Knowledgebase: Tips & Solusi
Saat Melakukan Payment Pada Transaksi Penjualan Di Zahir POS Muncul : "Pesan Nilai Kembalian Tidak Boleh Kurang"
Dipos oleh Agus Juanda pada 06 June 2018 11:42 AM

Kenapa pada saat melakukan proses payment pada transaksi penjualan di zahir POS muncul pesan peringatan : "Nilai Kembalian Tidak Boleh Kurang" padahal pengguna sudah memasukan nilai payment sesuai dengan nilai penjualan yang harus dibayarkan.

Pesan peringatan diatas adalah pesan yang ditampilkan oleh program apabila nilai pembayaran lebih kecil daripada nilai penjualannya. Contoh total penjualannya adalah sebesar Rp. 1000, namun nilai payment yang dimasukkan adalah Rp. 990. Maka pesan diatas akan ditampilkan secara otomatis oleh program. Namun adakalanya pengguna tidak mengetahui bahwa nilai payment tersebut lebih kecil dari nilai penjualannya. Seperti contoh transaksi berikut ini :

Penjualan Produk STU dijual sebanyak 1 Pcs dengan harga jual Rp. 68,181.82 serta dikenakan pajak PPN 10%. Hingga menghasilkan total Rp. 75,000 pada tampilan transaksi.

Kemudian pengguna memproses pembayaran dengan menekan tombol payment untuk memproses transaksi penjualan tersebut. Selanjutnya akan tampil jendela pembayaran yang dilanjutkan dengan memilih pembayaran tunai serta memasukkan nilai pembayaran sesuai dengan nilai penjualan yang tampil adalah Rp. 75,000 sehingga nilai pada kolom kembali adalah Rp. 0 

Namun saat melanjutkan transaksi dengan menekan tombol cetak, program malah menampilkan pesan peringatan "Nilai Kembalian Tidak Boleh Kurang".

Dari contoh transaksi diatas, sebenarnya nilai total penjualan yang dibaca oleh program bukanlah Rp. 75,000.00 melainkan Rp. 75,000.002. Nilai tersebut adalah hasil pengkalian dari jumlah x harga + ppn (1 x 68,181.82 + 6,818.182) = 75,000.002. Kemudian kenapa pada program zahir POS hanya menampilkan nilai penjualan Rp. 75,000.00. Hal ini disebabkan karena setelan regional default pada zahir POS menggunakan 2 digit desimal. Sehingga angka desimal diatas 2 digit tidak ditampilkan.

Berikut ini perbedaan apabila setelan regional diubah menjadi lebih dari 2 digit namun tetap menggunakan detail transaksi yang sama dengan transaksi diatas.

1. Klik menu Setup

2. Pilih Setup Program > Setelan Regional

3. Pada jendela Setelan Regional, ubah bilangan desimal lebih dari 2 digit. Pada contoh dibawah ini menggunakan 7 digit bilangan desimal.

4. Selanjutnya input transaksi penjualan sesuai dengan nilai pada contoh transaksi diatas. Maka program akan menampilkan nilai penjualan dengan
    lebih detail dari transaksi sebelumnya yaitu Rp. 75,000.0020000. Sehingga agar pesan peringatan "Nilai Kembalian Tidak Boleh Kurang" tidak
    muncul maka anda harus melakukan payment sesuai dengan nilai penjualan tersebut atau lebih dari penjualannya agar nilai kembali tidak kurang
    atau minus.

 

(1 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.