Knowledgebase: Tips & Solusi
Kiat Perawatan Dongle Zahir Accounting
Dipos oleh Firman Ilkha pada 14 May 2012 10:02 AM

Dongle merupakan peranti keras yang menyerupai USB Flashdrive yang digunakan untuk mengamankan suatu peranti lunak yang dijalankan. Ia berfungsi sebagai alat registrasi atau lisensi bagi peranti lunak dan sebagai keamanan dari penggandaan yang tidak dibenarkan (cetak rompak/ pembajakan). Dongle sudah disediakan satu paket dengan Zahir Accounting.

GBR1

Karena fungsinya sebagai penyimpan data registrasi, sudah barang tentu ia perlu diberikan perawatan khusus bagi mencegah kerusakan. Berikut ini faktor penyebab kerusakan dongle dan kiat-kiat untuk merawatnya:

  1. Panas berlebih. Fisik dongle mendapat panas berlebih dari komputer. Kiat secara umum dengan menambahkan kabel usb extension agar panas dari badan komputer (CPU) tidak langsung mengalir ke badan dongle.
  2. Pengaruh medan magnet. Fisik dongle mendapat pengaruh medan magnet dari perangkat di sekitarnya. Kiatnya dengan menjauhkan perangkat yang kiranya bermagnet (seperti perangkat audio, dll) baik dalam penggunaan maupun dalam penyimpanan.
  3. Ketidakmantapan voltase/ tegangan. Dongle mendapat catu daya dari port usb dengan tegangan yang tidak stabil atau di luar kebakuan catu usb antara 3.3 Volt DC – 5.5 Volt DC. Kiatnya dengan menambahkan pemantap daya atau ups pada peranti keras komputer yang digunakan.
  4. Benturan, guncangan, jatuh, basah. Keempat hal ini dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kiatnya dengan meletakkan dongle di tempat yang aman baik saat digunakan maupun disimpan. Untuk penggunaan dengan kabel extension, letakkan ia di meja, jauhkan dari CPU, dan jauhkan dari kemungkinan terjatuh, terhimpit, terbentur, dan terkena basah. Jika dongle harus dicabut dari USB port selepas penggunaan, tutup dongle dengan penutupnya dan simpan di tempat yang aman.

Semoga petuah ini bermanfaat bagi para pembaca dan pengguna Zahir Accounting. Salam sukses!

(3 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.