Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Tips & Solusi
Import CSV Data Nama Pemasok Tidak Muncul Nomor Telefon
Dipos oleh Firman Ilkha pada 01 June 2012 10:06 AM

Program zahir dapat menerima data nama alamat pelanggan maupun pemasok dalam bentuk excell dengan format .CSV file tersebut sedianya sudah disertakan dalam paket installer zahir, biasa terdapat dalam folder: “C:\Program Files\Zahir … System Ver. 5.1\Contoh Table CSV”

Dalam hal ini, kami beri contoh untuk data nama alamat pemasok simple, file  sudah disertakan dalam folder tersebut. Berikut screenshot isi dari tabel-tabel file tersebut.

GBR1

Gambar 1. Data CSV pemasok simple (sudah terisi nomor telponnya)

File excell diatas adalah contoh default yang disertakan dalam installer Zahir, dalam kolom tersebut sudah dituliskan 2 baris nama pemasok lengkap dengan nomor telpon tiap pemasoknya. Setelah yakin sudah terisi, kita coba untuk memasukkan ke dalam data zahir yang baru saja dibuat.

Untuk memasukkan data tersebut ke dalam data zahir melalui File > Import > Import data dari file lainnya > Lanjutkan > [pilih] Daftar pemasok > [browse] nama file daftar pemasok .CSV yang sudah dibuat sebelumnya > Lanjutkan > Lanjutkan > Proses > Tunggu hingga proses import selesai.

Setelah selesai, cek data nama alamat pemasok yang sudah kita import tadi melalui : Data-data > Data Nama Alamat. Ketika kita lihat, daftar nomor telponnya tidak masuk semua, padahal di data .CSV sudah dimasukkan semua, kenapa bisa terjadi seperti ini..

 

GBR2

Gambar 2. Setelah import, data pemasok tidak muncul nomor telponnya

Mari kita buka kembali data file .CSV pemasok simpel yang dibuat tadi, kita cek di nomor telponnya di baris paling atas ada tulisan “Phone” ganti tulisan tersebut menjadi “Phone 1″ tambahkan setelah kalimat Phone “[spasi] 1″. Setelah itu simpan file tersebut. File > Save.

 

GBR3

Gambar 3. Data .CSV pemasok simpel setelah di revisi

Setelah kita simpan file .CSV yang sudah di edit tersebut, lalu kita coba buat kembali data baru (harus dibuat data baru, untuk mencegah agar tidak muncul pesan error double data nama alamat karena sudah kita import sebelumnya). Lalu import kembali data baru tersebut dengan file .CSV yang sudah kita edit, langkah-langkahnya seperti yang sudah diuraikan diatas.

 

GBR4

Gambar 4. Data nama alamat pemasok sudah muncul nomor teleponnya

Setelah dilakukan import data CSV, kita cek kembali data nama alamat pemasok yang sudah dibuat. Terlihat di data tersebut, nama pemasok sudah muncul nomor telponnya.

 

Sumber: Blog Software Bisnis Zahir

(1 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (0)
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.