Knowledgebase: Tips & Solusi
Penerapan Multi Price Dengan Satuan Ukuran Yang berbeda
Dipos oleh Agus Juanda pada 12 March 2018 10:51 AM

Pada program Zahir Accounting, terdapat 1 buah modul yaitu multi price, modul ini biasa digunakan oleh para pelaku usaha khususnya pengguna program Zahir Accounting untuk membedakan harga jual dari suatu barang tertentu berdasarkan golongan, untuk informasi saja, modul ini memang hanya berlaku untuk transaksi barang saja, tidak berlaku untuk transaksi jasa, dengan menggunakan modul ini, Kita bisa membedakan harga jual dari satu golongan pembeli dengan pembeli lainnya, sehingga, ketika Kita melakukan penjulan, harga jual yang akan muncul adalah harga jual sesuai dengan settingan yang telah Kita buat sebelumnya pada modul multi price ini.  Lalu bagaimana jika penerapan multi price ini tidak hanya berdasarkan golongan namun juga berdasarkan satuan ukuran yang berbeda.

Contoh : jika dijual dalam Pieces harganya Rp. 1500, namun jika dijual dalam dozen (12 pieces) maka harganya menjadi Rp. 14,400. Berikut ini cara setting multi price pada Program Zahir Accounting :

1. Pastikan Anda memiliki modul multiprice.

2. Kita aktifkan dahulu modul multi price ini pada menu setting > setup program > transksi penjualan pembelian > tik mark opsi menggunakan multi
    price pada kolom sisi kanan > rekam.

3. Pilih modul Data-Data > Data Lainnya > Golongan. Buat data golongan atas customer. Jika tidak membuat data golongan, pada sistem zahir sudah terdapat default nya yaitu General Category.

4. Selanjutnya tentukan golongan yang sudah dibuat tadi kedalam data nama alamat yang anda miliki, dengan cara masuk ke modul Data-Data > Data Nama Alamat > lalu edit salah satu nama customer yang ingin ditentukan golongannya pada opsi Golongan. Default golongan pada data nama alamat adalah N/A, maka anda harus ubah menjadi golongan selain N/A agar fungsi multi price dapat berjalan. Pada contoh dibawah ini menggunakan golongan General sesuai dengan default pada data Golongan diatas. Selanjutnya klik rekam untuk menyompan perubahan.

5. Selanjutnya masuk ke modul Data-Data > Data Produk. Edit salah satu produk yang anda miliki, kemudian klik tab Harga Jual. Klik tombol baru disebelah kanan untuk menambah / menentukan harga jual per masing-masing golongan. Tentukan juga satuan untuk masing-masing harga jual. Klik Rekam untuk menyimpan perubahan.

6. Berikut ini contoh transaksi penjualan jika menggunakan satuan pieces (Pcs)

7. Berikut ini contoh transaksi penjualan jika menggunakan satuan Dozen

(0 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (0)
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.