Knowledgebase: Tips & Solusi
Cara Melihat Versi Firebird Yang Digunakan
Dipos oleh Firman Ilkha pada 01 June 2012 09:27 AM

Ketika membuka database Zahir muncul pesan firebird yang digunakan lebih tinggi. silahkan upgrade firebird Anda untuk dapat membuka data tersebut. Pertanyaannya, bagaimana cara melihat versi firebird yang digunakan di komputer kita?…

Caranya mudah:

1. Klik Start > Control Panel > Akan muncul tampilan control panel seperti dibawah:

GBR1GBR2

Gambar 1. Control Panel

 

2. Di dalam control panel tersebut terlihat logo firebird dengan gambar burung warna hitam dan background kuning dengan tulisan Firebird 2.0 Server Manager, ini menunjukkan bahwa firebird yang digunakan adalah Versi 2.0

GBR3

Gambar 2. Control Panel dengan dua Firebird

 

3. Bagaimana kalau di dalam control panel kita memiliki 2 versi firebird seperti yang ditunjukkan gambar diatas.

 GBR4

Gambar 3. Melihat Versi Firebird

4. Solusi untuk melihat versi yang benar adalah dengan melakukan klik 2x pada logo firebirdnya (keduanya atau salah satunya) nanti akan muncul kotak dialog Firebird Server Control di dalam kotak tersebut ada tulisan Firebird is running as an …  Version 2.1.2.18118  Firebird 2.1  di klik 2-2nya pun kotak tersebut akan memunculkan versi yang sama. Kenapa demikian? hal ini karena engine yang di gunakan di dalam komputer adalah firebird 2.1 sementara di control panel tersebut terlihat hanya icon nya saja.

5. Bagaimana kalau di dalam control panel tidak terdapat icon dan versi seperti yang tercantum dalam gambar diatas. Kita dapat melihatnya melalui services.

Caranya: Start > Run > [ketik] services.msc > Nanti akan muncul kotak Services > Cari tulisan Firebird > Di descriptionnya akan muncul tulisan Firebird 2.0.5 server. Seperti yang ditunjukkan gambar dibawah ini.

GBR5

 Gambar 4. Firebird 2.0.5 Server di Services.msc

 

Sumber: Blog Software Bisnis Zahir

(0 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.