Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase: Tutup Buku Bulan
Mengembalikan Periode Yang Sudah Ditutup Buku Bulan
Dipos oleh Eko Budi Cahyono pada 30 December 2008 01:38 PM
Ketika anda melakukan proses tutup buku bulan, maka zahir accounting akan merubah periode aktif ke bulan berikutnya, misalnya anda menutup buku bulan untuk periode Januari 2008, maka secara otomatis zahir accounting akan merubah periode aktif menjadi periode bulan Februari 2008. Pada suatu kondisi mungkin anda lupa, ada transaksi yang belum di catat pada periode yang sudah ditutup buku bulan (contoh Januari 2009) atau ada koreksi transaksi dibulan tersebut. Untuk itu anda harus mengembalikan kembali ke periode bulan yang akan dilakukan penambahan pencatatan atau pengeditan transaksi. Berikut ini langkah-langkah merubah periode yang sudah ditutup buku bulan.

1. Klik [File] > [Setup Informasi Perusahaan]

2. Kemudian pada bagian informasi perusahaan klik tombol [Lanjutkan]

3. Pada bagian periode akuntansi rubah bulan dan tahun sesuai dengan periode transaksi yang diinginkan.
Catatan : Pastikan anda belum melakukan tutup buku tahun untuk melakukan perubahan periode akuntansi, karena anda tidak bisa kembali ke periode yang sudah di tutup buku tahun.

4. Klik [Lanjutkan] > [Proses]

5. Lakukan penambahan / pengeditan transaksi pada periode yang bersangkutan.

6. Lakukan proses perhitungan saldo akhir akun, hal ini berfungsi untuk merefresh / mengupdate saldo di buku besar dan di laporan keuangan. Klik [File] > [Alat Bantu] > [Hitung Ulang Saldo Akhir Akun] > [Yes]



7. Untuk kembali ke periode aktif, kembali rubah periode pada menu [File] > [Setup Informasi Perusahaan]
Catatan : Untuk Zahir Versi 5.1 Build 10 ke atas anda hanya bisa merubah periode akuntansi selanjutnya dengan menggunakan menu tutup buku bulan. Klik [Tutup Buku] > [Tutup Buku Akhir Bulan].


(139 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (10)
pipit anggi setyowati
21 June 2015 11:10 PM
Dear,,

saya lupa untuk melakukan back up dan langsung tutup buku tahunan,
apa ada cara untuk mengemblikan? atau sama sekali sudah tidak bisa? mohon penjelsannya.terimakasih.
syaiful
22 June 2015 09:40 AM
Terima kasih atas pertanyaan yang telah disampaikan, jika kasusnya adalah sudah ditutup tahunan, maka untuk pembukaannya kembali bisa dibantu oleh IT database Kami, silahkan kirimkan data dan surat permintaan pembukaan tutup tahun yang ditandatangani dengan materai 6000 melalui email data@zahir.info, IT database Kami akan membantu Ibu membuka kembali periode tahun yang telah ditutup.
Duwi Ade Setiawan
18 August 2015 04:05 PM
Dear Pak Syaiful,
Masalah saya hampir sama dengan pipt anggi setyowati, saya menutup buku tahunan sebelum periode desember 2015.
Data apa saja yang perlu saya kirimkan dan adakah format resmi penulisan surat permintaan pembukaan tutup tahun? mohon penjelasannya
terimakasih.
Nindia Arikasari
30 December 2015 05:43 AM
Dear,
masalah saya juga hampir sama saya terlanjur tutup bulan dan tutup tahun, dan saya juga lupa membeck up nya, mohon penjelasannya dan apa saja format yg harus sy kirim untuk bisa membuka data sy kembali?
terimakasih
Agus Juanda
30 December 2015 08:01 AM
Terima kasih atas pertanyaan yang telah disampaikan, untuk pembukaannya kembali bisa dibantu oleh IT database Kami, silahkan kirimkan data dan surat permintaan pembukaan tutup tahun yang ditandatangani dengan materai 6000 melalui email data@zahir.info, IT database Kami akan membantu Ibu membuka kembali periode tahun yang telah ditutup. Sedangkan format data yang harus dikirmkan adalah file (.gdb) terupdate atau file backup terakhir yang dimiliki.
aulia
14 January 2016 12:19 PM
kirimkan datanya maksudnya gimana ya pak saya juga lupa backup lalu tdk sengaja tutup akhir tahun
Agus Juanda
15 January 2016 08:22 AM
mengirimkan data yang dimaksud adalah mengirimkan database zahir (.gdb) yang ibu gunakan sehari-hari dalam penginputan zahir, melalui email data@zahir.info atau datazahir@gmail.com. Serta lampirkan juga surat permohonan pembukaan data yang telah ditutup buku akhir tahun baik secara sengaja ataupun tidak sengaja, lengkap dengan materai 6000 dan ditanda tangani dalam bentuk scan atau asli dikirimkan ke alamat : Jl. Kemang Selatan 1C No. 20 Kemang Jakarta Selatan
doxa_jkt
23 January 2016 11:53 AM
Selamat siang, mohon infonya, jika ada input pembelian produk yang sama hanya dibulan yang berbeda (double input) bagaimana cara menghapus salah 1 nya? dan juga jika ingin memperbaiki data misal mengganti nomor referensi agar berurutan tiap bulannya, tapi pada saat saya lakukan penggantian dan klik tombol rekam muncul kalimat "Data telah di posting!! perubahan tidak dapat dilakukan!! bagaimana ya pak caranya? terima kasih
Agus Juanda
25 January 2016 08:21 AM
1. masuk ke daftar transaksi yang ingin dihapus, Klik filter > tentukan tanggal atau bulan dimana transaksi yang ingin dihapus. Kemudian pilih transaksinya lalu klik tombol hapus. Hanya perlu diingat untuk dapat menghapus transaksi pembelian terlebih dahulu hapus pembayaran jika sudah ada pelunasan dan juga unpost pemakaian atas barang pada transaksi pembelian tersebut.
2. Masuk ke daftar transaksi > Pilih transaksinya > Klik Kanan > Unpost
novida astuti
17 January 2017 01:21 PM
jika pakai data sebelum nya tidak apa kah atau data terakhir jika sudah terjady tutup buku akhir tahun
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.