Knowledgebase
Cara Penginputan Transaksi Penambahan Nilai Aktiva Yang Sudah Ada Penyusutan Atas Aset Tersebut
Dipos oleh Agus Juanda pada 05 June 2018 10:26 AM

Bagaimanakah perlakuan terhadap penambahan nilai aktiva tetap baik dari hasil renovasi maupun perbaikan aktiva tetap yang telah ada proses penyusutan.
Contoh : Pada Januari 2014 terdapat pembelian Mesin dengan harga perolehan 48 juta secara tunai menggunakan akun Bank. Umur ekonomis untuk kelompok mesin tersebut adalah 4 tahun. Maka penginputan pada program zahir accounting adalah sebagai berikut :

- Buat jurnal pembelian aset tersebut pada modul kas keluar atau jurnal umum. Pada contoh dibawah ini menggunakan modul kas keluar.

Kemudian masukkan aset yang telah dibeli tersebut kedalam data harta tetap pada modul Data - Data > Data Harta Tetap

Aset tersebut telah mengalami penyusutan selama 2 tahun yaitu hingga Desember 2015, sehingga laporan yang terbentuk pada laporan aktiva 
tetap adalah sebagai berikut.

Selanjutnya terdapat renovasi maupun perbaikan terhadap mesin tersebut pada bulan Januari 2016 dengan nilai Rp. 19.200,000 menggunakan akun Bank yang menyebabkan memperpanjang umur dari aset tersebut. Maka penginputan pada program zahir atas transaksi ini adalah sebagai berikut :

1. Buat jurnal atas penambahan nilai aset pada jurnal umum atau kas keluar menggunakan akun bank sebagai pengeluaran uangnya.

2. Masukkan nilai penambahan aset mesin tersebut sebagai aset baru pada daftar harta tetap. Berikut contoh informasi untuk penambahan asetnya

3. Berikut laporan yang akan terbentuk dari transaksi penambahan aset diatas setelah disusutkan hingga desember 2016

 

(0 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.