Knowledgebase: Tips & Solusi
Saat Impor Saldo Awal Piutang Muncul Error "Data CSV Baris Ke x Kode Kosong"
Dipos oleh Agus Juanda pada 08 January 2019 08:45 AM

Pada saat melakukan proses import saldo awal hutang usaha, kenapa muncul warning : "Terdapat Beberapa Kesalahan Saat Pembuatan Saldo Awal Piutang" dan informasi "Data CSV Baris Ke sekian Kode Kosong". Namun jika dicek pada menu Setting > Saldo Awal > Saldo Awal Piutang Usaha, untuk data saldo awal piutang usaha yang dibuat pada tabel CSV sudah masuk. Jangan khawatir karena masalah tersebut terjadi disebabkan saat pembuatan data CSV saldo awal piutang usaha anda melakukan penghapusan pada beberapa data tersebut. Berikut kami contohkan alur yang menyebabkan warning diatas.

1. Pada data CSV dibawah ini terdapat 10 baris saldo awal piutang mulai dari invoice nomor 100 hingga 109.

2. Selanjutnya user menghapus 5 baris data saldo awal dengan memblok kolom A7 hingga K11 kemudian menghapus kelima baris tersebut dengan tombol delete.

3. Sehingga hasilnya hanya tersisa 5 baris saldo awal piutang mulai dari invoice nomor 100 hingga 104.

4. Saat proses impor, muncullah warning tersebut dan terdapat informasi Data CSV Kode Data Jurnal 104 Sukses Masuk sedangkan Data CSV Baris Ke 6 hingga 10 Kode Kosong. Padahal data CSV yang diimpor memang hanya ada 5 baris sedangkan baris ke 6 hingga 10 sudah dihapus.

5. Jika pesan ditas di klik Yes, maka akan tampil rincian penyebab error diatas.

Lalu bagaimana mengatasi agar eror diatas tidak muncul. Sebenarnya saldo awal tetap masuk namun untuk informasi mengatasi tersebut dapat dilakukan dengan cara membuka file CSV saldo awal piutang anda menggunakan notepad. Caranya, klik kanan file CSV anda kemudian pilih Open With > Notepad. Maka hasilnya akan seperti dibawah ini. Terdapat 4 baris tanda koma seperti diberi tanda panah dibawah. Hapus tanda-tanda koma tersebut.

Selain cara diatas juga dapat dilakukan dengan cara menghapus baris yang tidak dipakai dengan memblok dari angka barisnya lalu di klik kanan pilih Delete. Sehingga saat dibuka dengan notepad tidak akan menyisakan tanda koma tanpa isi seperti gambar diatas.

(0 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.