Knowledgebase: Tips & Solusi
Dapatkah Nilai Penjualan Pada Laporan Laba Rugi dan Laporan Barang Terjual Dijadikan Perbandingan
Dipos oleh Agus Juanda pada 07 January 2019 01:27 PM

Apakah nilai penjualan pada laporan laba rugi dapat dijadikan perbandingan dengan nilai penjualan pada laporan barang terjual. Terkait hal tersebut, apabila akun penjualan tersebut hanya digunakan oleh akun penting penjualan pada data produk dan tidak digunakan pada transaksi selain penjualan barang, maka nilai penjualan pada laporan laba rugi dengan barang terjual harusnya sama. Berikut ini contoh perbandingan kedua laporan tersebut.

Pada laporan laba rugi bulan Juni 2017 didapatkan nilai sebesar Rp. 3,819,200 pada akun Penjualan # 1

Dari nilai diatas apabila ditelusuri lebih detail pada laporan Buku Besar terdapat tiga transaksi penjualan dengan total yang sama dengan laba rugi diatas yaitu sebesar Rp. 3,819,200.

Kemudian dibandingkan kembali dengan daftar penjualan yang juga menunjukkan jumlah transaksi yang sama dengan laporan buku besar diatas.

Selanjutnya jika dibuka perincian masing-masing dari ketiga transaksi penjualan tersebut, maka hasil pada kolom Total pada juga sesuai dengan laporan buku besar.

 

 

Selanjutnya bandingkan dengan laporan Barang Terjual pada modul Laporan > Laporan Barang > Persediaan, kemudian di filter untuk bulan Juni 2018.

Berikut ini hasil yang ditampilkan oleh laporan barang terjual. Pada laporan dibawah ini didapatkan total pada nilai penjualan sesuai dengan laporan laba rugi dan buku besar untuk Penjualan #1.

Kesimpulannya adalah nilai penjualan pada laporan laba rugi dengan barang terjual seharusnya sama dengan ketentuan yang telah dijelaskan diatas.

(0 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.