Knowledgebase: Tips & Solusi
Pembukuan (Posting)
Dipos oleh Eko Budi Cahyono pada 19 December 2008 09:07 AM
Dalam sistem pencatatan akuntansi manual, setelah Anda membuat jurnal-jurnal transaksi, disetiap akhir periode (atau beberapa hari sekali) dilakukan pemasukan nilai-nilai transaksi ke dalam buku besar (posting) untuk masing-masing perkiraan.

Misalnya buku besar kas diisi berdasarkan jurnal transaksi yang melibatkan perkiraan kas. Bentuk akhir dari buku besar akan serupa dengan buku tabungan atau rekening Bank Anda.

Dalam Zahir Accounting Versi 5.0, proses posting ini dilakukan secara otomatis dan Anda dapat langsung melihat buku besar dari masing-masing perkiraan.

Keterangan : ada beberapa transaksi di Zahir yang tidak langsung diposting, bila opsi 'invoice' tidak Anda aktifkan.

Seperti transaksi penjualan, pembelian dan persediaan. Tujuan disediakannya opsi ini adalah memungkinkan transaksi dikoreksi setelah direkam, misalkan transaksi penjualan, sebelum mendapat kepastian bahwa pelanggan menyetujui harga, jumlah barang yang diterima dan sistem pembayarannya, sebaiknya transaksi tidak diposting dulu.

Selanjutnya di Zahir Accounting Anda dapat memposting seluruh transaksi sekaligus, melalui daftar transaksi penjualan/pembelian/persediaan, klik kanan tombol mouse > posting seluruh transaksi.
(213 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.