Knowledgebase: Tips & Solusi
Data Rusak
Dipos oleh Firman Ilkha pada 04 May 2012 08:31 AM

oleh Jeffry Luqman

 

Seperti halnya data-data softcopy lainnya, data zahir bisa juga mengalami corrupt atau rusak, ciri-cirinya adalah muncul error seperti gambar dibawah ini baik ketika buka data, input transaksi, edit transaksi maupun aktifitas lainnya saat mengakses data tersebut.

 

GBR1

 

Penyebab Kerusakan Data

Penyebab kerusakan data kerja zahir diantaranya sebagai berikut:

1. Komputer mati secara tiba-tiba ketika sedang mengakses data kerja zahir

2. Jaringan terputus secara tiba-tiba ketika sedang mengakses data kerja zahir

3. Tidak stabilnya arus listrik dan jaringan komputer yang mengakses data kerja zahir

4. Kerusakan pada hardware komputer seperti hardisk dan sebagainya

 

Pencegahan Kerusakan Data

Untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kerusakan diantaranya sebagai berikut:

1. Gunakan perangkat untuk menstabilkan arus listrik (UPS/Stabilizer)  agar arus listrik ke komputer menjadi lebih stabil dan apabila listrik mati secara tiba-tiba, komputer tidak langsung mati karena ada cadangan arus listrik pada UPS/Stabilizer tersebut. Pada saat listrik mati disarankan segera keluar dari zahir sebelum komputernya mati.

2. Pastikan jaringan komputer server dengan komputer client terhubung dengan baik, disarankan menggunakan kabel LAN saja dibandingkan dengan menggunakan wireless / wifi karna dengan menggunakan kabel LAN jaringan akan lebih lancar, dan jika menggunakan kabel LAN, pastikan telah terhubung dengan sempurna dan aman dari gangguan (tertutup dengan baik dan tidak memungkinkan untuk tersenggol)

3. Jangan menyimpan master data kerja zahir (data yang berekstensi .GDB) di Hardisk Eksternal atau Flaskdisk karna jika disimpan di hardisk external atau flasdisk akan sangat rentan koneksinya terputus bisa karena terlepas, tidak terpasang dengan sempurna, maupun port usb yang tidak membaca dengan sempurna. Flashdisk atau hardisk external hanya dipakai sebagai data backup atau data cadangan saja.

4. Backup datanya secara berkala dan memberi nama dengan nama file ditambah tanggal backup dan disarankan membackupnya di lokasi yang berbeda juga seperti hardisk external ataupun lokasi lain, jadi seandainya ada masalah pada data kerja zahir maupun hardisk, kita masih memiliki data cadangan yang bisa kita restore sewaktu-waktu.

 

Penanganan Kerusakan Data:

1. Apabila benar-benar mengalami kerusakan data, segera menghubungi customer support zahir dan sampaikan masalahnya serta mengirimkan data kerja yang bermasalah. Jika memungkinkan datanya akan direpair tergantung tingkat kerusakan data.

2. Jika sudah dipastikan bahwa data kerja zahir corrupt / rusak, maka buka file backup terakhir dari data yang bersangkutan, untuk memastikan bahwa data backup tersebut merupakan data backup terakhir, jangan terburu-buru mereplace data masternya dengan data backup, tetapi ganti dulu namanya dengan nama file backup yang bersangkutan. Jika sudah di pastikan bahwa data backupnya sudah benar, baru replace data masternya dengan data backup tersebut.

(6 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.