

Jika Kita selesai melakukan proses diatas, secara otmatis, barang jadi Kita akan bertambah dan bahan baku Kita akan berkurang sesuai dengan proporsinya, dan Kita bisa cek hasilnya pada data produk.

Demikian informasi singkat tentang bagaimana melakukan proses auto build pada program Zahir Accounting, semoga bermanfaat.

 

Sumber: Blog Software Bisnis Zahir

(1 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (2)
pria andono
14 January 2016 12:09 AM
desain autobuild yg saya buat... apa bisa d copy untuk membuat desain autobuild FGI lainya... karena struktur produk kami hampir sama... jd kalau saya membuat FGI selalu saja menhinput dari awal lagi.
Agus Juanda
14 January 2016 08:44 AM
Mohon maaf pak pria andono, yang dimaksud desain autobuild yang bapak buat apakah desain program atau desain hasil cetak/faktur...?
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.