Knowledgebase: Tips & Solusi
Trik untuk Input Laba Rugi Selisih Kurs pada Transaksi Pembayaran Utang dan Piutang
Dipos oleh Firman Ilkha pada 28 December 2011 09:59 AM

Seiring dengan berkembangnya sistem perdagangan di Negara Indonesia saat ini, banyak perusahaan yang pada saat transaksi melibatkan pemasok maupun pelanggan dari luar negeri sehingga ia akan menimbulkan transaksi dalam bentuk mata uang asing (valas).

Bagi Anda pengguna program Zahir Accounting yang tidak mau menggunakan sistem revaluasi valas yang telah disediakan di program Zahir Accounting, berikut ini panduan untuk melakukan revaluasi valas secara manual pada saat transaksi pembayaran utang maupun piutang yang menimbulkan laba-rugi selisih kurs:

1. Klik modul Pembelian atau Penjualan.

2. Pilih fasilitas Pembayaran Hutang Usaha atau Pembayaran Piutang Usaha

3. Pada fasilitast tersebut pilih akun dan arahkan ke kas atau bank pembayaran piutang/utang. Pilih nama pelanggan/ pemasoknya. Isi tanggal dan nomor referensi sesuai dengan transaksi. Pada bagian alokasi dana pilih invoice terkait kemudian cari nomor invoice yang akan dibayar lalu klik Ok. Di bagian bawah terdapat kolom denda keterlambatan. Klik tombol segitiga berwarna merah kecil arahkan ke akun laba rugi selisih kurs kemudian masukkan nilai selisih kurs (untuk rugi bisa ditambahkan tanda minus (-) dan jika laba langsung masukkan sebesar nilai laba selisih kurs). Selanjutnya klik sebesar dan isi kurs baru kemudian rekam.

 

gbr1

(19 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.